BERMAIN BUAH ANGGUR SAMBIL BELAJAR BERHITUNG PADA ANAK USIA 5-6 TAHUN

Ni Ketut Alit Suarti

Abstract


Beberapa hak anak yang merlu mendapat perhatian adalah hak untuk hidup dan memperoleh pendidikan yang layak serta mempunyai kesempatan bermain yang cukup karena dunia anak adalah bermain. Bermain merupakan motivasi intrinsik, menyenangkan, fleksibel, pemain menyadari apa yang sedang terjadi, membutuhkan aktivitas verbal, mental atau fisik, dan anak dapat memilih jenis bermain secara bebas yang diinginkan. Manfaat bermain diantaranya adalah anak menjadi senang, menambah pengetahuan, menstimulasi semua aspek-aspek perkembangan anak seperti aspek kognitif, sosial emosional, fisik motorik, bahasa, dan nilai-nilai moral. Secara umum bentuk bermain yaitu: bermain sosial, bermain sosiodramatis, dan  bermain dengan benda. Bermain dapat menggunakan benda yang ada di sekitar anak, salah satunya adalah buah anggur. Buah anggur disamping enak untuk dimakan juga dapat digunakan untuk bermain sambil mengenalkan berhitung dengan konsep angka, geometri, ukuran, membandingkan, pola, dan mengklasifikasikan. Para orangtua, guru, orang dewasa di sekitar anak, dan para pengasuh mempunyai peran yang sangat besar untuk memaksimalkan potensi yang dimiliki oleh anak dengan memberikan kesempatan untuk bermain dengan berbagai media termasuk buah anggur sambil belajar berhitung dengan beberapa prinsip yaitu: a) dimulai dari menghitung benda, b) berhitung dari yang lebih mudah ke yang sulit, c) anak berpartisispasi aktif dan adanya rangsangan untuk menyelesaikan masalah sendiri, d) suasana yang menyenangkan, e) bahasa yang sederhana dan menggunakan contoh-contoh, f) anak dikelompokan sesuai dengan tahapan berhitungnya, dan g) evaluasi dari awal sampai akhir kegiatan. Dengan media buah anggur anak belajar menghitung dari 1 – 20, buah anggur juga dapat digunakan untuk membuat  bentuk geometri dasar seperti: lingkaran, segi tiga, dan segi empat, belajar mengurut berdasarkan warna seperti merah, hijau, merah, hijau, merah dan seterusnya, anak dapat mencoba mengelompokan antara anggur yang berwarna merah dengan yang berwarna hijau, atau juga mengelompokan yang besarnya hampir sama.


Full Text:

PDF

References


Anna, 2002. http://ecrp.uiuc.edu/index.html, Learning to Guide Preschool Children’s Mathematical Understanding: A Teacher’s Professional Growth.

Brewer, Jo Ann, 2007. Introduction to Early Childhood Education Preschool Through Primary Grades, New York: Pearson.

Carol Seefeldt & Nita Barbour, 1994. Early Chilhood Education An Introduction, New York: Macmillian College Publishing Company.

Cony Semiawan, Cony R.,2002. Belajar Dan Pembelajaran Dalam Taraf Pendidikan Usia Dini (Penddikan Prasekolah dan sekolah Dasar), Jakarta: PT. Ikrar Mandiri Abadi.

Dodge, Diane Trister, Laura J. Colker, Cate Heroman, 2002. Creative Curriculum for Preschool, USA: Teaching Strategies, Inc.

Essa Eva L., 2002. Introduction to Early Childhood Education, Canada: Delmar.

Fadlillah, dkk. 2014. Edutaimment Pendidikan Anak Usia Dini, Jakarta: Kencana.

http://abunyasyamil.multiply.com/journal/item/107.

http:www.mail-archive.com/[email protected]/msg.

Montolalu, dkk, 2005. Bermain dan Permainan Anak, Jakarta, Universitas Terbuka.

Mulyani Novi, 2016. Superasyik Permainan Tradisional Anak Indonesia. Yogyakarta: Diva Press.

Padmonodewo, Soemantri, 2003. Pendidikan Anak Prasekolah, Jakarta: Rineka Cipta.

Papalia, Sally Windkos Olds, Ruth Diskin Feldman, 2007. Human Development, New York: Mc Craw-Hill.

Rogers Cosby S. dan Janet K. Sawyers, 2007. Play in The Live of Children, Washington, DC: National Association for the Education of Young Children, 2007.

Santoso Soegeng, 2002. Pendidikan Anak Usia Dini, Jakarta: Yayasan Citra Pendidikan Indonesia.

Stephanie Frensy, Doris Christensen, Eva Moravcik, 2006. Who Am I In The Lives Of Children, Mexico: Merill Prentice Hall.

Sujiono Yuliani Nurani, Bambang S. 2010. Bermain Kreatif Berbasis Kecerdasan Jamak. Jakarta: PT. Indeks.

Sunar Prasetyono Dwi, Membedah Psikologi Bermain Anak, Jogjakarta: Think, 2007.

Suparno Paul, 2007. Teori Perkembangan Kognitif Jean Piaget, Yogyakarta: Kanisius.

Susanto Ahmad. 2011. Perkembangan Anak Usia Dini: Pengantar Dalam Berbagai Aspek. Jakarta: Kencana Prenada Media Group.

Suyanto, Slamet. 2008. Strategi Pendidikan Anak. Yogyakarta: Hikayat Publisting.

Tedjasaputra, Mayke S., 2001. Bermain, Mainan dan Permainan untuk Pendidikan Anak Usia Dini, Jakarta: Grasindo.

Tina Bruce, and Carolyn Meggitt, 1999. Child Care & Education, Italy: Hodder & Stoughton.

Triharso Agung, 2013. Permainan Kreatif & Edukatif Untuk Anak Usia Dini.Yogyakarta: Andi.




DOI: https://doi.org/10.33394/jp.v5i1.2588

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2020 Ni Ketut Alit Suarti



Jurnal Paedagogy

ISSN: 2722-4627 (Online)

Published by Fakultas Ilmu Pendidikan dan Psikologi (FIPP)

Universitas Pendidikan Mandalika (UNDIKMA)

Email: [email protected]

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.