Development of Inquiry-Based Teaching Materials on Environmental Pollution to Improve High School Students' Environmental Literacy Skills
Abstract
Keywords
Full Text:
PDF (ENGLISH)References
Abdullah, Ramli. (2012). "Pembelajaran berbasis pemanfaatan sumber belajar." Jurnal Ilmiah Didaktika: Media Ilmiah Pendidikan dan Pengajaran
Agustina, P., Al Muhdhar, M. H. I., & Amin, M. (2014). Pengembangan Modul Inkuiri Berorientasi Life Skills pada Materi Pencemaran Lingkungan untuk Siswa Kelas X Sekolah Menengah Atas (SMA). In Proceeding Biology Education Conference: Biology, Science, Enviromental, and Learning (Vol. 11, No. 1, pp. 771-779).
Akdon dan Riduwan. (2013). Rumus dan Data Dalam Analisis Statistika. Bandung: Alfabeta
Ardan, A. S. (2016). The Development of Biology Teaching Material Based on the Local Wisdom of Timorese to Improve Students Knowledge and Attitude of Environment in Caring the Preservation of Environment. International Journal of Higher Education, 5(3), 190-200.
Ashyfah, U., & Rasmi, D. A. C. (2023). Efektivitas Modul Elektronik terhadap Hasil Belajar Biologi Peserta Didik Tingkat Sekolah Menengah Atas Kelas X. Journal of Classroom Action Research, 5(2), 270-276.
Daryanto. (2013). Menyusun Modul: E-bahan ajar untuk Persiapan Guru dalam Mengajar.Yogyakarta: Gava Media.
Fidan, Nuray Kurtdede, and Tugba Selanik Ay. (2016). "Acquisition of Operational Environmental Literacy in Social Studies Course." International Journal of Environmental and Science Education 11.13: 5951-5968.
Hanif, H., Ibrohim, I., & Rohman, F. (2016). Pengembangan perangkat pembelajaran biologi materi plantae berbasis inkuiri terbimbing terintegrasi nilai islam untuk meningkatkan pemahaman konsep siswa sma. Jurnal Pendidikan: Teori, Penelitian, dan Pengembangan, 1(11), 2163-2171.
Istiqlal, A. (2018). Manfaat media pembelajaran dalam proses belajar dan mengajar mahasiswa di perguruan tinggi. Jurnal Kepemimpinan Dan Pengurusan Sekolah, 3(2), 139-144.
Komalasari, B. S., Jufri, A. W., & Santoso, D. (2019). Pengembangan E-bahan ajar IPA Berbasis Inkuiri Terbimbing untuk Meningkatkan Literasi Sains. Jurnal Penelitian Pendidikan IPA, 5(2), 219-227.
Komariah, N., Yusup, P. M., Saepudin, E., & Rodiah, S. (2017). Pendidikan literasi lingkungan sebagai penunjang desa wisata agro kecamatan padaherang kabupaten pangandaran. Dharmakarya, 6(2).
Kusumaningrum, D. (2018). Literasi lingkungan dalam kurikulum 2013 dan pembelajaran ipa di sd. Indonesian Journal of Natural Science Education (IJNSE), 1(2), 57-64.
Masithah, I., Jufri, A. W., & Ramdani, A. (2022). Bahan Ajar IPA Berbasis Inkuiri Untuk Meningkatkan Literasi Sains. Journal of Classroom Action Research, 4(2), 138-144.
Nengsih, S., & Afriani, W. (2019). Pengembangan LKS Biologi Berbasis Inkuiri Terbimbing Materi Sistem Regulasi. BIOEDUSAINS: Jurnal Pendidikan Biologi Dan Sains, 2(1), 50-59.
Nurdyansyah, N., & Fahyuni, E. F. (2016). Inovasi model pembelajaran sesuai kurikulum 2013.
OECD. (2019). PISA 2018 Result Combined Executive Summaries. PISA OECD Publishing.
Permatasari, I., Ramdani, A., & Syukur, A. (2019). Pengembangan E-bahan ajar IPA Berbasis Inkuiri Terintegrasi Sets (Science, Environment, Technology And Society) pada Materi Sistem Reproduksi Manusia. Jurnal Pijar Mipa, 14(2), 74-78.
Rusyadi, A. (2021). Pembelajaran IPA berbasis inkuiri terbimbing. Prosiding Magister Pendidikan Ilmu Pengetahuan Alam, 1(1).
Sari, Fransiska Faberta Kencana, and Idam Ragil Widianto Atmojo. (2021). "Analisis Kebutuhan Bahan Ajar Digital Berbasis Flipbook untuk Memberdayakan Keterampilan Abad 21 Peserta Didik pada Pembelajaran IPA Sekolah Dasar." Jurnal Basicedu 5.6: 6079-6085.
Sanjaya, W. (2008). Perencanaan & desain sistem pembelajaran.
Sugiyono. (2017). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung : Alfabeta,
CV.
Uswatun, D. A., & Rohaeti, E. (2015). Perangkat pembelajaran IPA berbasis inkuiri untuk meningkatkan critical thinking skills dan scientific attitude siswa. Jurnal Inovasi Pendidikan IPA, 1(2), 138-152.
Windyariani, Sistiana, and Astri Sutisnawati. (2016). "Pengembangan bahan ajar berbasis konteks dan kreativitas untuk melatihkan literasi sains siswa sekolah dasar." Jurnal Bioedukatika 4.2: 19-25.
Yulianti, N. (2016). Pengaruh model inkuiri terbimbing berbasis lingkungan terhadap kemampuan pemahaman konsep dan karakter. Jurnal Cakrawala Pendas, 2(2).
Yusliani, Erlina, Hanana Laila Burhan, and Nurul Zakiatin Nafsih. (2019). "Analisis integrasi keterampilan abad Ke-21 dalam sajian buku teks fisika SMA Kelas XII Semester 1." Jurnal Eksakta Pendidikan (JEP) 3.2: 184-191.
DOI: https://doi.org/10.33394/jp.v10i4.8781
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Copyright (c) 2023 The Author(s)

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Jurnal Paedagogy
ISSN: 2722-4627 (Online)
Published by Fakultas Ilmu Pendidikan dan Psikologi (FIPP)
Universitas Pendidikan Mandalika (UNDIKMA)
Email: [email protected]
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.