Voltaic Cell Practical Guide Application Based on Mobile-Augmented Reality to Improve Student's Understanding Concepts
Abstract
Keywords
Full Text:
PDF (ENGLISH)References
Affriyenni, Y., Swalaganata, G., Mustikasari, V. R., Fitriyah, I. J., Alam, P., Matematika, F., & Ilmu, D. (2020). Pengembangan media pembelajaran fisika pada materi optik geometri berbasis augmented realitydengan unity dan vuforia. JIPVA: Jurnal Pendidikan IPA Veteran, X(1), 160–174. https://doi.org/10.31331/jipva.v4i2.1301
Agustina, P., Saputra, A., Anif, S., Rayana, A., & Probowati, A. (2021). ANALISIS KETERAMPILAN PROSES SAINS DAN SIKAP ILMIAH SISWA KELAS XI IPA SMA PADA PRAKTIKUM BIOLOGI. EDUSAINS, 13(1), 1–7. https://doi.org/10.15408/es.v13i1.11015
Almubarak, A., Nawidi, M. F., Nurrusshobah, N., & Sadiah, S. D. (2021). Validitas & Praktikalitas: Modul Kibas Asah (Kimia Berbasis Lahan Basah) Terintegrasi AR-Sparkol Pada Materi Larutan Penyangga sebagai Media Pembelajaran Inovatif. Journal of Mathematics Science and Computer Education, 1(1), 1. https://doi.org/10.20527/jmscedu.v1i1.3398
Behmke, D., Kerven, D., Lutz, R., Paredes, J., Pennington, R., Brannock, E., Deiters, M., Rose, J., & Stevens, K. (2018). Augmented Reality Chemistry: Transforming 2-D Molecular Representations into Interactive 3-D Structures. Proceedings of the Interdisciplinary STEM Teaching and Learning Conference, 2(1), 5–11. https://doi.org/10.20429/stem.2018.020103
BSNP. (2014). Instrumen Penilaian Buku Teks Pelajaran Kimia untuk Peserta Didik SMA/MA. Jakarta: Badan Standar Nasional Pendidikan.
Dwi, S., & Kusuma, Y. (2018). PERANCANGAN APLIKASI AUGMENTED REALITY PEMBELAJARAN TATA SURYA DENGAN MENGGUNAKAN MARKER BASED TRACKING. UNIVERSITAS PAMULANG, 33(1).
Email, B. et al. (2019). Peningkatan Hasil Belajar Kimia Pada Sel Elektrokimia Melalui Model Discovery Learning. 3(2): 123–127.
Fitriya, S. L., & Mitarlis. (2020). PENGEMBANGAN LEMBAR KERJA PESERTA DIDIK (LKPD) UNTUK MELATIHKAN KETERAMPILAN PROSES SAINS BERWAWASAN GREEN CHEMISTRY PADA MATERI ASAM BASA. UNESA Journal of Chemical Education, 9(3), 280–289.
Fitriyah, I. J., Setiawan, A. M., Marsuki, M. F., & Hamimi, E. (2020). DEVELOPMENT OF AUGMENTED REALITY ASSISTED LEARNING MEDIA TO IMPROVE CONCEPT UNDERSTANDING OF CHEMICAL BONDING TOPICS. Jurnal Pembelajaran Sains, 4. http://journal2.um.ac.id/index.php/
Hakim, L. (2018). PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN PAI BERBASIS AUGMENTED REALITY. Lentera Pendidikan, 20(1), 59–72.
Harwanto, D., Sompie, S. R. U. A., & Tulenan, V. (2019). Aplikasi Game Edukasi Pengenalan Unsur Dan Senyawa Kimia. Jurnal Teknik Informatika, 14(1), 63–70.
Hasibuan, M. P., Sari, R. P., Syahputra, R. A., & Nahadi, N. (2022). Application of Integrated Project-based and STEM-based E-learning Tools to Improve Students’ Creative Thinking and Self-Regulation Skills. Jurnal Penelitian Pendidikan IPA, 8(1), 51–56. https://doi.org/10.29303/jppipa.v8i1.1050
Hulu, V. T., & Sinaga, T. R. (2019). Analisis Data Statistik Parametrik Aplikasi SPSS dan Statical. Medan: Yayasan Kita Menulis.
Irwansyah, F. S., Asyiah, E. N., & Farida, I. (2019). Augmented Reality-based Media on Molecular Hybridization Concepts Learning. Tadris: Jurnal Keguruan Dan Ilmu Tarbiyah, 4(2), 227–236. https://doi.org/10.24042/tadris.v4i2.5239
Kartikaningsih, R., Zaeni, A., & Nurlansi. (2021). PENGEMBANGAN PERANGKAT PEMBELAJARAN YANG MENERAPKAN MODEL PROBLEM BASED LEARNING UNTUK MENINGKATKAN PEMAHAMAN KONSEP DAN KETERAMPILAN PROSES SAINS SISWA PADA MATERI LARUTAN PENYANGGA. Journal Biofiskim: Penelitian Dan Pembelajaran IPA, 3(1), 65–74.
Kusdiana, D., Sri, L., Muni, A., & Irmayanti, D. (2019). SIMULASI REAKSI PEMBENTUKAN MOLEKUL KIMIA MENGGUNAKAN TEKNOLOGI AUGMENTED REALITY. Jurnal Produktif, 3(1), 207–216.
Mirfan. (2018). IMPLEMENTASI AUGMENTED REALITY PADA APLIKASI PENGENALAN JENIS-JENIS BADIK DI SULAWESI SELATAN BERBASIS ANDROID. ILKOM Jurnal Ilmiah, 10(1), 59–64.
Noviana, A., Abdurrahman, A., Rosidin, U., & Herlina, K. (2019). Development and Validation of Collaboration and Communication Skills Assessment Instruments Based on Project-Based Learning. Journal of Gifted Education and Creativity, 6(2), 133–146. http://jgedc.orghttp://gencbilgeyayincilik.com
Pradani, N., Munzil, & Muchson, M. (2020). Development of guided inquiry based learning materials enriched with augmented reality in electrolysis cell material. International Journal of Interactive Mobile Technologies, 14(12), 4–15. https://doi.org/10.3991/IJIM.V14I12.15597
Rizkihati, F., Dasna, W., & Santoso, A. (2019). Pengaruh Model Pembelajaran Problem Based Learning (PBL) Berbasis STEMpada Materi Kesetimbangan Kimia terhadap PemahamanKonsep dan Keterampilan Berpikir Kritis Siswa. Seminat Nasional Kimia Dan Pembelajarannya, 276–280.
Rizqullah, A. F., & Lutfi, A. (2021). Interactive Chemistry Teaching Material Based on Augmented Reality Technology In Covalent Bonding Submaterial. Chemistry Education Practice, 4(1), 49. https://doi.org/10.29303/cep.v4i1.2441
Rokhim, D. A., Widarti, H. R., & Fajaroh, F. (2020). PENGEMBANGAN BAHAN BELAJAR FLIPBOOK PADA MATERI REDOKS DAN ELEKTROKIMIA BERBASIS PENDEKATAN STEM-PjBL BERBATUAN VIDEO PEMBELAJARAN. Kwangsan: Jurnal Teknologi Pendidikan, 8(2), 234. https://doi.org/10.31800/jtp.kw.v8n2.p234--250
Rusmansyah, R., Emelia, E., Winarti, A., Hamid, A., Mahdian, M., & Kusuma, A. E. (2023). Development of Interactive E-Modules of PjBL Models to Improve Understanding of Colloidal Concepts. Jurnal Penelitian Pendidikan IPA, 9(4), 2173–2183. https://doi.org/10.29303/jppipa.v9i4.1853
Sepriandi, M. D., & Dirgantara, H. B. (2019). Pengembangan Aplikasi Augmented Reality Berbasis Android untuk Visualisasi Struktur Sel Bakteri dan Bentuk-Bentuk Bakteri. Jurnal Sains Dan Teknologi, 6(1), 29–36.
Sofiudin, M., Akhriza, T. M., Wahyu, D., & Corresponding, W. (. (2019). APLIKASI PEMBELAJARAN BERBASIS AUGMENTED REALITY PADA BUKU PENGENALAN ALAT MUSIK MODERN UNTUK ANAK. Jurnal Teknika, 11(1), 1050–1054.
Sonia, Yudi Kurniawan, & Riski Muliyani. (2021). Penerapan Model Pembelajaran Project Based Learning (PjBL)Terhadap Pemahaman Konsep Siswa Pada Materi Suhu dan Kalor. Journal of Educational Review and Research, 4(1), 14–19.
Sugiyono, Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung: Alfabeta, 2016.
Sukmawati, W. (2019). Analisis level makroskopis, mikroskopis dan simbolik mahasiswa dalam memahami elektrokimia. Jurnal Inovasi Pendidikan IPA, 5(2). https://doi.org/10.21831/jipi.v5i2.27517
Sumarti, S. S., Nuswowati, M., & Kurniawati, E. (2018). MENINGKATKAN KETERAMPILAN PROSES SAINS MELALUI PEMBELAJARAN KOLOID DENGAN LEMBAR KERJA PRAKTIKUM BERORIENTASI CHEMO-ENTREPRENEURSHIP. 08(2), 62–71.
Susanti, L. Y., Hasanah, R., & Khirzin, M. H. (2018). PENERAPAN MEDIA PEMBELAJARAN KIMIA BERBASIS SCIENCE, TECHNOLOGY, ENGINEERING, AND MATHEMATICS (STEM) UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA SMA/SMK PADA MATERI REAKSI REDOKS. Jurnal Pendidikan Sains (JPS), 06(02), 32–40. http://jurnal.unimus.ac.id/index.php/JPKIMIA
Tewal, J. V. R., Enawaty, E., & Melati, H. A. (2021). Implementation of Problem-Solving Model with The Redox Booklet to Enhance Problem-Solving Skills. EduChemia (Jurnal Kimia Dan Pendidikan), 6(1), 78. https://doi.org/10.30870/educhemia.v6i1.8946
Wahid, A., Anra, H., & Tursina. (2017). Cross Platform Aplikasi Augmented Reality untuk Mata Pelajaran Kimia Struktur Molekul. Jurnal Sistem Dan Teknologi Informasi (JUSTIN), 5(3), 201–205.
Winatha, K. R., & Abubakar, M. M. (2018). The Usage Effectivity of Project-Based Interactive E-Module in Improving Students’ Achievement. Jurnal Pendidikan Teknologi Dan Kejuruan, 24(2), 198–202. https://doi.org/10.21831/jptk.v24i2.20001
DOI: https://doi.org/10.33394/jp.v10i3.8104
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Copyright (c) 2023 The Author(s)
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Jurnal Paedagogy
ISSN: 2722-4627 (Online)
Published by Fakultas Ilmu Pendidikan dan Psikologi (FIPP)
Universitas Pendidikan Mandalika (UNDIKMA)
Email: [email protected]
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.