Pengaruh Model Discovery Learning Terhadap Keterampilan Berpikir Kritis Siswa SMP Pada Materi Pencemaran Lingkungan

Sastri Novayani, Baiq Asma Nufida, Ratna Azizah Mashami

Abstract


Pembelajaran IPA banyak menyajikan masalah-masalah yang ada dikehidupan sehari-hari misalkan peristiwa pencemaran lingkungan. Setiap orang membutuhkan keterampilan berpikir tingkat tinggi untuk menghadapi setiap masalah dengan baik. Salah satu bentuk keterampilan berpikir tingkat tinggi adalah keterampilan berpikir kritis. Model yang dapat melatih keterampilan berpikir kritis adalah model discovery learning. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui pengaruh model discovery learning terhadap keterampilan berpikir kritis siswa SMP pada materi pencemaran lingkungan. Jenis penelitian ini adalah quasi experimental dengan desain Posttest-only Nonequivalent Control Group Design. Populasi penelitian ini adalah semua kelas VII SMPN 4 Praya Tengah Tahun Pelajaran 2014/2015 yang terdiri atas 2 kelas. Sampel diambil dengan tekhnik sampling jenuh sehingga semua populasi dijadikan sampel. Data hasil penelitian dianalisis menggunakan uji-t pada taraf signifikansi 5 % dengan bantuan SPSS 16.0 For Windows. Hasil analisis diperoleh nilai signifikan data keterampilan berpikir kritis sebesar 0,034. Hal ini menunjukkan bahwa ada pengaruh model discovery learning terhadap keterampilan berpikir kritis siswa pada materi pencemaran lingkungan.


Keywords


Discovery Learning dan Keterampilan Berpikir Kritis

Full Text:

PDF

References


Depdiknas. 2005. Landasan Teori dalam Pengembangan Metode Pengajaran. Materi Pelatihan Terintegrasi Ilmu Pengetahuan Alam. Jakarta: Depdiknas Dirjen Pendasmen Direktorat Pend. Lanjutan Pertama.

Dewi, C. 2014. Pengembangan Perangkat Ajar IPA Terpadu untuk Kelas VIII Dengan Model Pembelajaran Discovery Learning Pada Materi Zat Aditif. Universitas Jambi. http://ecampus.fkip.unja.ac.id/eskripsi/data/pdf/ jurnal mhs /artikel/RSA1C110008.pdf, Diakses tanggal 30 Oktober 2014.

Hamalik, O. 2011. Kurikulum dan Pembelajaran. Jakarta: Bumi Aksara.

Herianingtyas, N. 2014. Implementasi Pendekatan Saintifik Melalui Discovery Learning Dalam Peningkatan Keterampilan Berpikir Kritis Pembelajaran IPA di Kelas IV SD. Universitas Negeri Surakarta. http://jurnal.fkip.uns.ac.id/index.php/pgsdkebumen/article/download/5279/3727. Diakses Pada 11 April 2015.

Johnson, E. 2011. CTL Contextual Teaching & Learning. Bandung: Kaifa.

Pratiwi, F.2014. Pengaruh Penggunaan Model Discovery Learning Dengan Pendekatan Saintifik Terhadap Keterampilan Berpikir Kritis Siswa SMA. Universitas Tanjungpura Pontianak. [online].Tersedia: http://jurnal.untan .ac.id/index.php/jpdpb/article/viewFile/6488/6712.24 November 2014.

Roestiyah, 2008. Strategi Belajar Mengajar. Jakarta: Rineka Cipta.

Slavin, R. 2005. Cooperative Learning Teory, Riset dan Praktik diterjemahkan oleh Narilita Yusron. Bandung: Nusa Media.




DOI: https://doi.org/10.33394/hjkk.v3i1.669

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.