Upaya Meningkatkan Kompetensi Guru SMK Negeri 4 Gowa dalam Melaksanakan Proses Pembelajaran di Kelas Melalui Program Supervisi
Abstract
This study aims to improve the competence of teachers of SMK Negeri 4 Gowa in carrying out the learning process in the classroom through a supervision program. This research method uses action research. The subjects of this study were teachers at SMK Negeri 4 Gowa. This research instrument uses observation and documentation. While the data analysis technique used descriptive analysis. The results of this study indicate that the competence of teachers at SMK Negeri 4 Gowa in implementing the learning process in the classroom through the supervision program has increased. With an intensive supervision and guidance program, it is proven to be able to improve the professionalism of teachers in classroom learning.
Keywords
Full Text:
PDFReferences
Arikunto, S, Sukardjono, P Supardi. (2012). Penelitian Tindakan Kelas. Jakarta: Bumi Aksara.
Miles, M. B, Huberman, A.M. (2014). Qualitative Data Analysis, A Methods Sourcebook, Edition 3. USA: Sage Publications. Terjemahan Tjetjep Rohindi Rohidi, UI-Press.
Ekojuniarto (Drs), 2004. Pengembangan Silabus. Jakarta: Departemen Pendidikan Nasional. Dirjen pendidikan Dasar dan Menengah. Direktorat Tenaga kependidikan.
Departemen Pendidikan Nasional, 2005, Penelitian Tindakan Kelas Bahasa dan Sastra Indonesia. Materi Penelitian Terintegrasi, Jakarta: Departemen Pendidikan Nasional, Direktorat Tenaga Kpendidikan.
Ekojuniarto (Drs), 2004.Pengembangan Silabus, Jakarta: Departemen Pendidikan Nasional.Dirjen pendidikan Dasar dan Menengah. Direktorat Tenaga Kependidikan.
Departemen Pendidikan Nasional, 2005. Penelitian Tindakan Kelas Bahasa dan Sastra Indonesia. Materi Penelitian Terintegrasi, Jakarta: Departeman Pendidikan Nasional, Direktorat Tenaga Kependidikan,
Jamilan, J. (2017). Meningkatkan Kompetensi Guru Kelas dalam Proses Pembelajaran Melalui Supervisi Akademik di SD Negeri 4 Mataram. Jurnal Kependidikan: Jurnal Hasil Penelitian dan Kajian Kepustakaan di Bidang Pendidikan, Pengajaran dan Pembelajaran, 3(2). doi:https://doi.org/10.33394/jk.v3i2.675
Landa, Husen. Drs, 2003. Menyusun Dan Mengembangkan Instrumen Supervisi Pendidikan, Materi Pelatihan Kompetensi Pengawas, Jakarta: Departemen Pendidikan Nasional, Direktorat Pendidikan Lanjutan Pertama.
Purnamaraya, S. (2019). Upaya Meningkatkan Kompetensi Guru Kelas dalam Proses Pembelajaran Berdasarkan Kurikulum 2013 Melalui Supervisi Akademik di SD Negeri 45 Mataram. Jurnal Paedagogy, 6(2), 49-58. doi:https://doi.org/10.33394/jp.v6i2.2531
Puskur – Balitbang 2006, Landasan Pengembangan Silabus dan Rencana Pelaksanaan Pembelajaran. Jakarta: Departemen Pendidikan Nasional.
Sabirin SJ,2011. Meningkatkan Kemampuan Guru Dalam Melaksanakan Pembelajaran di Kelas Melalui Perencanaan Pembelajaran Standar Pada SMK Negeri 3 Takalar. PTS : Pengawas Dinas DIKPORA Kabupaten Takalar
Sabirin SJ,2012. Pengaruh Kepemimpinan Kepala Sekolah Dan Motivasi Kerja Terhadap Kinerja Guru SMK Negeri 4 Takalar. PTS: Pengawas Dinas DIKPORA Kabupaten Takalar.
Sudiarti, D. (2017). Upaya Meningkatkan Kompetensi Guru Kelas dalam Proses Pembelajaran Melalui Supervisi Akademik di SDN 9 Cakranegara. Jurnal Kependidikan: Jurnal Hasil Penelitian dan Kajian Kepustakaan di Bidang Pendidikan, Pengajaran dan Pembelajaran, 3(1). doi:https://doi.org/10.33394/jk.v3i1.463
Suginam, A. (2019). Upaya Meningkatkan Kompetensi Guru Kelas dalam Proses Pembelajaran Melalui Supervisi Akademik di SD Negeri 4 Mataram. Jurnal Paedagogy, 6(2), 41-48. doi:https://doi.org/10.33394/jp.v6i2.2530
Supatni, P. (2017). Mengefektifkan Pelaksanaan Supervisi Akademik dalam Upaya Meningkatkan Kompetensi Guru Kelas dalam Proses Pembelajaran di SDN 36 Ampenan. Jurnal Kependidikan: Jurnal Hasil Penelitian dan Kajian Kepustakaan di Bidang Pendidikan, Pengajaran dan Pembelajaran, 3(1). doi:https://doi.org/10.33394/jk.v3i1.473
Wahyuni, T. (2021). Supervisi Klinis oleh Kepala Sekolah guna Meningkatkan Kompetensi Guru dalam Mengelola Administrasi Kelas di SD Negeri 42 Ampenan. Jurnal Paedagogy, 8(2), 264-270. doi:https://doi.org/10.33394/jp.v8i2.3561
DOI: https://doi.org/10.33394/jp.v8i3.3894
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Copyright (c) 2021 H. Kamaruddin

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Jurnal Paedagogy
ISSN: 2722-4627 (Online)
Published by Fakultas Ilmu Pendidikan dan Psikologi (FIPP)
Universitas Pendidikan Mandalika (UNDIKMA)
Email: [email protected]
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.