Pengaruh Model Contextual Teaching and Learning Terhadap Kesadaran Metakognisi Dan Hasil Belajar Siswa Pada Materi Larutan Penyangga

Heswandi Heswandi, Muhali Muhali, Raehanah Raehanah

Abstract


Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh model Contextual Teaching and Learning terhadap kesadaran metakognisi dan hasil belajar siswa pada materi larutan penyangga. Jenis penelitian ini adalah quasi eksperimental. Popolasi dalam penelitian ini adalah seluruh kelas XI SMAN 1 Terara yang terdiri dari empat kelas. Kelas XI MIA 1 sebagai kelas eksperimen yang dibelajarkan dengan Contextual Teaching and Learning dan Kelas XI MIA 2 sebagai kelas kontrol yang dibelajarkan dengan pembelajaran konvensional. Analisis dari hasil pre-test hasil belajar kelas eksperimen dan kelas kontrol adalah setara, tidak ada perbedaan kemampuan awal antara kedua kelas. Dari hasil pre-test pengukuran kesadaran metakognisi juga tidak ada perbedaan antara kelas eksperimen dan kelas kontrol. Pemberian post-test setelah diberikan perlakuan pembelajaran Contextual Teaching and Learning terhadap kelas eksperimen dan pembelajaran konvensional pada kelas kontrol. Dari hasil perhitungan dan analisis hipotesis diperoleh t-hitung 6,16 dan t-tabel 2,006, hal ini menunjukkan ada pengaruh positif pembelajaran Contextual Teaching and Learning terhadap hasil belajar siswa pada materi larutan penyangga karena thitung > ttabel. Begitu pula dengan post-test kesadaran metakognisi, pada kelas eksperimen mengalami peningkatan dari kategori “Sedang” menjadi “Baik” sedangkan pada kelas kontrol kesadaran metakognisi tetap sama pada kategori “Sedang”. Dan jika dilihat dari persentase ketuntasan klasikal kelas eksperimen lebih tinggi dari kelas kontrol yaitu 40 % dan 17,5 %.

Keywords


Contextual Teaching and Learning, Kesadaran Metakognisi, Hasil Belajar, Larutan Penyangga

Full Text:

PDF

References


Arikunto, S. 2006. Manejemen Penelitian. Jakarta: Rineka cipta.

Miswadi dkk. 2010. Pengaruh penggunaan metode Preview, Question, Read, Summarize, and Test melalui pendekatan Contextual Teaching and Learning terhadap hasil belajar kimia siswa SMA. Universitas Negeri Semarang. Jurnal Inovasi Pendidikan Kimia, Vol . 4 No.1, 2010, hlm 557-565.

Muhali, 2013. Analisis Kemampuan Metakognisi Siswa dalam Pembelajaran Kimia SMA. Jurnal Pendidikan Kimia vol. 1 Nomor 1:1-7.

Nuraini dkk. 2013. Perbedaan Kemampuan Komunikasi Matematis dan Metakognisi siswa ditinjau dari gaya belajar yang menerapkan model pembelajaran CTL dan Konvensional di SMPN 2 DEWANTARA Kabupaten Aceh Utara. Jurnal Pendidikan Matematika PARADIKMA. Vol 6 No 2, hal 187-204. Universitas Negeri Medan.

Qamarun Nisa', Nur. 2014. Pengaruh Penerapan Pembelajaran Berbasis Masalah Terhadap Kesadaran Metakognisi Dan Pemahaman Konsep Pada Pembelajaran Kimia. Skripsi Pendidikan. IKIP Mataram.

Rahmiati, Dewi. 2014. Keterampilan metakognitif siswa dalam menyelesaikan permasalahan materi larutan penyangga melalui model pembelajaran pemecahan masalah. Jurnal Pendidikan. Universitas Pendidikan Indonesia.

Schraw, G. & Dennison, R. S. 1994. Assessing metacognitive awareness. Contemporary Educational Psychology 19: 460-475.

Sugiyono. 2014. Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R & D. Bandung: Alfabeta.




DOI: https://doi.org/10.33394/hjkk.v3i1.661

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.