Chem-USG Learning Media to Increase Students' Learning Interest in High School Chemical Equilibrium Material: A Case Study
Abstract
Keywords
Full Text:
PDFReferences
Aldi, S., Adnan, Ismail, & Dzulqarnain, A. F. (2022). Uji Kepraktisan Lembar Kerja Peserta Didik Elektronik Berbasis Keterampilan Proses Sains pada Materi SMA/MA Kelas XI Semester I . Bioedusiana Vol. 7 No.1, 135.
Ariski, D., & Prasetya, S. P. (2018). Pengembangan Permainan Uno Stacko Geography (USG) sebagai Media Pembelajaran Geografi pada Materi Mitigasi Bencana Alam Kelas XI IPS SMA Negeri 16 Surabaya. Swara Bhumi Vol. 5 No. 8, 4.
Camelia, B., Khairunnisa, Y., & Sauqina. (2024). Pengembangan Media Pembelajaran Uno Stacko pada Sub Materi Mengenal Matahari Lebih Dekat untuk Meningkatkan Motivasi Belajar Peserta Didik. Eduproxima: Jurnal Ilmiah Pendidikan IPA, 185-194.
Fakhrurrazi. (2018). Hakikat Pembelajaran yang Efektif. Jurnal At-Tafkir Vol.XI, No.1, 86-90.
Falah, B. N. (2019). Pengaruh Gaya Belajar Siswa dan Minat Belajar Matematika Siswa Terhadap Hasil Belajar Matematika Siswa. Jurnal Euclid, Vol.6, No.1, 25-27.
Friantini, R. N., & Winata, R. (2019). Analisis Minat Belajar pada Pembelajaran Matematika. Jurnal Pendidikan Matematika Indonesia Vol.4, No.1, 6-11.
Handini, W. P., & Asmarani, D. (2024). Pengembangan Media Uno Stacko yang Valid dan Praktis dalam Pembelajaran Matematika. Jurnal Pendidikan Matematika Vol.11 No.1, 56.
Korompot, S., Rahim, M., & Pakaya, R. (2020). Persepsi Siswa Tentang Faktor yang Mempengaruhi Minat Belajar. Jambura Guidance and Counseling Journal Vol. 1, No.1, 41-42.
Kumala, S. A., Sumarni, R. A., & Widiyatun, F. (2020). Pengembangan Media Pembelajaran Menggunakan Uno Stacko pada Materi Fisika Kelas X. Navigation Physics 2(1), 14-20.
Lalita, C. D., Haryadi, R., & Oktarisa, Y. (2023). Pengembangan Game Uno Stacko Physics untuk Meningkatkan Minat Belajar Fisika. Cendekia: Jurnal Pendidikan dan Pengajaran Vol. 1, No.5, 13-23.
Larasati, M. S., & Prihatnani, E. (2018). Pengembangan Media Pembelajaran USH (Uno Stacko Hitung). EDU-MAT: Jurnal Pendidikan Matematika, Vol. 6, No. 2, 150-161.
Lestari, D., & Purwandari. (2018). Pengembangan permainan Uno Staco sebagai media pembelajaran untuk meningkatkan kerja sama dan kemampuan berfikir kritis siswa pada materi kalor kelas XI TKR 1 SMKN 1 Jiwan. Prosiding Seminar Nasional Quantum Pend. Fisika (pp. 145-149). Yogyakarta: Universitas Ahmad Dahlan.
Lutfi, A., & Nugroho P, A. (2019). Minat Belajar dan Keberhasilan Belajar Partikel Penyusun Atom dengan Media Pembelajaran Permainan Chem Man. Jurnal Pembelajaran Kimia Vol.4, No.1, 39-50.
Lutfi, A., Aftinia, F., & Permani, B. E. (2023). Gamification: Game as a medium for learning chemistry to motivate and increase retention of students’ learning outcomes. Journal of Technology and Science Education, 13(1), 193-207.
Nadila, Enawaty, E., Erlina, & Masriani. (2024). Kartu Permainan Kimia sebagai Media Alternatif untuk Belajar: Tinjauan Literatur. Hydrogen: Jurnal Kependidikan Kimia, 12(5), 1047-1066.
Najibah, A. (2023). Pengaruh Minat, Kepercayaan Diri, dan Kreativitas terhadap Prestasi Belajar Peserta Didik Kelas XI MIA di SMA Muhammadiyah 06 Paciran. Postulat: Jurnal Inovasi Pendidikan Matematika Vol. 4, No.1, 152-161.
Renatha, G. T., & Rosdiana, L. (2020). Validitas Permainan Kartu Truth and Dare Materi Pencemaran Lingkungan untuk Siswa SMP Kelas VII. Pensa E-Jurnal: Pendidikan Sains Vol.8, No.2, 145.
Riduwan. (2015). Skala Pengukuran Variabel-Variabel Penelitian. Bandung: Alfabeta.
Rusmiati. (2017). Pengaruh Minat Belajar terhadap Prestasi Belajar Bidang Studi Ekonomi Siswa MA Al Fattah Sumbermulyo. UTILITY: Jurnal Ilmiah Pendidikan dan Ekonomi, 21-36.
Sili, J. U., Kurniasih, Y., Nufida, B. A., & Khery, Y. (2024). Development of Nature-Based Practical Instructions to Improve Science Process Skills in Class XI MIA Acid-Base Material. Jurnal Ilmu Sosial dan Pendidikan Vol. 8, No.3, 2025-2033.
Simarmata, T., Selly, R., Sari, S. A., Jasmidi, & Zubir, M. (2024). Pengaruh Model Pembelajaran Learning Cycle 5E Berbantuan Media I-Spring terhadap Hasil dan Minat Belajar Siswa pada Materi Kesetimbangan Kimia. Jurnal Pendidikan Kimia Universitas Riau, 9(2), 116-125.
Sugiyono. (2019). Metode Penelitian Pendidikan. Bandung: Alfabeta.
Supriyono. (2022). Pentingnya Media Pembelajaran untuk Meningkatkan Minat Belajar Siswa SD. EduStream: Jurnal Pendidikan Dasar, 2(1), 43-48.
Tafonao, T. (2018). Peranan Media Pembelajaran dalam Meningkatkan Minat Belajar Mahasiswa. Jurnal Komunikasi Pendidikan, Vol.2 No.2, 103-105.
Vinanda, A. M., Enawaty, E., & Melati, H. A. (2021). Development of Uno Stacko Chemistry Media on Hydrocarbon Material. Jurnal Education and Development, Vol. 10, No.1, 51-59.
DOI: https://doi.org/10.33394/hjkk.v13i2.15128
Refbacks
- There are currently no refbacks.

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.