Analisis Pengaruh Penerapan Model Pembelajaran Sains Teknologi Masyarakat Terhadap Hasil Belajar Siswa

Gita Lilis Suarni, M A Rizka, Zinnurain Zinnurain

Abstract


This study aimed to analyze the influence of the model of learning science society technology to the learning outcomes of students at SMP Negeri 3 Batukliang. This research uses experimental methods. The sample in this study were 24 students of class VIIIC. This research data collection using tests, observation, and documentation. While the data analysis technique of this study used the t-test. These results indicate that the value t count bigger than t-table at significance level of 5% with db = 24-1 = 23 (7.768> 2,069), so this research can be concluded that there is influence of science learning model community technology on learning outcomes students in biology class VIII at SMP Negeri 3 Batukliang.


Keywords


Society Technology Science, Learning Outcome

References


Akhmad. (2008). Pengertian Pendeataan, Strategi, Metode,Teknik Danmodel Pembelajaraan. Bandung : Sinar baru Baru Algensindo.

Arikunto, Suharsimi. (2014). prosedur penelitian suatu pendekataan praktik. Jakarta: Rineka Cipta.

. (2014). Cooperate Learning: Teori dan Aplikasi PAIKEM. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.

Benny A. Priadi. (2011). Model ASSURE untuk Mendesain Pembelajaraan Sukses. Jakarta: PT. DIAN RAKYAT.

Chatib, Munif. (2009). Sekolah Manusia. Bandung : Kaifa.

Dimayati, Mudjiono. (2009). Belajar dan Pembelajaran. Jakarta: Rineka Cipta.

Fajuri, F. (2019). Penerapan Pendekatan Cooperative Learning Tipe Jigsaw dalam Upaya Meningkatkan Aktivitas dan Hasil Belajar Peserta Didik Kelas I SD Negeri 27 Ampenan. Jurnal Paedagogy, 6(1), 20-26. doi:https://doi.org/10.33394/jp.v6i1.2526

H. Lalu Mukhtar Hully. (2012). Profesi Keguruan Alam Tara Institute Mataram.

Huda Miftahul. (2015). Model-model Pengajaran dan Pembelajaran. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.

Jufri Wahab. (2017). Belajar dan Pembelajaraan Sains Bandung: Pustaka Reka Cipta.

Margono. (2010). Metodologi Penelitian Pendidikan. Jakarta: Rineka Cipta.

Mulyano. (2012). Strategi Pembelajaraan UIN.

Novrizal Ferdy. (2010). Pengaruh Model Pembelajaraan Sains Teknologi Masyarakat (STM) Terhadap Peningkatan Penguasaan Konsep Fisika Pada Usaha Dan Energi Kuasai Eksperimen Jakarta Selatan.

Poedjiadi, A. (2005). Sains Teknologi masyarakat. Bandung: PT. Remaja Rosdakarya.

Rahayu, Diyah, dkk. 2008. Membedakan Pengertian Teknologi Pendidikan Dengan Teknologi Pembelajaran. Jakarta: UIJ.

Rizka, M. A., & Maskun, M. (2018). Pengaruh Pelatihan Tata Boga Terhadap Sikap Berwirausaha Warga Belajar di SKB (Sanggar Kegiatan Belajar) Gerung Kabupaten Lombok Barat Tahun 2016. Transformasi: Jurnal Penelitian dan Pengembangan Pendidikan Non Formal Informal, 3(1).

Sadia, Wayan. (2014). Model-Model Pembelajaraan Sains Konstruktivistik Yogyakarta: Graha Ilmu.

Sanjaya, Wina. (2008). Strategi Pembelajaraan Berorientasi Standar Propses Pendidikan. Jakarta : Kencana Prenada Group.

Sari, Utin Pianita. (2014). Pengaruh Model Pembelajaraan Sains Teknologi Masyarakat Terhadap Aktivitas Dan Hasil Belajar Siswa Hasil.

Setiarini, A. (2016). Meningkatkan Motivasi dan Hasil Belajar Peserta Didik dengan Mengoptimalkan Penerapan Pendekatan Saintifik Strategi Discovery Learning dan Metode Diskusi di SDN Model Mataram. Jurnal Kependidikan: Jurnal Hasil Penelitian dan Kajian Kepustakaan di Bidang Pendidikan, Pengajaran dan Pembelajaran, 2(1). doi:https://doi.org/10.33394/jk.v2i1.390

Sri, Anita. (2009). Media Pembelajaraan. Sukarta : Panitian Sertifikasi Guru Rayon 13 FKIP UNS

Sri, S. N., Rizka, M. A., & Maskun, M. (2018). Pengaruh Pelatihan Hypnoparenting Terhadap Peningkatan Pemahaman Orang Tua dalam Mendidik Anak Usia Dini di Desa Aikmual Kabupaten Lombok Tengah Tahun 2016. Transformasi: Jurnal Penelitian dan Pengembangan Pendidikan Non Formal Informal, 3(1).

Sugiyono. (2013). Statistika untuk Penelitian. Bandung: Alfabeta.

Sujiati, S. (2020). Pembelajaran Kooperatif Berbasis Tutor Sebaya untuk Meningkatkan Hasil Belajar IPA Materi Pesawat Sederhana di SMPN 1 Kayangan. Jurnal Paedagogy, 7(1), 1-8. doi:https://doi.org/10.33394/jp.v7i1.2508

Suprijono, Agus. (2010). Model-Model Pembelajaraan Emansipatoris. Yogyakarta: Pustaka Pelajar

Uci Minasari. (2017). Pengaruh Model Pembelajaran Sains Teknologi Masyarakat (STM) Terhadap Kemampuan Pemahaman Konsep Siswa Pada Pokok Pembahasan Ekosistem MTs Paradigma Palembang.

Yuliati, G. (2018). Peningkatan Hasil Belajar Matematika Siswa Kelas XI IPA 3 SMA Negeri 1 Batukliang Melalui Penggunaan Model Pembelajaran Student Teams Achievement Division. Jurnal Kependidikan: Jurnal Hasil Penelitian dan Kajian Kepustakaan di Bidang Pendidikan, Pengajaran dan Pembelajaran, 4(1), 31-40. doi:https://doi.org/10.33394/jk.v4i1.899




DOI: https://doi.org/10.33394/jp.v8i1.3226

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2021 Gita Lilis Suarni, M A Rizka, Zinnurain

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

Jurnal Paedagogy

ISSN: 2722-4627 (Online)

Published by Fakultas Ilmu Pendidikan dan Psikologi (FIPP)

Universitas Pendidikan Mandalika (UNDIKMA)

Email: [email protected]

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.