Development of E-LKPD Using POE-Based Liveworksheets on Acid-Base Concept
Abstract
Keywords
Full Text:
PDFReferences
Adha, N.W., Situmorang, M dan Muchtar, Z. (2016). Pengembangan bahan ajar kimia inovatif berbasis multimedia untuk meningkatkan hasil belajar siswa pada pengajaran termokimia. Jurnal Pendidikan Kimia, 8(3), 169-177.
Departemen Pendidikan Nasional. (2008). Panduan Pengembangan Bahan Ajar. Jakarta: Departemen Pendidikan Nasional Direktorat Jenderal Manajemen Pendidikan Dasar dan Menengah Direktorat Pembinaan Sekolah Menengah Atas.
Fatimatuzzohrah, S.A., Jufri, W dan Mertha, I.W. (2020). Efektivitas penerapan model pembelajaran poe (predict-observe-explain) untuk meningkatkan penguasaan konsep IPA. Jurnal Pijar MIPA, 15(4): 351-356.
Izza, R.I., Nurhamidah, dan Elvinawati. (2021). Analisis miskonsepsi siswa menggunakan tes diagnostik berbantuan CRI (certainty of response index) pada pokok bahasan asam basa. Jurnal Pendidikan dan Ilmu Kimia, 5(1): 55-63.
Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan. (2017). Silabus Mata Pelajaran Kimia Sekolah Menengah Atas/Madrasah Aliyah (SMA/MA). Jakarta: Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan.
Muna, I.A. (2017). Model pembelajaran POE (predict-observe-explain) dalam meningkatkan pemahaman konsep dan keterampilan proses IPA. Jurnal Studi Agama, 5(1): 74-91
Nurlina, N dan Bahri, A. (2021). Teori Belajar dan Pembelajaran. Makassar: LPP UNISMUH
Olivia, C.T dan Muchlis. (2021). Pengembangan LKPD berbasis predict-observe-explain untuk melatihkan berpikir kritis peserta didik pada materi daya hantar listrik larutan. Jurnal Pendidikan Kimia Undiksha, 5(1): 27-36.
Prastowo, A. (2015). Panduan Kreatif Membuat Bahan Ajar Inovatif. Yogyakarta: Diva Press.
Puspita, V dan Dewi, I.K. (2021). Efektifitas E-LKPD berbasis pendekatan investigas terhadap kemampuan berfikir kritis siswa sekolah dasar. Jurnal Pendidikan Matematika, 5(1): 86-96.
Ramdoniati, N., Muntari., dan Hadisaputra, S. (2019). Pengembangan bahan ajar kimia berbasis problem based learning untuk meningkatkan keterampilan metakognisi. Jurnal Penelitian Pendidikan IPA, 5(1): 27-33.
Riduwan. (2012). Dasar - Dasar Statistika. Bandung: Alfabeta.
Santhiy., Mulyani, B dan Utami, B. (2015). Penerapan model pembelajaran predict-observe-explain (POE) untuk meningkatkan aktivitas dan prestasi belajar siswa pada materi pokok larutan penyangga kelas XI MIPA 1 SMA Negeri 2 Sukoharjo tahun pelajaran 2014/2015. Jurnal Pendidikan Kimia 4(4): 139-146
Sugiyono. 2017. Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung: Alfabeta.
Yamasari, Y. (2010). Pengembangan media pembelajaran matematika berbasis ICT yang berkualitas. Seminar Nasional Pascasarjana X-ITS ISBN No. 979-545-0270-1. Surabaya. FMIPA UNESA.
Yuberti. (2014). Teori Pembelajaran dan Pengembangan Bahan Ajar Dalam Pendidikan. Bandar Lampung: Anugrah Utama Raharja (AURA)
DOI: https://doi.org/10.33394/hjkk.v11i1.5596
Refbacks
- There are currently no refbacks.

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.