Implementasi Alat Peraga Edukasi Piplas (Pipet Plastik) untuk Meningkatkan Pemahaman IPA pada Siswa di SMP Negeri 1 Gangga

Siti Nurkhasanah

Abstract


The study aims to increase the understanding of gene concepts and inheritance by providing a more concrete representation of the genes. The design of this research uses the quantitative approach of experimentation. Subjects and objects of study are students of grade IX-5 SMP Negeri 1 Gangga, amounting to 29 not one person until a total of 28 people. This Piplas educational tool is very simple because it only makes use of plastic pipettes used by ice-drinking students. Usually plastic pipettes are used for crafting, but are used to provide a concrete representation of the genes. The results showed that most students are easier to understand the concept of genes, capable of making crosses easily so as to improve learning outcomes. Tests were given before learning obtained an average value of 30.79 and after learning obtained an average value of 69.4 an increase of 125.4%.


Keywords


learning outcomes, understanding

References


Ananda Elok Wardatul Ilmi. (2018). Incer Pendamping Bahan Ajar kurikulum 2013. Ilmu Pengetahuan Alam kelas IX SMP/MTs. PT JePe Press Media Utama. Surabaya

Arumingtyas, Estri Laras. (2016). Genetika Mendel: Prinsip Dasar Pemahaman Ilmu Genetika. Universitas Brawijaya Press.

Budiman, Arif Agung, et al. (2016). "Model Pembelajaran IPA dengan Alat Peraga Sederhana untuk Meningkatkan Pemahaman dan Kreativitas Siswa di MTs Ma’arif Cikeruh, Jatinangor." Dharmakarya 5.1.

Elina, Teti. (2009). EFEKTIVITAS MEDIA COMIC STRIP PADA PEMBELAJARAN MATERI PEWARISAN SIFAT DI SMP N 2 TAMAN KAB. PEMALANG DENGAN PENDEKATAN SAVI (SOMATIS, AUDITORI, VISUAL, INTELEKTUAL). Diss. Universitas Negeri Semarang.

Harto, Budi. (2016). "PENINGKATAN PRESTASI BELAJAR IPA/BIOLOGI MELALUI PENDEKATAN KONSTRUKTIVISME PADA SISWA KELAS IX B SEMESTER II TAHUN 2010/2011 SMP NEGERI 1 BESUKI TULUNGAGUNG." Jurnal Pendidikan Dasar dan Menengah (JUPEDASMEN) 2.2.

Irawan, Bambang. (2019). Genetika: penjelasan mekanisme pewarisan sifat. Airlangga University Press.

_________, (2017). Model Silabus Mata Pelajaran Sekolah Menengah Pertama/ Madrasah Tsanawiyah (SMP/MTs) Mata Pelajran IPA. Kementrian Pendidikan dan Kebudayaan, Jakarta.

_________, KTSP SMP Negeri 1 Gangga Tahun Pelajaran 2019/2020.

Samsuri, Taufik, and Abdul Aziz. "BUKU AJAR BIOLOGI BERBASIS INQUIRI."

Siti Zubaidah. (2018) Buku Guru IPA. Pusat Kurikulum dan Perbukuan Balitbang Kemendikbud. Jakarta.

Siti Zubaidah. (2018) Ilmu Pengetahuan Alam kelas IX Semester 2. Pusat Kurikulum dan Perbukuan Balitbang Kemendikbud. Jakarta.

Sriyanti, Ida, et al. (2018). "PENDAMPINGAN PEMBUATAN ALAT PERAGA IPA SEDERHANA SEBAGAI UPAYA UNTUK MENCIPTAKAN KARYA INOVATIF BAGI GURU-GURU IPA SMP SE-KOTA LUBUKLINGGAU." Jurnal Inovasi dan Pembelajaran Fisika 5.2: 187-192.

Widiyatmoko, A. (2013). Pengembangan perangkat pembelajaran IPA terpadu berkarakter menggunakan pendekatan humanistik berbantu alat peraga murah. Jurnal Pendidikan IPA Indonesia, 2(1).

________, (2017). Media Kreatif Murah Meriah. Direktorat Pembinaan Guru Pendidikan Dasar Direktorat Jendral Guru dan Tenaga Kependidikan Kementrian Pendidikan dan Kebudayaan.

Widiyatmoko, Arif, and S. D. Pamelasari. (2012). "Pembelajaran berbasis proyek untuk mengembangkan alat peraga IPA dengan memanfaatkan bahan bekas pakai." Jurnal Pendidikan IPA Indonesia 1.1.




DOI: https://doi.org/10.33394/jp.v7i2.2504

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2020 Siti Nurkhasanah



Jurnal Paedagogy

ISSN: 2722-4627 (Online)

Published by Fakultas Ilmu Pendidikan dan Psikologi (FIPP)

Universitas Pendidikan Mandalika (UNDIKMA)

Email: [email protected]

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.