Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe STAD dengan Pendekatan Kontekstual bagi Siswa SDN 7 Tentena Sulawesi Tengah
Abstract
Keywords
Full Text:
PDF (BAHASA INDONESIA)References
Antari, I. (2018). Penerapan Pembelajaran Kontekstual (Penelitian Tindakan Kelas pada Materi Mengidentifikasi Teks Drama di Kelas XI MIPA 4 SMAN 1 Mataram). Jurnal Kependidikan: Jurnal Hasil Penelitian dan Kajian Kepustakaan di Bidang Pendidikan, Pengajaran dan Pembelajaran, 4(1), 48-59. doi:https://doi.org/10.33394/jk.v4i1.901
Arikunto, Suharsimi. (2002). Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktek. Jakarta: Rineka Cipta.
Departemen Pendidikan Nasional. (2002). Pendekatan Kontekstual (Contextual Teaching and Learning) Jakarta: Depdiknas.
Djamarah, Syaiful Bahri. (2002). Strategi Belajar Mengajar. Jakarta: PT. Asdi Mahasatya.
Djamarah, SB. (2000). Guru dan Anak Didik Dalam Interaksi Edukatif. Jakarta: Rhineka Putra.
Ghofur, Abdul dkk. (2004). Pedoman Umum Pengembangan Penilaian KBK SMA. Jakarta: Depdiknas
Gulo, W. (2000). Strategi Belajar-Mengajar. Jakarta: PT. Grasindo
Ibrahim, Muslimin, Fida Rachmadiarti, Mohammad Nur, Ismono. (2000). Pembelajaran Kooperatif. Surabaya: Universitas Negeri Surabaya.
Mulyani, N. (2020). Meningkatkan Aktivitas Belajar Peserta Didik pada Mata Pelajaran PAI dan Budi Pekerti Melalui Pembelajaran Kooperatif Model Mind Mapping dalam Bentuk Peta Konsep Kreatif di SMP Negeri 1 Pemenang. Jurnal Paedagogy, 7(3), 244-251. doi:https://doi.org/10.33394/jp.v7i3.2730
Nur dan Wikandari.(1999). Pengajaran Berpusat Kepada Siswa Dan Pendekatan Konstruktivis Dalam Pengajaran. Surabaya: Unipress.
Nyoman Padmi, I. (2018). Peningkatan Aktivitas Pembelajaran Pendidikan Kewarganegaraan Materi Perlindungan dan Penegakan Hukum dengan Metode Kooperatif Tipe STAD Pada Siswa Kelas XII IPS 2 di SMAN 3 Mataram. Jurnal Kependidikan: Jurnal Hasil Penelitian dan Kajian Kepustakaan di Bidang Pendidikan, Pengajaran dan Pembelajaran, 4(2), 151-157. doi:https://doi.org/10.33394/jk.v4i2.1123
Puluhulawa, Gafar. (2001). Pengembangan Dan Uji Coba Perangkat Contextual Teaching And Learning Mata Pelajaran Matematika Pokok Bahasan Lingkaran II. Depdiknas Direktorat Sekolah Lanjutan Tingkat Pertama.
Purwati, N. (2019). Upaya Meningkatkan Motivasi dan Hasil Belajar IPA Siswa Melalui Penerapan Model Pembelajaran STAD di Kelas Vi SD Negeri 42 Mataram. Jurnal Paedagogy, 6(1), 14-19. doi:https://doi.org/10.33394/jp.v6i1.2525
Roestiyah, NK. (1991). Strategi Belajar Mengajar. Jakarta: Rineka Cipta
Sudjana dan Ibrahim. (2001). Penelitian Dan Penilaian Pendidikan. Bandung: Sinar Baru Algesindo.
Usman, Moh. Uzer. (2000). Menjadi Guru Profesional. Bandung: Penerbit PT Remaja Rosdakarya
Wirejati, W. (2019). Peningkatan Mutu Hasil Belajar Siswa Kelas IX.A SMPN 7 Pujut pada Materi Sistem Ekskresi Melalui Pembelajaran Kooperatif Tipe Student Teams Achievement Divisions. Jurnal Paedagogy, 6(2), 59-65. doi:https://doi.org/10.33394/jp.v6i2.2532
DOI: https://doi.org/10.33394/jp.v7i4.2832
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Copyright (c) 2020 Sustin Sumarni Burengge

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Jurnal Paedagogy
ISSN: 2722-4627 (Online)
Published by Fakultas Ilmu Pendidikan dan Psikologi (FIPP)
Universitas Pendidikan Mandalika (UNDIKMA)
Email: [email protected]
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.