Pengembangan Bahan Ajar Berbasis Discovery Learning Berorientasi Komunikasi Ilmiah Pada Materi IPA Kelas 5 Sekolah Dasar
Abstract
Keywords
Full Text:
PDF (BAHASA INDONESIA)References
Ana, N. Y. (2019). PENGGUNAAN MODEL PEMBELAJARAN DISCOVERY LEARNING DALAM PENINGKATAN HASIL BELAJARAN SISWA DI SEKOLAH DASAR. Pedagogi: Jurnal Ilmu Pendidikan, 18(2), 56. https://doi.org/10.24036/fip.100.v18i2.318.000-000
Baiq Muli Harisanti. (2019). IMPLEMENTASI MODEL INTEGRASI KEARIFAN LOKAL DALAM PEMBELAJARAN UNTUK MENDESKRIPSIKAN KETERAMPILAN KOMUNIKASI ILMIAH SISWA.
Bayu Aji Setiawan. (2022). PENGARUH MODELPEMBELAJARAN PREDICTION, OBSERVATION, EXPLANATION, ELABORATION,WRITE, AND EVALUATION(POE2WE) TERHADAP KEMAMPUAN KOMUNIKASI ILMIAHSISWA PADA KONSEP GELOMBANG BUNYI.
Cahyadi, R. A. H. (2019). Pengembangan Bahan Ajar Berbasis Addie Model. Halaqa: Islamic Education Journal, 3(1), 35–42. https://doi.org/10.21070/halaqa.v3i1.2124
Daniar, F., & Sari, P. M. (2022). Pengembangan Multimedia Interaktif Macromedia Flash Berbasis Keterampilan Berfikir Kritis pada Pembelajaran IPA di Sekolah Dasar. Jurnal Paedagogy, 9(4), 646. https://doi.org/10.33394/jp.v9i4.5463
Della Verta Sari Putri. (2022). PENGEMBANGAN E-MODULBERBASIS DISCOVERY LEARNINGPADA MATA PELAJARAN IPA UNTUK SISWA KELA VIII SMPN 5 KOTA BENGKULU.
Ekawati, R., Permata, E., Fatkhurrohman, M., & Afridah, S. (2021). Pengembangan Media Pembelajaran Trainer Kit Teknik Digital berbasis Cooperative Learning Approach. In Lectura: Jurnal Pendidikan (Vol. 12, Issue 2).
Erlina Noor Aini. (2023). PENINGKATAN KEMAMPUAN KOMUNIKASI ILMIAH PESERTA DIDIK KELAS XI MENGGUNAKAN PEMBELAJARAN INQUIRY BERBANTUAN SIMULASI PHET PADA MATERI FLUIDA DINAMIS.
Farida Nursyahidah. (n.d.). Research and Development vs Development Research.
Fauzyah Hasanah. (2021). ANALISIS KETERAMPILAN KOMUNIKASI ILMIAH SISWA PADA PEMBELAJARAN BIOLOGI SMA DI MASA PANDEMIK COVID-19.
Kamal Guru, M., Arab, B., Insan, M., & Jambi, C. (2019). RESEARCH AND DEVELOPMENT (R&D) Bahan Ajar Bahasa Arab Berbasis Tadribat/Drill.
Krisnanti, D. A., Rizki, S., & Vahlia, I. (2020). PENGEMBANGAN MODUL MATEMATIKA BERBASIS DISCOVERY LEARNING DISERTAI NILAI-NILAI ISLAM MATERI PERTIDAKSAMAAN RASIONAL DAN IRASIONAL.
Laely Indah Suwarni. (2023). ANALISIS KETERAMPILAN KOMUNIKASI ILMIAH SISWA SMA DALAM MODEL PEMBELAJARAN SEARCH, SOLVE, CREATE AND SHARE (SSCS) PADA MATERI GERAK LURUS.
Larasati, D. A. (2020). PENGARUH MODEL DISCOVERY LEARNING BERBASIS HIGHER ORDER THINKING SKILL TERHADAP KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS. VOX EDUKASI: Jurnal Ilmiah Ilmu Pendidikan, 11(1), 39–47. https://doi.org/10.31932/ve.v11i1.684
Margareta, E. (2021). Pengembangan Bahan Ajar untuk Meningkatkan Pemahaman pada Mata Kuliah Akuntansi Menengah. EDUKATIF : JURNAL ILMU PENDIDIKAN, 3(6), 4594–4604. https://doi.org/10.31004/edukatif.v3i6.1521
Multika Sari, Banda, D., Sebagai, A., Studi, B., Sarjana, G., Fakultas, M., Dan, T., Prodi, K., Guru, P., & Lbtidaiyah, M. (2021). PENGEMBANGAN BAHAN AJAR BERBASIS MODEL DISCOVERY LEARNINGPADA PEMBELAJARAN TEMATIK DI KELAS IV MIN 11 BANDA ACEH.
Ni, O. :, Gede, L., Widiastuti, K., Pd, S., & Pd, M. (2018). PENDIDIKAN IPA SD.
Pramono, H. (n.d.). Upaya Peningkatan Kemampuan Kognitif dan Komunikasi Ilmiah Siswa Kelas X MIA 1 SMA Negeri 1 Ciamis Menggunakan Model Pembelajaran Inquiry. In DIFFRACTION (Vol. 1, Issue 1).
Riduwan & Sunarto. (2012). Pengantar Statistika untuk Penelitian: Pendidikan, Sosial, Komunikasi, Ekonomi Dan Bisnis. Bandung.
Rusilowati, A., Khanafiyah, S., Fisika, J., Matematika, F., Ilmu, D., & Alam, P. (2013). IMPLEMENTASI MODEL EKSPERIMEN GELOMBANG OPEN-INQUIRY UNTUK MENGEMBANGKAN KETERAMPILAN KOMUNIKASI ILMIAH MAHASISWA FISIKA IMPLEMENTATION OF OPEN INQUIRY EXPERIMENTAL WAVE MODEL TO DEVELOP PHYSICS STUDENTS SCIENTIFIC COMMUNICATION SKILL. Jurnal Pendidikan Fisika Indonesia, 9, 123–131. http://journal.unnes.ac.id/nju/index.php/jpfi
Siti Rahmawati. (2020). PENGEMBANGAN MODUL IPA KLASIFIKASI MATERI DAN PERUBAHANNYA BERBASIS DISCOVERY LEARNINGUNTUK MENINGKATKAN KETERAMPILAN BERPIKIR KRITIS DAN KOMUNIKASI ILMIAH SISWA.
Spektor-Levy, O., Eylon, B. S., & Scherz, Z. (2009). Teaching scientific communication skills in science studies: Does it make a difference? International Journal of Science and Mathematics Education, 7(5), 875–903.https://doi.org/10.1007/s10763-009-9150-6
Sugiyono. (2018). Metode Penelitian Kuantitatif. Bandung, 152.
Ummul, H., Jusniar, J., & Hardin, D. H. (2022). PENGEMBANGAN E-BOOK FLIP PDF DENGAN MODEL DISCOVERY LEARNING PADA MATERI POKOK LAJU REAKSI (STUDI PADA KELAS XI SMA NEGERI 5 LUWU) DEVELOPMENT OF E-BOOK FLIP PDF WITH DISCOVERY LEARNING MODEL ON STUDY REACTION RATE (STUDY ON CLASS XI SMA NEGERI 5 LUWU). In UNESA Journal of Chemical Education (Vol. 11, Issue 3).
Wulan Dari, F., & Ahmad, S. (2020). Model Discovery Learning Sebagai Upaya Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kritis Siswa SD.
DOI: https://doi.org/10.33394/jp.v10i4.8689
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Copyright (c) 2023 The Author(s)
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Jurnal Paedagogy
ISSN: 2722-4627 (Online)
Published by Fakultas Ilmu Pendidikan dan Psikologi (FIPP)
Universitas Pendidikan Mandalika (UNDIKMA)
Email: [email protected]
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.