Development of Water Purification Video as Teaching Material for Middle School Chemistry Course
Abstract
Keywords
Full Text:
PDFReferences
Alfian, & Fatonah, K. (2020). Analisis Kesalahan Penggunaan Kalimat Baku dan Kalimat Efektif dalam Karangan Argumentasi Siswa SMA Kelas XII PPLS di BKB Nurul Fikri Kranggan Bekasi. Eduscience : Jurnal Ilmu Pendidikan, 5(2), 58–72.
Alga, R. K., Hsb, A. A. A., Azhara, S., Hakim, E. herliza, Afia, N., & Yusnaldi, E. (2024). Pemanfaatan Media Pembelajaran Digital: Meningkatkan Minat Belajar IPS di Sekolah Dasar Melalui Presentasi Interaktif dan Video Animasi Riska. Continuous Education : Journal of Science and Research, 5(3), 200–212.
Anugrah, M. R., Putrihadiningrum, D. C., Rahmawati, F., & Maghdalena, A. (2023). Pengabdian Masyarakat Penyaringan Air Menggunakan Alat Sederhana untuk Meningkatkan Kejernihan Air di Desa Kedungpeluk Sidoarjo. Nusantara Community Empowerment Review, 1(1), 1–8. https://doi.org/10.55732/ncer.v1i1.754
Apriliani, F., Erlina, E., Melati, H. A., Sartika, R. P., & Lestari, I. (2022). Pengembangan Video Gaya Antarmolekul Berbasis Multipel Representasi untuk Mengatasi Miskonsepsi. Jurnal Pendidikan Sains Indonesia, 10(4), 790–802. https://doi.org/10.24815/jpsi.v10i4.25890
Batubara, H. H., & Ariani, D. N. (2016). Pemanfaatan Video sebagai Media Pembelajaran Matematika SD/MI. MUALLIMUNA: Jurnal Madrasah Ibtidaiyah, 2(1), 47–66.
Danial, M. M., & Purnaini, R. (2024). Penambahan Media Kapas Pada Multi Tray Aerator Untuk Pengolahan Air Sungai Sepakat 2 Untuk Mengurangi Kadar Besi ( Fe ) Sebagai Pretreatment Pada Sistem Desalinasi. Jurnal Teknologi Lingkungan Lahan Basah, 12(4), 910–916.
Devianty, R., Indonesia, T. B., Islam, U., & Sumatera, N. (2021). Penggunaan Kata Baku dan Tidak Baku dalam Bahasa Indonesia. 1(2), 121–132.
Dewi, P. D. P., & Suniasih, N. W. (2022). Media Video Pembelajaran Matematika Berbasis Etnomatematika pada Muatan Materi Pengenalan Bangun Datar A R T I C L E I N F O. Jurnal Edutech Undiksha, 10(1), 156–166. https://doi.org/10.23887/jeu.v10i1.44775
Dristyan, F., Syahputra, H., & Syahputra, G. (2018). Pengenalan Internet Dan Jaringan Pada Siswa Sman 1 Air Joman. Jurdimas (Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat) Royal, 1(2), 81–86. https://doi.org/10.33330/jurdimas.v1i2.116
Ersando, Muharini, R., Lestari, I., Putra Sartika, R., & Rasmawan, R. (2022). Pengembangan E-Modul Pemisahan Senyawa Fenolik dari Fraksi Simpur Air dengan Teknik Kromatografi Lapis Tipis (KLT) Preparatif Sebagai. Hydrogen: Jurnal Kependidikan Kimia, 10(2), 2656–3061. http://ojs.undikma.ac.id/index.php/hydrogen/
Fadilah, A., Nurzakiyah, K. R., Kanya, N. A., Hidayat, S. P., & Setiawan, U. (2023). Pengertian Media, Tujuan, Fungsi, Manfaat dan Urgensi Media Pembelajaran. Journal of Student Research (JSR), 1(2), 1–17.
Fajriaty, R., Riyanti, A., & Marhadi, M. (2023). Pengaruh Penggunaan Biochar Dan Aerasi Untuk Pengolahan Air Limbah Domestik. Structure, 5(1), 7. https://doi.org/10.31000/civil.v5i1.8262
Fardilah, E., Ariza, H., & Sufyan, M. (2023). Implementasi Metode Ceramah Dalam Meningkatkan Hasil Belajar Mata Pelajaran Pendidikan Agama Islam Di Sman 1 Lareh Sago Halaban. IRJE: JURNAL ILMU PENDIDIKAN, 3(1), 747–754.
Fatmadiwi, A., Hairida, H., Sartika, R. P., Melati, H. A., & Rasmawan, R. (2021). Pengembangan Video Pembelajaran pada Konsep Asesmen Autentik untuk Mahasiswa. Edukatif : Jurnal Ilmu Pendidikan, 4(1), 266–277. https://doi.org/10.31004/edukatif.v4i1.1322
Fitriyani, K., & Mukhlish, M. (2021). Kalimat Imperatif dalam Teks Prosedur. Deiksis, 13(3), 241. https://doi.org/10.30998/deiksis.v13i3.7024
Junanto, T., & Sartika, R. P. (2023). Pengembangan Model Pembelajaran Sains Berorientasi Literasi Sains bagi Mahasiswa Calon Guru Kimia. Hydrogen: Jurnal Kependidikan Kimia, 11(5), 759. https://doi.org/10.33394/hjkk.v11i5.8886
Kurniasih, D., & Fadhilah, R. (2016). Pelatihan Pembuatan Alat Penjernihan Air Pada Masyarakat Kecamatan Sebawi Kabupaten Sambas. Buletin Al Ribaath, 13(1), 11–14.
Lyanda, D., Halim, R. M. N., & Syakti, F. (2023). Media Pembelajaran Animasi 3D Sistem Tata Surya Menggunakan Metode ADDIE. Jurnal Teknologi Dan Sistem Informasi Bisnis, 5(4), 528–533. https://doi.org/10.47233/jteksis.v5i4.1037
Maydiantoro, A. (2020). Research Model Development: Brief Literature Review. Jurnal Pengembangan Profesi Pendidik Indonesia (JPPP), 3(2), 29–35.
Panggabean, F., Simanjuntak, M. P., Florenza, M., Sinaga, L., & Rahmadani, S. (2021). Analisis Peran Media Video Pembelajaran Dalam Meningkatkan Hasil Belajar IPA SMP. Jurnal Pendidikan Pembelajaran IPA Indonesia (JPPIPAI), 2(1), 7–12.
Puspita, W., Sujana, A., & Sunaengsih, C. (2024). Pengembangan Media Healing Maps untuk Siswa SD Kelas IV pada Materi Penjernihan Air Sederhana. Jurnal Kependidikan, 13(2), 2165–2178. https://jurnaldidaktika.org
Serungke, M., Sibuea, P., Azzahra, A., Fadillah, M. A., Rahmadani, S., & Arian, R. (2024). Penggunaan Media Audio Visual dalam Pembelajaran Istima’. Edu Journal Innovation in Learning and Education, 2(1), 31–39. https://doi.org/10.55352/edu.v2i1.934
Susanti, E., Harta, R., Karyana, A., & Halimah, M. (2018). Desain Video Pembelajaran Yang Efektif Pada Pendidikan Jarak Jauh: Studi Di Universitas Terbuka. Jurnal Pendidikan Dan Kebudayaan, 3(2), 167–185. https://doi.org/10.24832/jpnk.v3i2.929
Umar, S., Jannah Baturante, N., Rahman, N. A., Ahmar, D. S., Khairun, U., & Tadulako, U. (2023). Pengembangan E-Modul Interaktif Praktikum Kimia Ramah Lingkungan untuk Meningkatkan Pemahaman Konsep Kimia Siswa. Journal On Teacher Education, 5(2), 218–224.
Utami, D. F., Fredella, E., Putri, S. S., Maisyaroh, H., Santi, A., & Sholehah, P. (2024). Dampak Kebisingan Suara Kendaraan Terhadap Konsentrasi Belajar Mahasiswa Pgmi Semester 5. Jurnal Ilmiah Kajian Multidisipliner, 8(10), 128–133.
Utomo, A. Y., & Ratnawati, D. (2018). Pengembangan Video Tutorial Dalam Pembelajaran Sistem Pengapian Di Smk. Taman Vokasi, 6(1), 68. https://doi.org/10.30738/jtvok.v6i1.2839
Waruwu, M. (2024). Metode Penelitian dan Pengembangan (R&D): Konsep, Jenis, Tahapan dan Kelebihan. Jurnal Ilmiah Profesi Pendidikan, 9(2), 1220–1230. https://doi.org/10.29303/jipp.v9i2.2141
Wulandari, D. (2022). Metode Pembelajaran Dalam Meningkatkan Keaktifan Belajar. Aksioma Ad-Diniyah, 10(1). https://doi.org/10.55171/jad.v10i1.690
Yulis, P. A. R., & Fauziah, N. (2024). Analisis Kebutuhan Pengembangan Prototype e-Modul Kimia Hijau Terintegrasi TPACK (Technological Pedagogical Content Knowledge). Hydrogen: Jurnal Kependidikan Kimia, 12(December), 1477–1495.
Yunita, E., & Suprapto, N. (2021). Analisis Kelayakan Video Pembelajaran Fisika Berbasis Platform Youtube pada Materi Usaha dan Energi. IPF: Inovasi Pendidikan Fisika, 10(1), 21–31. https://doi.org/10.26740/ipf.v10n1.p21-31
DOI: https://doi.org/10.33394/hjkk.v13i2.15029
Refbacks
- There are currently no refbacks.

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.