Analisis Perbandingan dan Faktor-Faktor Yang Mempengaruhi Kinerja Akademik Mahasiswa UPBJJ-UT Bengkulu

Pamela Mikaresti, Yusrizal Yusrizal, Ana Nurmalia

Abstract


This research aims to compare the factors that influence students' academic achievement in learning assistance services (TUWEB, TUTON, TMK) at UPBJJ-UT Bengkulu. This research used a descriptive method with a quantitative approach. The total population in this study was 11,854 people, with a sample of 1185 respondents. The research instrument used was a questionnaire with the data analysis technique for this research using multiple linear regression analysis. The results of this research showed that the overall cumulative achievement index of respondents had the highest average GPA obtained by TUWEB service users, namely 3.56, and the lowest was the average GPA of TMK service users was 3.21, while the average GPA of TUTON learning assistance service users was 3.40. The variables of learning motivation, learning assistance, and learning media influence the Grade Point Average (GPA). Meanwhile, the independent variables that do not partially affect the Grade Point Average (GPA) were age, marital status, employment status, participation in academic service assistance, level of perception towards UT, and the independent learning system and network quality.


Keywords


Academic Achievement; Learning Assistance Service; TMK; TUWEB; TUTON.

References


Agustia, Carissa. (2017). Pengaruh partisipasi aktif terhadap prestasi akademik siswa pada kelompok Hamba Tuhan Gereja.Skripsi, Universitas Sanata Dharma.

Arikunto, Suharsimi. (2012). Metode Penelitian Pendekatan Praktis. Edisi Revisi VI. Jakarta: PT. Rineka Cipta. Bailey, J. E., & Sammy W., P. 1983. Pengembangan alat untuk mengukur dan menganalisis kepuasan pengguna komputer. Ilmu Manajemen, 29(5), 530 - 545.

Briones, SKF, Dagamac, RJR, David, JD dan Landerio, CAB (2021). Jurnal Riset dan Teknologi Pendidikan Indonesia: Faktor-faktor yang mempengaruhi prestasi akademik siswa: Studi survei. 2(1), 97-102.

Chairunnisa, M. D. dan Madji, A. L. (2022). Efektivitas tutorial dan masalah plagiarisme: studi kasus mahasiswa peserta mata kuliah hukum internasional di universitas terbuka. Pendidikan: Jurnal Ilmu Pendidikan, Volume 4, No. 2: 1-10.

Fadli, Muhammad dan Majidah. (2021). Implementasi Knowledge Sharing pada Forum Diskusi Kelas Tutorial Online Universitas Terbuka. JJP JJ (22), 2:49-58.

Habibahi, U., Aisyiyah, N. Ningrum, L.I. (2012). Untuk mengetahui status perkawinan mahasiswa reguler PGSD-Tegal dalam kaitannya dengan prestasi akademik. Jurnal untuk pendidikan sekolah dasar.

Husnaeni, Lince, R., Jalil, J. (2022). Analisis Tingkat Disiplin Tutor pada Pedoman Pemberian dan Penilaian Tugas Pengajaran Tatap Muka di UPNJJ-UT Makasar. Jurnal Kajian Guru dan Pembelajaran, Volume 5, No.1 : 1-10.

Idayani, D. (2020). Perbedaan prestasi akademik siswa berdasarkan hasil tes masuk dan latar belakang pendidikan. Jurnal Ilmiah Soulmath: Jurnal Pendidikan Pendidikan Matematika, 8(1), 59–72. https://doi.org/10.25139/smj.v8i1.2536

Indrawati, Ayu Desi, Sintaasih, Desak Ketut, Wibawa, Made Artha und Suryantini, Ni Putu Santi. (2016). Fakultät für Wirtschaftswissenschaften, Udayana-Universität (Unud), Bali, Indonesien. Journal of Management Science, 6(1), 458–477.

Marfiyanto, Tri. (2018). Menelaah Prestasi Belajar Siswa Dari Berbagai Aspek Dan Faktor Yang Mempengaruhinya, Jurnal Komunikasi Pendidikan, Vol.2.No. 2.

Mikaresti, P., Yusrizal dan Nurmalia, A. (2021). Analisis Pengalaman Pengguna dan Kepuasan Pengguna Layanan Penunjang Pembelajaran (Tuweb, Tuton, TMK) di UPBJJ-UT Bengkulu. Jurnal Kependidikan: Jurnal Pendidikan: Jurnal Penelitian dan Kajian Perpustakaan dalam Pendidikan, Pengajaran, dan Pembelajaran, 7(4), 981–993.

Mikaresti, P., Nurmalia, A. & Kristanti, D. (2021). Analisis pengaruh indikator persepsi dan partisipasi layanan penunjang akademik terhadap prestasi akademik mahasiswa peserta tutorial di UPBJJ-UT Bengkulu. Jurnal Pendidikan: Jurnal Hasil Penelitian dan Tinjauan Pustaka Bidang Pendidikan, Pengajaran dan Pembelajaran, 7(1). 185-193. doi:https://doi.org/10.33394/jk.v7i1.2883

Munisah dan Khusaini. (2017). Pengaruh gender, status pekerjaan dan status perkawinan terhadap prestasi akademik. Kreatif, 5(1), 76–98.

Nasir, M. dan Masrur, R. (2010). Kajian Kecerdasan Emosional Mahasiswa IIUI Dikaitkan Dengan Jenis Kelamin, Usia Dan Prestasi Akademik. (On line). Jilid 32. No.1.

Nurgiantoro, Burhanudin. (2009). Penilaian Pengajaran Bahasa dan Sastra Edisi Ketiga. Yogyakarta: BPFE.

Pengembang M. (2016). Faktor-faktor yang mempengaruhi kinerja akademik: Sebuah studi terhadap siswa sekolah dasar di Delhi NCR, India. Jurnal Pendidikan dan Praktek, 7(4), 70–74.

Qayyum. (2019). Dampak Partisipasi Organisasi Terhadap Prestasi Belajar Mahasiswa Fakultas Ilmu Sosial Universitas Negeri Makassar. Tesis, Fakultas Ilmu Sosial, Program Studi Pendidikan Administrasi Perkantoran, Universitas Negeri Makassar. Dibimbing oleh Haedar Akib dan Muhammad Darwis.

Richter, LN (2020). Urgensi revisi UU Perawatan Lansia. Aspirasi: Jurnal Masalah Sosial, 11(1), 43-55. https://doi.org/10.46807/aspiration.v11i1.1589

Ramadhan, AN dan Soenarto. (2014). Pengaruh Persepsi Siswa Terhadap Faktor-Faktor Yang Mempengaruhi Keberhasilan Pembelajaran Teori Karier Siswa SMK. Jurnal Pendidikan Vokasi, [S.l.], v. 5, n.3, hlm.297-312, November 2015. ISSN 2476-9401. Tersedia di: . Tanggal akses: 4 Juli 2023. doi:https://doi.org/10.21831/jpv.v5i3.6485.

Sidiq, A.W. dan Nuswantoro, M.A., (2021). Analisis komparatif dan faktor-faktor yang mempengaruhi prestasi akademik mahasiswa peserta UPBJJ-UT Bengkulu.

Son, B. & Cho, Y. (2020). Analisis faktor-faktor yang mempengaruhi kinerja akademik dalam lingkungan global. Jurnal Distribusi Industri & Bisnis, 11(6), 7-17.https://doi.org/10.13106/jidb.2020.vol11.no6.7

Suhartinah, (1998) Pengaruh umur terhadap prestasi belajar peserta didik pada program penyetaraan ijazah pada dua orang guru SD di Kab.Kulon Progo yang lulus tahun 1996. Laporan proyek. Universitas Terbuka, Yogyakarta.

Tari, B.R.,. (2021). Pengaruh sistem pembelajaran online (dalam jaringan) terhadap keberhasilan belajar siswa pada mata pelajaran IPS di SMP Negeri 31 Seluma. Tesis. UIN Bengkulu.

Yulianto, Aris. (2016). Pengaruh Prestasi Belajar dan Usia Terhadap Ketidakjujuran Akademik Pada Mahasiswa S1 Akuntansi Universitas Negeri Malang. Skripsi, Jurusan Akuntansi, Fakultas Ekonomi, Universitas Negeri Malang.




DOI: https://doi.org/10.33394/jp.v10i4.5482

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2023 The Author(s)

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

Jurnal Paedagogy

ISSN: 2722-4627 (Online)

Published by Fakultas Ilmu Pendidikan dan Psikologi (FIPP)

Universitas Pendidikan Mandalika (UNDIKMA)

Email: [email protected]

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.