Implementasi Model Pembelajaran Berbasis Proyek untuk Meningkatkan Hasil Belajar IPA

Indah Iswantari

Abstract


The purpose of this study is to improve science learning outcomes through the implementation of project-based learning models. The research method used is classroom action research. The number of subjects in this study were 21 students. The research instrument used was a learning outcome test. Meanwhile, the technical analysis of the data in this study used qualitative and quantitative descriptive techniques. The results of this study indicate that the application of a project-based learning model can improve science learning outcomes in class 7.2 students of SMPN 2 Kayangan for the 2020/2021 school year. The learning outcomes of students before the implementation of project-based learning (cycle I) were very low, where the classical completeness score was only 33.3%. After taking action by applying the project-based learning model in cycle II, the classical completeness score was 90.5% where 19 students scored above the KKM.


Keywords


Project-Based Learning, Learning Outcomes, Science.

References


Abdiningsih, N. (2017). Upaya Meningkatkan Motivasi dan Hasil Belajar IPA Kelas VI Melalui Penerapan Model Dua Tinggal Dua Tamu di SD Negeri 3 Cakranegara. Jurnal Kependidikan: Jurnal Hasil Penelitian dan Kajian Kepustakaan di Bidang Pendidikan, Pengajaran dan Pembelajaran, 3(2). doi:https://doi.org/10.33394/jk.v3i2.676

Afriana, J., dan Fitriani, A. (2016). “Penerapan Project Based Learning Terintegrasi STEM Untuk Meningkatkan Literasi Sains Dan Kreativitas Siswa Ditinjau Dari Gender”. Jurnal Inovasi Pendidikan IPA, 2(2): 202–212.

Aminah, H. S. (2017). Peningkatan Hasil Belajar IPA melalui Model Kooperatif Tipe Jigsaw Berbantu Media Gambar Kelas IV SD. Jurnal Pendidikan Progresif, 7(2), 93-100.

Fikriyah, M., & Gani, A. A. (2015). Model Pembelajaran Berbasis Proyek (Project Based Learning) Disertai Media Audio-Visual Dalam Pembelajaran Fisika Di Sman 4 Jember. Jurnal pembelajaran fisika, 4(2).

Fitriana, F. (2019). Penerapan Model Discovery Learning pada Pembelajaran IPA Materi Tekanan untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa. Jurnal Kependidikan: Jurnal Hasil Penelitian dan Kajian Kepustakaan di Bidang Pendidikan, Pengajaran dan Pembelajaran, 5(2), 100-108. doi:https://doi.org/10.33394/jk.v5i2.1805

Iswantari, I. (2019). Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Melalui Implementasi Model Pembelajaran Make A Match di SMP Negeri 2 Kayangan. Jurnal Kependidikan: Jurnal Hasil Penelitian dan Kajian Kepustakaan di Bidang Pendidikan, Pengajaran dan Pembelajaran, 5(2), 109-116. doi:https://doi.org/10.33394/jk.v5i2.1806

Lapase, M. (2021). Implementasi Pembelajaran Berbasis Proyek untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa pada Mata Pelajaran Matematika di SD Negeri Pinedapa. Jurnal Paedagogy, 8(2), 134-143. doi:https://doi.org/10.33394/jp.v8i2.3492

Lestari, F. A. (2017). Meningkatkan Kemampuan Pemahaman Matematis Siswa Melalui Model Problem Based Learning (PBL)(Penelitian Quasi Eksperimen Terhadap Siswa SMP Negeri 1 Tambakdahan). Biormatika Jurnal Ilmiah FKIP Universitas Subang, 3(1), 1-8.

Mulyana, A. (2020). PENGERTIAN DAN SINTAKS MODEL PEMBELAJARAN BERBASIS PROYEK (PBP). JELAJAH INFORMASI.

Nashirotun, B. (2020). Peningkatan Aktivitas dan Hasil Belajar Siswa dengan Metode Jigsaw dan Media Tubuh Manusia pada Pembelajaran IPA di MTs. Negeri 4 Klaten Jawa Tengah. Jurnal Paedagogy, 7(4), 402-407. doi:https://doi.org/10.33394/jp.v7i4.2945

Pradita, Y., Mulyani, B., & Redjeki, T. (2015). Penerapan model pembelajaran Project Based Learning untuk meningkatkan prestasi belajar dan kreativitas siswa pada materi pokok sistem koloid kelas XI IPA semester genap Madrasah Aliyah Negeri Klaten Tahun Pelajaran 2013/2014. Jurnal pendidikan kimia, 4(1), 89-96.

Purwati, N. (2019). Upaya Meningkatkan Motivasi dan Hasil Belajar IPA Siswa Melalui Penerapan Model Pembelajaran STAD di Kelas Vi SD Negeri 42 Mataram. Jurnal Paedagogy, 6(1), 14-19. doi:https://doi.org/10.33394/jp.v6i1.2525

Rati, N. W., Kusmaryatni, N., & Rediani, N. (2017). Model pembelajaran berbasis proyek, kreativitas dan hasil belajar mahasiswa. JPI (Jurnal Pendidikan Indonesia), 6(1), 60-71.

Santoso., E.B. 2013. Pengertian Kriteria Ketuntasan Minimal (KKM). Model Belajar.

Suarni, G., Rizka, M., & Zinnurain, Z. (2021). Analisis Pengaruh Penerapan Model Pembelajaran Sains Teknologi Masyarakat Terhadap Hasil Belajar Siswa. Jurnal Paedagogy, 8(1), 31-38. doi:https://doi.org/10.33394/jp.v8i1.3226

Tilaar. (2001). Manajemen Pendidikan Nasional: Kajian Pendidikan Masa Depan. Bandung : PT Remaja Rosdakarya.

Wijanarko, A. G., Supardi, K. I., & Marwoto, P. (2017). Keefektifan model project based learning terbimbing untuk meningkatkan keterampilan proses sains dan hasil belajar IPA. Journal of Primary Education, 6(2), 120-125.




DOI: https://doi.org/10.33394/jp.v8i4.4126

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2021 Indah Iswantari

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

Jurnal Paedagogy

ISSN: 2722-4627 (Online)

Published by Fakultas Ilmu Pendidikan dan Psikologi (FIPP)

Universitas Pendidikan Mandalika (UNDIKMA)

Email: [email protected]

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.