Pengelolaan Pembelajaran Sejarah Pada Masa Pandemi Covid-19 (Studi Kasus di SMAN 73 Jakarta)
Abstract
Keywords
Full Text:
PDF (BAHASA INDONESIA)References
Absor, N. F. (2020). Pembelajaran sejarah abad 21: tantangan dan peluang dalam menghadapi pandemi covid-19. Chronologia, 2(1), 30-35.
Annisa, A. (2021). Tantangan Guru dalam Proses Pembelajaran Daring di Masa Pandemi Covid-19.
Anis, M. Z. A., Susanto, H., & Fathurrahman, F. (2021). Studi Evaluatif Pembelajaran Sejarah Daring Pada Masa Pandemi Covid-19. Fajar Historia: Jurnal Ilmu Sejarah dan Pendidikan, 5(1), 60-69.
Anugrahana, A. (2020). Hambatan, Solusi dan Harapan: Pembelajaran Daring Selama Masa Pandemi Covid-19 Oleh Guru Sekolah Dasar. Scholaria: Jurnal Pendidikan Dan Kebudayaan, 10(3), 282–289. https://doi.org/10.24246/j.js.2020.v10.i3.p282-289
Anggara, D. S., & Abdillah, C. (2019). Metode penelitian.
Aurora, A., & Effendi, H. (2019). No Title. Pengaruh Penggunaan Media Pembelajaran E-Learning Terhadap Motivasi Belajar Mahasiswa Di Universitas Negeri Padang, Jurnal Tek, 11–16.
Bastaman, W. W. (2020). Pengembangan Pembelajaran Sejarah Lokal Pada Masa Pandemi Covid-19. Jurnal Kala Manca, 8(2), 34-42.
Dolong. (2016). Sudut Pandang Perencanaan Dalam. Pengembangan Pembelajaran.
Far-Far, G. (2021). Efektifitas Penggunaan Aplikasi Zoom Meeting Dalam Pembelajaran Di Masa Pandemi Covid-19. ISTORIA: Jurnal Pendidikan Dan Sejarah, 17(1).
Gunawan, I. (2013). Metode penelitian kualitatif. Jakarta: Bumi Aksara, 143, 32-49.
Herliandry, L. D., Nurhasanah, N., Suban, M. E., & Kuswanto, H. (2020). Pembelajaran pada masa pandemi covid-19. JTP-Jurnal Teknologi Pendidikan, 22(1), 65-70.
Lestari, S. W. (2020). Kendala pelaksanaan pembelajaran jarak jauh (pjj) dalam masa pandemi ditinjau dari media pembelajaran. Jurnal Ilmu Pendidikan, 2(3), 13-24.
Marian, A. L. (2021). Utilization of AudioVisual Media as a Source of Historical Learning in Distance Learning. HISPISI: Himpunan Sarjana Ilmu-Ilmu Pengetahuan Sosial Indonesia, 1(1), 601-604.
Marharjono, M. (2020). Manfaat Pembelajaran Sejarah Menggunakan Google Classroom Pada Masa Pandemi Covid-19. Ideguru: Jurnal Karya Ilmiah Guru, 5(1), 56-63.
Musfah, Panu. (2020). Manajemen pendidikan. kencana.
Nugrahani, F., & Hum, M. (2014). Metode penelitian kualitatif. Solo: Cakra Books, 1(1).
Ngabidin, M. (2021). Pembelajaran Di Masa Pandemi, Inovasi Tiada Henti (Kumpulan Best Practices Inovasi Pembelajaran). Deepublish.
Novianto, G. D., Herman, D. A., & Hadiapurwa, A. (2021). Pelaksanaan Pendidikan Jarak Jauh bagi Pendidik dan Peserta Didik di Masa Pandemi Covid-19. Jurnal Inovasi Pendidikan dan Pembelajaran Sekolah Dasar, 4(2), 98-111.
Sagala. (2013). Konsep dan Makna Pembelajaran. Bandung
SAPUTRA, M. R. A. (2021). EFEKTIVITAS PEMBELAJARAN SEJARAH BERBASIS DARING TERHADAP PARTISIPASI BELAJAR MASA PANDEMI COVID 19. SECONDARY: Jurnal Inovasi Pendidikan Menengah, 1(3), 150-155.
Semiawan, C. R. (2010). Metode penelitian kualitatif. Grasindo.
Sugiyono. (2015). Metode Penelitian Pendidikan (Cetakan ke). Alfabeta.
Sukardi, S., Ahyani, N., & Nurlina, N. (2022, June). PROBLEMATIKA PEMBELAJARAN SEJARAH PADA MASA PANDEMI COVID-19. In PROSIDING SEMINAR NASIONAL PROGRAM PASCASARJANA UNIVERSITAS PGRI PALEMBANG.
Tersiana, A. (2018). Metode penelitian. Anak Hebat Indonesia.
Yuliani, S. W. (2020). PROBLEMATIKA PEMBELAJARAN SEJARAH DARING DAN SOLUSINYA DI MASAPANDEMI COVID 19 DALAM PERSPEKTIF PENDIDIKAN KARAKTER BAGI SISWA KELAS X DI SMA VETERAN 1 SUKOHARJO TAHUNPEMBELAJARAN2020-2021. CIVICS EDUCATION AND SOCIAL SCIENCE JOURNAL (CESSJ), 2(2).
DOI: https://doi.org/10.33394/jp.v9i4.5506
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Copyright (c) 2022 The Author(s)

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Jurnal Paedagogy
ISSN: 2722-4627 (Online)
Published by Fakultas Ilmu Pendidikan dan Psikologi (FIPP)
Universitas Pendidikan Mandalika (UNDIKMA)
Email: [email protected]
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.