Pengelolaan Metode Pembelajaran Mandiri bagi Warga Belajar Program Kesetaraan Kejar Paket C di PKBM Bintang Flobamora Kupang
Abstract
Keywords
Full Text:
PDF (BAHASA INDONESIA)References
Ali, M., Prawening, C., & Samiaji, M. H. (2020). Inovasi Model Pembelajaran Jarak Jauh Program Kesetaraan Paket C di Masa Pandemi Covid-19. Jurnal Ilmiah Visi, 15(2), 107 - 116. https://doi.org/10.21009/JIV.1502.2
Arifin, Z. (2016). Evaluasi Pembelajaran. Bandung: PT Remaja Rosdakarya
Depdiknas. (2007). Acuan Pembelajaran Pendidikan Kesetaraan Program Paket ABC. Pendidikan Kesetaraan Paket ABC, Direktorat Pendidikan Masyarakat, Direktorat Jenderal Pendidikan Luar Sekolah dan Pemuda. Jakarta: Depdiknas
Depdiknas. (2003). Undang-undang Republik Indoneasi Nomor 20 Tahun 2003 Tentang Sistem Pendidikan Nasional. (online). https://pusdiklat.perpusnas.go.id , Diakses Tanggal 12 Maret 2022 pukul 04.30 WITA
Freire, P. (2008). Pendidikan Kaum Tertindas, terjemahan F Danuwinata. Jakarta: LP3ES
Kamil, M. (2011). Pendidikan Nonformal: Pengembangan Melalui Pusat Kegiatan Belajar Masyarakat (PKBM) di Indonesia (Sebuah Pembelajaran dari Kominkan di Jepang). Bandung: Alfabeta
Kemdikbud. (2019). Konsep Dasar Pendidikan Non-Formal (PKBM dan LKP). (online). https://banpaudpnf.kemdikbud.go.id/upload/downloadcenter/08.%20Konsep%20Dasar%20PNF%20(PKBM%20dan%20LKP)_1557310762.pdf , Diakses Tanggal 12 Maret 2022 pukul 05.48 WITA
Kuntoro, S. A. (2006). Pendidikan Nonformal (PNF) bagi Pengembangan Sosial. Jurnal Ilmiah Visi, 1 (2), 14-18. https://doi.org/10.21009/JIV.0102.3
Mardapi, D. (2017). Pengukuran, Penilaian dan Evaluasi Pendidikan. Yogyakarta: Parama Publising
Moleong, L. J. (2012). Metodologi Penelitian Kualitatif . Bandung: PT. Remaja Rosdakarya
Mudjiman, H. (2011). Belajar Mandiri. Surakarta: UNS PRESS
Purwanto. (2009). Evaluasi Hasil Belajar. Yogyakarta: Pustaka Pelajar
Putra, R. A., Kamil, M., & Pramudia, J. R. (2017). Penerapan Metode Pembelajaran Mandiri dalam Meningkatkan Hasil Belajar Peserta Didik (Studi pada Program Pendidikan Kesetaraan Paket C di PKBM Bina Mandiri Cipageran). Jurnal Pendidikan Luar Sekolah, 13 (1), 23-36. Diambil dari https://ejournal.upi.edu/index.php/pls/article/view/8723
Rusman. (2012). Model-model Pembelajaran: Mengembangkan Profesionalisme Guru. Jakarta: Rajawali Pers
Sudjana, D. (2010). Pendidikan Nonformal: Wawasan, Sejarah, Perkembangan, Filsafat & Teori Pendukung Serta Asas. Bandung: Falah
Sugiyono. (2016). Metode Penelitian Kuantitatif Kualitatif dan R&D. Bandung: Alfabeta
Sugiyono.( 2017). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif dan R & D. Bandung: Alfabeta
Sumardiono. (2013). Belajar Mandiri. Jakarta: Rumah Inspirasi & Bentang Ilmu
DOI: https://doi.org/10.33394/jp.v9i2.4958
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Copyright (c) 2022 Nirwaning Makleat, Abdul Syukur, Anasius Dei Ndewi

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Jurnal Paedagogy
ISSN: 2722-4627 (Online)
Published by Fakultas Ilmu Pendidikan dan Psikologi (FIPP)
Universitas Pendidikan Mandalika (UNDIKMA)
Email: [email protected]
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.