Pengembangan Bahan Ajar KAPRA Berbasis Literasi Sains Pada Materi Laju Reaksi Untuk Kelas XI SMA / MA
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bentuk dan kelayakan bahan ajar KAPRA berbasis literasi sains pada materi laju reaksi untuk SMA/MA kelas XI yang telah dikembangkan. Model pengembangan yang digunakan dalam penelitian ini adalah 4-D yang terbatas pada tahap define, design, dan develop, dan tidak sampai tahap disseminate dengan beberapa penyesuaian berdasarkan kebutuhan pengembangan. Hasil dari penelitian ini adalah sebuah produk yaitu Modul KAPRA berbasis Literasi Sains yang mengacu pada silabus kurikulum 2006. Hal ini ditunjukkan dari hasil validasi ahli oleh dosen kimia terhadap modul laju reaksi menunjukkan persentase 86,35% yang berarti sangat layak, hasil penilaian guru diperoleh persentase sebesar 98,75% dan pada ujicoba kelompok terbatas terhadap 10 orang siswa SMAN 1 Gunungsari diperoleh rata-rata persentase kelayakan sebesar 85,42% dengan kriteria sangat layak. Dilihat dari persentase uji kelayakan bahwa produk pengembangan bahan ajar berupa modul yang dikembangkan layak untuk digunakan dan produk yang dikembangkan layak untuk dipakai di SMA khususnya di SMAN 1 Gunungsari.
Keywords
Full Text:
PDFReferences
BNSP. 2006. Pengembangan Bahan Ajar Kimia Berbasis Cerpen Untuk Sma / Ma Kelas X Semester Genap (skirpsi). IKIP MATARAM
Kirna, I Made. 2009. Determinasi Poposisi Pembelajaran Pemahaman Konsep Kimia Melalui Implementasi Pembelajaran Sinkronisasi Kajian Makroskopis dan Submikroskois. Jurnal Pendidikan dan Pengajaran. Jilid 43. No.3. Hal 185- 191
Purba, Micheal. 2006. Kimia Untuk SMA Kelas X. Jakarta : Erlangga
Rahayu., Setyosari., dan Prayitno. 2006. Efektifitas Model Pembelajaran KAPRA pada materi asam basa dalam meningkatkan prestasi belajar siswa kelas XI IPA SMA (artikel).Universitas Negeri Malang.
Rizky, A., Sri R., dan Prayitno. 2012. Efektifitas Model Pembelajaran KAPRA pada materi asam basa dalam meningkatkan prestosi belajar siswa kelas XI IPA SMA (artikel). Universitas Negeri Malang.
Rizky Kadhafi, Fauziatul Fajaroh, Dermawan Afandy. Tanpa Tahun. Pengembangan Modul Kesetimbangan Kimia Berbasis Inkuiri Terbimbing (Guided Inquiry) Untuk SMK (artikel).Universitas Negeri Malang
Suryati.2013. Pengaruh Model Pembelajaran LC Dipadu Diagram Alir Terhadap Kualitas Proses Dan Hasil Belajar Kimia Siswa.Jurnal Kependidikan Kimia “Hydrogen” (jurnal).Vol.1.No.1. ISSN :2338-6480. Dosen Program Studi Pendidikan Kimia IKIP Mataram
DOI: https://doi.org/10.33394/hjkk.v3i1.663
Refbacks
- There are currently no refbacks.

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.