Pengembangan Bahan Ajar Berbasis KAPRA Pada Materi Larutan Asam Basa Untuk Kelas XI SMA / MA

Ni Nyoman Ari Apriyani, Citra Ayu Dewi

Abstract


Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui bentuk dan kelayakan Pengembangan Bahan Ajar Berbasis KAPRA Pada Materi Larutan Asam Basa Untuk Kelas XI SMA/MA yang telah dikembangkan. Model pengembangan yang digunakan adalah model pengembangan konseptual ADDIE yang dikembangkan oleh Reiser dan Mollendayang dibatasi pada tiga tahap yaitu 1) tahap analyze, bertujuan untuk mengidentifikasi dan mengembangkan pemahaman yang jelas tentang kebutuhan peserta didik 2) tahap perancangan (Design) bertujuan untuk menyiapkan perancangan bahan ajar berbasis KAPRA 3) tahap pengembangan (Develop) bertujuan untuk menghasilkan bahan ajar berbasis KAPRA berupa modulĀ  yang sudah direvisi berdasarkan masukan dari uji ahli validasi, uji praktisi, dan uji terbatas. Bahan ajar yang dikembangkan berupa Modul Kimia pada materi larutan asam basa dan divalidasi oleh 2 validator ahli dan validasi praktisi oleh 2 guru mata pelajaran kimia menggunakan instrumen validasi berupa angket serta diujicoba kepada 10 orang siswa SMA Negeri 6 Mataram. Hasil penelitian menunjukan bahwa Pengembangan Bahan Ajar Berbasis KAPRA Pada Materi Larutan Asam Basa Untuk Kelas XI SMA/MA ini sangat layak digunakan, terbukti dengan skor penilaian validasi ahli sebesar 90,90%, validasi praktisi oleh guru kimia sebesar 86,25% dan hasil uji coba terbatas siswa sebesar 81,47%.


Keywords


Bahan ajar, KAPRA, Asam-Basa

Full Text:

PDF

References


Ali, Herson. 2014. Pengembangan Bahan Ajar Kimia Berbasis Cerpen Untuk Sma / Ma Kelas X Semester Genap (skirpsi). IKIP Mataram.

Brady, E James. Tanpa tahun. Kimia Universitas Asas & Struktur, Jilid 1. Binapura Aksara Publisher.

Indrayani, Putu. Tanpa Tahun. Analisis Pemahaman Makroskopik, Mikroskopik, dan Simbolik Titrasi Asam-Basa Siswa Kelas XI IPA SMA serta Upaya Perbaikannya dengan Pendekatan Mikroskopik (artikel).Universitas Negeri Malang.

Juan, Rizky Arnadi., Rahayu, Sri., dan Prayitno. 2012. Efektifitas Model Pembelajaran KAPRA pada materi asam basa dalam meningkatkan prestasi belaja siswa kelas XI IPA SMA (artikel).Universitas Negeri Malang.

Kadhafi, Rizky., Fajaroh, Fauziatul., dan Afandy, Dermawan.Tanpa Tahun. Pengembangan Modul Kesetimbangan Kimia Berbasis Inkuiri Terbimbing (Guided Inquiry) Untuk SMK (artikel). Universitas Negeri Malang.

Molenda,Michael.2003.In Search of the Elusive ADDIE Model.Published in slightly amended form in Performance Improvement.

Ningtiyas, Pitriya., dan Siswaya, Heri. 2012.Penggunaan Metode Kooperatif Tipe TGT Dilengkapi Modul dan LKS ditinjaudari aktivitas siswa. Jurnal Penelitian Pembelajaran Fisika. Vol 3. No 1 April 2012. Hal.51-58.

Purba, Micheal. 2006. Kimia Untuk SMA Kelas X. Jakarta : Erlangga.

Rusmiati, I Gusti Ayu., Santyasa I Wayan., dan Warpala, Wayan Sukra. 2013.Pengembangan Modul IPA Dengan Pendekatan Kontekstual Untuk Kelas V SD Negeri 2 SemarapuraTengah (artikel). Vol 2013. Universitas Pendidikan Ganesha Singaraja, Indonesia.

Svein, Arne Sikko., Lyngyed Ragnhild., dan Pepin Birgit. 2011. Working with Mathematics and Science teachers on inquiry-based learning (IBL). Acta Didactica Norge(journal). Vol 6. No 1.PP 17.

Tarini Mawantia, Fauziatul Fajaroh, Dermawan Afandy. Tanpa Tahun. Pengembangan Modul Berbasis Inkuiri Terbimbing (Guided Inquiry) Pada Pokok Bahasan Reaksi Oksidasi Reduksi Untuk Siswa SMK Kelas X (artikel). Universitas Negeri Malang.




DOI: https://doi.org/10.33394/hjkk.v3i1.667

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.