Pengembangan LKPD Berbasis Project Based Learning Berbantuan Assemblr Edu pada Mata Kuliah Rangkaian Elektronika
Abstract
Penelitian ini bertujuan mengembangkan bahan ajar berupa Lembar Kerja Peserta Didik (LKPD) berbasis model Project Based Learning (PjBL) dengan dukungan aplikasi Assemblr Edu pada mata kuliah Rangkaian Elektronika. Penelitian ini didasarkan pada kesulitan mahasiswa dalam memahami konsep abstrak elektronika dan keterbatasan bahan ajar yang tersedia. Penelitian menggunakan metode pengembangan ADDIE hingga tahap development. Subjek uji coba mahasiswa Pendidikan Fisika angkatan 2022. Data dikumpulkan melalui validasi ahli dan angket persepsi mahasiswa. Hasil validasi menunjukkan bahwa LKPD tergolong sangat layak, dengan nilai rata-rata dari ahli media dan materi sebesar 95%. Mahasiswa juga memberikan tanggapan sangat baik dengan nilai aspek tampilan 94%, kemenarikan 89%, dan isi 91%. Temuan ini menunjukkan bahwa LKPD PjBL dengan visualisasi 3D melalui Assemblr Edu efektif digunakan sebagai alat bantu belajar dalam perkuliahan rangkaian elektronika.
Keywords
Full Text:
PDF (Bahasa Indonesia)References
Anggraini, P. D., & Wulandari, S. S. (2021). Analisis Penggunaan Model Pembelajaran Project Based Learning Dalam Peningkatan Keaktifan Siswa. Jurnal Pendidikan Administrasi Perkantoran (JPAP), 9(2), 292–299.
Anshar, C. N., Genefri, & Kusumaningrum. (2021). Pengembangan Jobsheet Berbasis Produk Pada Mata Kuliah Praktek Rangkaian Elektronika Program Studi Teknik Elektro Industri Fakultas Teknik Universitas Negeri Padang. Ekasakti Engineering Journal (E-EJ), 1(1), 22–32.
Ariana, R. M., Rasmawan, R., Sartika, R. P., Hairida., & Erlina. (2022). Pengemabangan LKPD Berbasis Project Based Learning Pada Materi Pencemaran Air di SMP Pontianak. Jurnal Education and development, 10(2), 259-268.
Azhari, A., & Huda, Y. (2022). Pengembangan Elektronik Lembar Kerja Peserta Didik ( E-LKPD ) pada Mata Pelajaran Dasar Listrik dan Elektronika di Kelas X Teknik Audio Video SMK Negeri 1 Batang Natal. Jurnal Pendidikan Tambusai, 6(1), 2646–2657.
Chairudin, M., Nurhanifa, Yustianingsih, T., Aidah, Z., Atoillah, & Hadi, M. S. (2023). Sebagai Media Pembelajaran Matematika Jenjang SMP / MTS. Communnity Development Journal, 4(2), 1312–1318.
Farhan, M. (2022). Presentasi Pengenalan Komponen Elektronika. Portal Data, 2(4), 1–8.
Olimvia, L., & Laili, A. M. (2024). Pengembangan Lembar Kerja Peserta Didik (LKPD) Berbasis PJBL Muatan Pembelajaran IPAS Sekolah Dasar. Jurnal Inovasi Pendidikan Nusantara (IPNU), 1(3), 81-88.
Ramadhani, M., Aprillia, B. S., & Hadiyoso, S. (2024). Integrasi Circuit Simulator pada LMS untuk Meningkatkan Hasil PBL : Studi Kasus Mata Kuliah Elektronika. Jurnal Ilmiah Global Education, 5(1), 614–621.
Rozy, A. F., & Anggana, Y. (2017). Pengembangan Media Pembelajaran Elektronika Berbasis 3d Pageflip Pada Mata Pelajaran Penerapan Rangkaian Elektronika Di Smk Negeri 1 Kediri. Jurnal Pendidikan Teknik Elektro, 4(2), 1–7.
Sucilestari, R., & Arizona, K. (2018). Pengaruh Project Based Learning Pada Matakuliah Elektronika Dasar Terhadap Kecakapan Hidup Mahasiswa Prodi Tadris Fisika Uin Mataram. KONSTAN: Jurnal Fisika Dan Pendidikan Fisika, 3(1), 26–35.
Supriatna, A. R., Siregar, R., & Nurrahma, H. D. (2022). Pengembangan E-LKPD Berbasis Problem Based Learning pada Muatan Pelajaran Matematika pada Website Liveworksheets di Sekolah Dasar. EDUKATIF: Jurnal Ilmu Pendidikan, 4(3), 4025-4035.
Wahyudi. (2015). Analisis Hasil Belajar Mahasiswa Pada Pokok Bahasan Hukum Ohm Dan Kirchoff Dalam Matakuliah Elektronika Dasar I. Jurnal Pendidikan Fisika Dan Teknologi, I(2), 129–135.
Wahyuni, E., Maulida, Hamama, S. F., Samsuar, & Zamzami. (2024). Penerapan Media Assemblr Edu Berbasis Augmented Reality (Ar) Guna Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Pada Materi Pembelahan Sel. Jurnal Dedikasi Pendidikan, 8(2), 1097–1106.
Waruwu, M. (2024). Metode Penelitian dan Pengembangan (R&D): Konsep, Jenis, Tahapan dan Kelebihan. Jurnal Ilmiah Profesi Pendidikan, 9(2), 1220-1230.
DOI: https://doi.org/10.33394/j-lkf.v13i1.16071
Refbacks
- There are currently no refbacks.

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Lensa: Jurnal Kependidikan Fisika is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.