Implementasi Perangkat Pembelajaran PBL Terintegrasi STEM Berbasis Kearifan Lokal Kelintang Jolo untuk Meningkatkan Motivasi Belajar Siswa

Susantri Br Tarigan, Haerul Pathoni, Jules Nurhatmi

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk menguji efektivitas perangkat pembelajaran Problem Based Learning (PBL) terintegrasi STEM berbasis kearifan lokal Kelintang Jolo untuk meningkatkan motivasi belajar siswa pada materi gelombang bunyi. Menggunakan desain quasi experiment nonequivalent control group pada siswa kelas XI SMAN 6 Kota Jambi, data dikumpulkan melalui angket motivasi belajar awal dan akhir dari kelas eksperimen dan kontrol. Hasil uji normalitas menunjukkan seluruh data terdistribusi normal dengan nilai signifikansi >0,05. Uji homogenitas menunjukkan data angket awal dan akhir homogen dengan nilai signifikansi masing-masing 0,319 dan 0,087. Hasil uji t berpasangan pada kelas eksperimen menunjukkan nilai signifikansi 0,000 dengan perbedaan rata-rata -14,286 antara pengukuran awal dan akhir, sementara kelas kontrol juga menunjukkan nilai signifikansi 0,000 dengan perbedaan rata-rata -11,47. Perbandingan peningkatan motivasi belajar antara kelas eksperimen membuktikan bahwa implementasi perangkat pembelajaran PBL terintegrasi STEM berbasis kearifan lokal lebih efektif dalam meningkatkan motivasi belajar siswa.


Keywords


Perangkat pembelajaran; Problem based learning; Kearifan lokal; Motivasi belajar

References


Afifah, N., Phatoni, H., & Alrizal. (2024). Development of Project-Based Learning Tools Integrated With Stem and Local. Innovatio: Journal for Religious-Innovation Studies, XXIV(1), 19–36.

Alpian, Y., Anggraeni, S. W., Wiharti, U., & Soleha, N. M. (2019). Pentingnya Pendidikan Bagi Manusia. Jurnal Buana Pengabdian, 1(1), 66–72.

Andriani, Marungkil Pasaribu, & Nurjannah. (2024). Pengaruh Model PBL terintegrasi STEM Dan Motivasi Belajar Terhadap Hasil Belajar HOTS Pada Materi Usaha Dan Pesawat Sederhana. Jurnal Nuansa Akademik, 9(2), 305–322.

Arbie, A., Satri, P. S. F., Setiawan, D. G. E., Nuayi, A. W., & Buhungo, T. J. (2021). Pengembangan Perangkat Pembelajaran Team Based Learning-Problem Solving Berbantuan Whatsapp Dan Zoom Meeting Pada Pembelajaran Daring. ORBITA: Jurnal Pendidikan Dan Ilmu Fisika, 7(2), 394–399. https://doi.org/10.31764/orbita.v7i2.5519

Arends, R.,(2012).Learning to Teach.The McGraw Hill Cimpanies.

Arianti. (2018). Peranan Guru Dalam Meningkatkan Motivasi Belajar Siswa. Didaktika Jurnal Kependidikan, 12(2), 117–134. https://doi.org/10.58344/jmi.v2i6.284

Arini, W., & Sulistiyono, S. (2023). Analisis Kebutuhan Lkpd Fisika Berbasis Poe (Predict, Observe, Explain) Di Smp Sabilillah Kabupaten Musi Rawas. Jurnal Perspektif Pendidikan, 17(1), 129–139. https://doi.org/10.31540/jpp.v17i1.2385

Astutik, R. D., & Jauhariyah, M. N. R. (2021). Studi Meta Analisis Problem Based Learning Dalam Pembelajaran Fisika. ORBITA: Jurnal Kajian, Inovasi Dan Aplikasi Pendidikan Fisika, 7(1), 159–168. https://doi.org/10.31764/orbita.v7i1.4525

Bulu, V. R., & Tanggur, F. (2021). The Effectiveness of STEM-Based PjBL on Student’s Critical Thinking Skills and Collaborative Attitude. Al-Jabar : Jurnal Pendidikan Matematika, 1(12), 219–228. http://ejournal.radenintan.ac.id/index.php/al-jabar/article/view/2014/1564

Dhey, G., Laksana, D. N. L., & Wau, M. P. (2021). Pengembangan Bahan Ajar Multilingual Berbasis Konten dan Konteks Budaya Lokal Etnis Ngada pada Tema Hidup Bersih dan Sehat untuk Siswa Kelas 2 Sekolah Dasar. Jurnal Edukasi Sumba (JES), 5(1), 20–26. https://doi.org/10.53395/jes.v5i1.273

Haderani, H. (2018). Tinjauan Filosofis tentang Fungsi Pendidikan dalam Hidup Manusia. Jurnal Tarbiyah : Jurnal Ilmiah Kependidikan, 7(1), 41–49. https://doi.org/10.18592/tarbiyah.v7i1.2103

Lasmita, L., & Kartina, L. (2019). Pengaruh Karakter Kerja Keras Terhadap Prestasi Belajar Mata Pelajaran Ilmu Pengetahuan Alam Materi Fisika Di Kelas VIII SMP Negeri 2 Muaro Jambi. COMPTON: Jurnal Ilmiah Pendidikan Fisika, 6(1), 15–23. https://doi.org/10.30738/cjipf.v6i1.4687

Nurmayani, L., Doyan, A., & Verawati, N. N. S. P. (2018). Pengaruh Model Pembelajaran Inkuiri Terbimbing Berbantu Quizizz Terhadap Kemampuan Berpikir Kritis Peserta Didik. Jurnal Pendidikan Dan Teknologi, 4(1), 98–104. https://doi.org/10.59581/jap-widyakarya.v2i2.3617

Panis, I. C., Mukin, M. U. J., & Uran, Y. L. (2023). Pengembangan Modul Pembelajaran Fisika Berbasis Kearifan Lokal Pada Alat Musik Tradisional Untuk Meningkatan Pemahaman Konsep. JKTP: Jurnal Kajian Teknologi Pendidikan, 6(1), 50–59. https://doi.org/10.17977/um038v6i12023p050

Sarah, Z., & Annisa, M. (2024). Meningkatkan Motivasi dan Karakter Wasaka Menggunakan Model Problem Based Learning dan Numbered Head Together Terintegrasi Stem Pada Muatan IPA Kelas Vb SDN-SN Sungai Miai 5 Banjarmasin. Pendas : Jurnal Ilmiah Pendidikan Dasar, 9(3), 635–637.

Sugiono. (2007). Metode Penelitian Pendidikan (Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif dan R &D). Alfabeta.

Supriani, Y., Ulfah, U., & Arifudin, O. (2020). Upaya Meningkatkan Motivasi Peserta Didik dalam Pembelajaran. Jurnal Al-Amar, 1(1), 1–10. https://ojs-steialamar.org/index.php/JAA/article/view/90

Torro, S., Kasim, N., & Awaru, A. O. T. (2021). Implementasi model problem based learning berbasis kearifan lokal dalam meningkatkan motivasi belajar siswa sekolah menengah atas. JPPI (Jurnal Penelitian Pendidikan Indonesia), 7(2), 197–202. https://doi.org/10.29210/020211137




DOI: https://doi.org/10.33394/j-lkf.v13i1.15514

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

Creative Commons License
Lensa: Jurnal Kependidikan Fisika is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.