Peningkatan Kompetensi Guru dalam Proses Pembelajaran Melalui Supervisi Klinis di SMP Negeri 6 Mataram
Abstract
Keywords
Full Text:
PDF (BAHASA INDONESIA)References
Ali Imron. (2009). Penelitian Tindakan Sekolah Untuk Kepala Sekolah Dalam Rangka Peningkatan Kinerja Pembelajaran. Jakarta: Depdiknas.
Eko Supriyanto (2006). Pengembangan Kurikulum Pendidikan Cerdas Istimewa Yogyakarta: Pustaka Pelajar.
Islamuddin, I. (2021). Supervisi Klinik sebagai Upaya Meningkatkan Kemampuan Guru dalam Mengelola Pembelajaran di SMA Negeri 8 Gowa. Jurnal Paedagogy, 8(4), 482-489. doi:https://doi.org/10.33394/jp.v8i4.4013
Kamaruddin, H. (2021). Upaya Meningkatkan Kompetensi Guru SMK Negeri 4 Gowa dalam Melaksanakan Proses Pembelajaran di Kelas Melalui Program Supervisi. Jurnal Paedagogy, 8(3), 414-421. doi:https://doi.org/10.33394/jp.v8i3.3894
Maryono (2011). Supervisi Pendidikan. Yogjakarta: Ar-Ruzz Media.
Made Pidarta (2009). Pemikiran Tentang Supervisi Pendidikan. Jakarta: Bumi Aksara.
Sahertian (2008). Peningkatan Profesionalisme Guru Sekolah Dasar. Jakarta: PT. Bumi Aksara
Sudiarti, D. (2017). Upaya Meningkatkan Kompetensi Guru Kelas dalam Proses Pembelajaran Melalui Supervisi Akademik di SDN 9 Cakranegara. Jurnal Kependidikan: Jurnal Hasil Penelitian dan Kajian Kepustakaan di Bidang Pendidikan, Pengajaran dan Pembelajaran, 3(1). doi:https://doi.org/10.33394/jk.v3i1.463
Undang-undang Republik Indonesia Nomor 14 tahun 2005 tentang Guru dan Dosen.
Wahyuni, T. (2021). Supervisi Klinis oleh Kepala Sekolah guna Meningkatkan Kompetensi Guru dalam Mengelola Administrasi Kelas di SD Negeri 42 Ampenan. Jurnal Paedagogy, 8(2), 264-270. doi:https://doi.org/10.33394/jp.v8i2.3561
Wina Sanjaya. (2011). Perencanaan dan Desain Sistem Pembelajaran. Jakarta: Kencana Prenada Media Group.
Zainudin, Z. (2016). Meningkatkan Kompetensi Guru Sasaran dalam Proses Pembelajaran Melalui Supervisi Akademik di SMPN 21 Mataram. Jurnal Kependidikan: Jurnal Hasil Penelitian dan Kajian Kepustakaan di Bidang Pendidikan, Pengajaran dan Pembelajaran, 2(1). doi:https://doi.org/10.33394/jk.v2i1.451
DOI: https://doi.org/10.33394/jp.v9i1.4670
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Copyright (c) 2022 Azizudin
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Jurnal Paedagogy
ISSN: 2722-4627 (Online)
Published by Fakultas Ilmu Pendidikan dan Psikologi (FIPP)
Universitas Pendidikan Mandalika (UNDIKMA)
Email: [email protected]
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.