The Effectiveness of a Local Wisdom-Based Science E-Module on Students’ Learning Outcomes in Additive Substances
Abstract
Keywords
Full Text:
PDFReferences
Budinarianti, E., & Susiyawati, E. (2024). Pembelajaran IPA Berbasis Socioscientific Issueglobal Warming untuk Meningkatkan Argumentasi Siswa SMP. BIOCHEPHY: Journal of Science Education, 4(2), 585-591.
Choiriyah, I. N., Masriani, M., Rasmawan, R., Erlina, E., & Sartika, R. P. (2022). Pengaruh Model Problem Based Learning (PBL) Terhadap Hasil Belajar Siswa Pada Materi Elektrokimia. Hydrogen: Jurnal Kependidikan Kimia, 10(2), 162-173.
Harjanto, A., Sumargono, S., & Suroto, S. (2021). Bahan Ajar Tematik Integratif Kearifan Lokal Berbasis Kvisoft Flipbook Maker Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa SD. Lentera: Jurnal Ilmiah Kependidikan, 14(1), 173-184.
Harmoko, H., & Darmansyah, E. (2020). Eksistensi Usaha Mikro Kecil (UMK) Pengolahan Hasil Perikanan di Kabupaten Sambas. Jurnal Hexagro, 4(2), 456531.
Idayanti, Z., & Suleman, M. A. (2024). E-Modul sebagai Bahan Ajar Mandiri untuk Meningkatkan Hasil Belajar Peserta Didik. Jurnal Penelitian dan Pengembangan Pendidikan, 8(1), 127-133.
Rahmadini, R., Marneli, D., Mardatillah, A., Delfita, R., & Syafitri, M. (2024). Efektifitas Modul Biologi Terintegrasi Kearifan Lokal Minangkabau Berbantuan Model Problem Based Learning (PBL). Edusainstika: Jurnal Pembelajaran MIPA, 4(2), 68-72.
Kumalasari, N., Fathurohman, I., & Fakhriyah, F. (2023). Pengembangan E-Modul Berbasis Kearifan Lokal Daerah Grobogan untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Sekolah Dasar. Jurnal Paedagogy, 10(2), 554-563.
Lestari, V., Sahputra, R., Rasmawan, R., Enawaty, E., & Sartika, R. P. (2022). Pengaruh Metode Pembelajaran Problem Solving Terhadap Hasil Belajar Siswa Materi Ikatan Kimia Kelas X MIPA SMA. Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran Khatulistiwa (JPPK), 11(9), 1540-1549.
Lidi, M. W., Wae, V. P. S. M., & Kaleka, M. B. U. (2022). Implementasi Etnosains dalam Pembelajaran IPA untuk Mewujudkan Merdeka Belajar di Kabupaten Ende. OPTIKA: Jurnal Pendidikan Fisika, 6(2), 206-216.
Sapitri, R. D., Hadisaputra, S., & Junaidi, E. (2020). Pengaruh Penerapan Praktikum Berbasis Kearifan Lokal Terhadap Keterampilan Literasi Sains dan Hasil Belajar. Jurnal Pijar MIPA, 15(2), 122-129.
Setemen, K. (2018). Pengembangan Dan Pengujian Validitas Butir Instrumen Kecerdasan Logis-Matematis. Jurnal Pendidikan Teknologi Dan Kejuruan, 15(2), 178-187.
Setyarini, E. H., Mudiono, A., & Utama, C. (2022). Analisis Pentingnya Media dalam Pembelajaran untuk Meningkatkan Hasil Belajar IPA di Sekolah Dasar. Jurnal Ilmiah Global Education, 3(2), 205-210.
Sugiyono. (2012). Metode Penelitian Pendidikan Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung: Alfabeta.
Sukarelawan, M. I., Indratno, T. K., & Ayu, S. M. (2024). N-Gain vs Stacking: Analisis Perubahan Abilitas Peserta Didik dalam Desain One Group Pretest-Posttest (1st ed.). Yogyakarta: Suryacahya.
Suttrisno, S., Riyanto, Y., & Subroto, W. T. (2020). Pengaruh Model Value Clarification Technique (Vct) Berbasis Kearifan Lokal Terhadap Motivasi Belajar dan Hasil Belajar Siswa. Naturalistic: Jurnal Kajian dan Penelitian Pendidikan dan Pembelajaran, 5(1), 718-729.
Syofyan, H. (2023). Integrasi Pendidikan Karakter dalam Pembelajaran IPA menuju Pembentukan Profil Pelajar Pancasila. Yogyakarta: Deepublish.
Widiastuti, N. L. G. K. (2021). E-Modul dengan Pendekatan Kontekstual Pada Mata Pelajaran IPA. Jurnal Ilmiah Pendidikan Dan Pembelajaran, 5(3), 435-445.
Widyaningrum, D. A., Prasmala, E. R., & Qomariyah, I. N. (2020). Pengenalan Zat Aditif Pada Makanan di SDN Purwosari 3. Jurnal ABDINUS: Jurnal Pengabdian Nusantara, 4(1), 131-138.
Zahro, F., & Fauziah, A. N. M. (2024, April). Peran dan Tantangan Guru IPA dalam Pengimplementasian Kurikulum Merdeka untuk Konservasi Alam dan Kearifan Lokal. In Prosiding Seminar Nasional Pendidikan IPA (Vol. 1, No. 1, pp. 14-21). Surabaya, Indonesia: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam, Universitas Negeri Surabaya
DOI: https://doi.org/10.33394/hjkk.v13i2.15411
Refbacks
- There are currently no refbacks.

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.