Meningkatkan Motivasi Belajar Siswa dengan Menggunakan Metode Kerja Kelompok pada Mata Pelajaran Pendidikan Agama Kristen di SMP Negeri I Totikum Sulawesi Tengah

Jafarhari Papasi

Abstract


This study aims to increase student learning motivation by using group work methods in Christian religious education subjects. This research method uses classroom action research. Subjects in this study were 18 grade students of SMP Negeri I Totikum. The research instrument used tests and observations. While the data analysis technique used qualitative and quantitative descriptive analysis. The results of this study indicate that the learning process using work methods can increase student motivation so that it has a positive impact on the final grades obtained by students. Based on the results of observations in cycle I and cycle II through observing student activity in the learning process and student learning outcomes, it was obtained data that all students liked the way of learning and were motivated to learn using the group work method on the grounds that the learning process was fun and did not make it saturated.


Keywords


Learning Motivation, Group Work.

References


Hamalik, Oemar. (2003). Proses Belajar Mengajar, Jakarta, Bumi Aksara

Hidayat. (2009). Strategi Belajar Mengajar. Jakarta: Rineka Cipta.

Israil, I. (2019). Implementasi Model Pembelajaran Cooperative Learning Tipe STAD untuk Meningkatkan Motivasi Belajar Siswa dalam Pembelajaran IPA di SMP Negeri 1 Kayangan. Jurnal Kependidikan: Jurnal Hasil Penelitian dan Kajian Kepustakaan di Bidang Pendidikan, Pengajaran dan Pembelajaran, 5(2), 117-123. doi:https://doi.org/10.33394/jk.v5i2.1807

Joesafira. (2010). Metode Kerja Kelompok. (Online) dalam http:/ /delsajoesafira .blogspot.com/ 2010/05/metode-kerja-kelompok.html diunduh pada tanggal 5 Februari 2014.

LAI. (2008). Alkitab Terjemahan Baru Indonesia. Lembaga Alkitab Indonesia: Jakarta.

Mudjiono. (1991). Proses Belajar Mengajar. Bandung. Rosda Karya

Muliono, dkk. (1990). Kamus Bahasa Indonesia . Bandung: PT Remaja Rosdakarya.

Nana. (2005). Dasar-dasar Proses Belajar Mengajar, Bandung, Sinar Baru Algesindo

Nurhayati, E. (2019). Penerapan Buku Saku dengan Pendekatan Saintifik untuk Meningkatkan Motivasi dan Hasil Belajar Siswa Pasca Gempa Bumi. Jurnal Kependidikan: Jurnal Hasil Penelitian dan Kajian Kepustakaan di Bidang Pendidikan, Pengajaran dan Pembelajaran, 5(2), 94-99. doi:https://doi.org/10.33394/jk.v5i2.1804

Nurmiati, B. (2020). Meningkatkan Motivasi dan Hasil Belajar Peserta Didik dengan Mengoptimalkan Penerapan Model Discovery Learning di SD Negeri 2 Cakranegara. Jurnal Paedagogy, 6(1), 1-7. doi:https://doi.org/10.33394/jp.v6i1.2523

Roestiyah, NK. (1998). Strategi Belajar dan Mengajar. Jakarta. Rineka Cipta

Roestiyah, NK. (2008). Strategi Belajar dan Mengajar. Jakarta. Rineka Cipta

Rosdiana. (2008). Pengaruh Metode Kerja Kelompok Terhadap Prestasi Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran Akuntansi di SMA Negeri 9 Makassar. Skripsi. Fakultas Ilmu Sosial. Universitas Negeri Makassar. (Online) dalam http://www.dedenbinlaode.web.id/2010/01/meningkatkan-prestasi-belajar.html, diunduh tanggal 10 Maret 2014

Sagala, Syaiful. (2009). Konsep dan Makna Pembelajaran. Bandung. Alfabeta.

Sardiman A.M. (2009). Interaksi Dan Motivasi Belajar Mengajar. Jakarta: PT Rajawali Pres.

Serikandi, B. (2020). Upaya Meningkatan Motivasi Belajar Siswa Melalui Layanan Bimbingan Kelompok di Kelas XII-IIS-1 SMA Negeri 1 Pujut. Jurnal Paedagogy, 7(2), 78-89. doi:https://doi.org/10.33394/jp.v7i2.2498

Slameto. (1994). Pendekatan Dalam Proses Belajar Mengajar. Bandung: Remaja Rosdakarya.

Sudjana. (2001). Metode dan Teknik Pembelajaran Partisipatif. Bandung: Falah Production.

Susmiati, E. (2020). Meningkatkan Motivasi Belajar Bahasa Indonesia Melalui Penerapan Model Discovery Learning dan Media Video Dalam Kondisi Pandemi Covid-19 bagi Siswa SMPN 2 Gangga. Jurnal Paedagogy, 7(3), 210-215. doi:https://doi.org/10.33394/jp.v7i3.2732

Sukasno. (2002). Pembelajaran yang efektif. Jakarta: PT RajaGrfindo Persada.

Surasti, N. (2017). Upaya Meningkatkan Motivasi Belajar Agama Hindu Melalui Penerapan Model Reading Guide Berbasis PAIKEM di Kelas VI di SD Negeri 3 Cakranegara. Jurnal Kependidikan: Jurnal Hasil Penelitian dan Kajian Kepustakaan di Bidang Pendidikan, Pengajaran dan Pembelajaran, 3(2). doi:https://doi.org/10.33394/jk.v3i2.677

Sutikno. (2009). Model Pembelajaran Terpadu dalam Teori dan Praktek. Jakarta: Prestasi




DOI: https://doi.org/10.33394/jp.v7i4.2879

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2020 Jafarhari Papasi

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

Jurnal Paedagogy

ISSN: 2722-4627 (Online)

Published by Fakultas Ilmu Pendidikan dan Psikologi (FIPP)

Universitas Pendidikan Mandalika (UNDIKMA)

Email: [email protected]

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.