Validitas Perangkat Pembelajaran Berbasis Masalah Berbantuan Alat Peraga Suhu dan Kalor Untuk Meningkatkan Penguasaan Konsep Peserta Didik

Baiti Syamsinar Zaidah, Susilawati Susilawati, Sutrio Sutrio

Abstract


This study aims to produce products in the form of problem based learning devices assisted by temperature and heat visual aids that are valid to improve students' mastery of concepts. This research is a type of research and development (R&D) using the 4D model which consists of the define stage, design stage, develop stage, and disseminate stage. This device was developed for temperature and heat matter. In this article, it is only done up to the Develop stage. The research instrument used is a validation sheet. The data collection technique used a validation sheet which was filled out by 3 expert validators and 3 practitioner validators using a Likert scale. Improved mastery of concepts is measured based on indicators, remembering (C1), understanding (C2), applying (C3), analyzing (C4), evaluating (C5) and creating (C6). Based on the analysis of validation results by expert validators and practitioner validators, it was obtained an average validity percentage of 83.5% in the very good category and mastery of the concept increased by 72% in the high category. Thus, it can be concluded that problem-based learning devices assisted by visual aids are very valid to use in learning.

The Validity of Problem-Based Learning Devices Assisted by Temperature and Heat Teaching Aids to Improve Students' Mastery of Concepts

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menghasilkan produk berupa perangkat pembelajaran berbasis masalah berbantuan alat peraga suhu dan kalor yang valid untuk meningkatkan penguasaan konsep pesertadidik. Penelitian ini merupakan jenis penelitian pengembangan atau Research and Development (R&D) dengan menggunakan model 4D yang terdiri dari tahap pendefinisian (Define), tahan perancangan (Design), tahap pengembangan (Develop), dan tahap penyebaran (Dessiminate) . Perangkat ini dikembangkan untuk materi suhu dan kalor. Pada artikel ini hanya dilakukan sampai pada tahap Develop saja. Instrumen penelitian yang digunakan adalah lembar validasi. Teknik pengumpulan data menggunakan lembar validasi yang diisi oleh 3 validator ahli dan 3 validator praktisi menggunakan skala Likert. Peningkatan penguasaan konsep diukur berdasarkan indikator, mengingat (C1), memahami (C2), mengaplikasikan (C3), menganalisis (C4), mengevaluasi (C5) dan mencipta (C6). Berdasarkan analisis hasil validasi oleh validator ahli dan validator praktisi diperoleh nilai rata-rata persentase kevalidan sebesar 83,5% dengan kategori sangat baik dan penguasaan konsep mengalami peningkatan sebesar 72% dengan kategori tinggi. Dengan demikian, dapat disimpulkan bahwa perangkat pembelajaran berbasis masalah berbantuan alat peraga sangat valid digunakan dalam pembelajaran.


Keywords


validitas; perangkat pembelajaran; problem based learning; penguasaan konsep

References


Abdullah, M. (2016). Fisika Dasar I. Bandung : ITB Press.

Andriani, A., Maison, M., & Dani, R. (2016). Pengembangan Lembar Kerja Peserta Didik Berbasis Pembelajaran Kontekstual Pada Materi Suhu, Kalor dan Perpindahan Kalor di Kelas X SMA. Jurnal Pendidikan Fisika, 4(1), 123–128.

Apriana, E., Amin, A., & Yolanda, Y. (2015). Penerapan Model Pembelajaran Student Facilitator and Explaining Pada Pembelajaran Fisika Siswa Kelas X SMA Negeri 3 Lubuklinggau Tahun Pelajaran 2015/2016. Jurnal STKIP-PGRI , 16–29.

Arends, I. R. (2004). Learning To Teach : Seven Edition. New York : McGraw-Hill Companies Inc.

Astarina, Y. (2015). Pengembangan Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP) Fisika Berbasis Metode Inkuiri Pada Materi Suhu dan Kalor SMA Barrang Lompo.

Dahar, R. W. (2011). Teori-Teori Belajar dan Pembelajaran. Jakarta : Bumi Erlangga.

Hatimah, H., Wahyudi, W., Verawati, N. N. S. P., & Gunawan, G. (2022). Pengembangan Perangkat Pembelajaran Berbasis Model Problem Based Learning Berbantuan Video untuk Meningkatkan Hasil Belajar Kognitif Peserta Didik Pada Materi Gerak Lurus. Jurnal Ilmiah Profesi Pendidikan, 7(2c), 741–746.

Husein, S., & Herayanti, L. (2015). Pengaruh Penggunaan Multimedia Interaktif Terhadap Penguasaan Konsep dan Keterampilan Berpikir Kritis Siswa Pada Materi Suhu dan Kalor. Jurnal Pendidkan Fisika Dan Teknologi, I(3), 2407–6902.

Ibnu, S. (2003). Dasar-Dasar Metodologi Penelitian . Malang : Universitas Negeri Malang.

Jati, B. M. E. (2013). Pengantar Fisika I. Yogyakarta : Gajah Mada University Press.

Kuswana, W. S. (2013). Taksonomi Berpikir. Bandung : Remaja Rosdakarya.

Monitasari, N. (2021). Validitas Perangkat Pembelajaran Berbasis Inkuiri Terbimbing Untuk Meningkatkan Keterampilan Proses Sains Pada Materi Getaran dan Gelombang. Pensa E-Jurnal : Pendidikan Sains, 9(No.1), 24–28.

Mumu, A. S., Dungus, F., & Mondolang, A. H. (2021). Pengembangan Perangkat Pembelajaran Menggunakan Alat Peraga Fluida Dinamis Untuk Meningkatkan Hasil Belajar. Jurnal Pendidikan Fisika Charm Sains, 2(3), 179–188.

Nisrina, N., & Harjono, A. (2016). Pembelajaran Kooperatif Dengan Media Virtual untuk Peningkatan Penguasaan Konsep Fluida Statis Siswa. Jurnal Pendidikan Fisika Dan Teknologi, II(2), 2407–6902.

Nova, R. A. T. F. T., Parno, P., & Koes, S. H. (2016). Pengembangan Instrumen Asesmen Penguasaan Konsep Tes Testlet Pada Materi Suhu dan Kalor. Jurnal Pendidikan : Teori, Peneltian, Dan Pengembangan, 1(6), 1197–1203.

Rahmat, A. (2010). Pengantar Pendidikan : Teori, Konsep, dan Aplikasi. Bandung : Manajemen Qolbun Salim Publishing.

Rerung, N., Sinon, I. L. S., & Widyaningsih, S. W. (2017). Penerapan Model Pembelajaran Problem Based Learning (PBL) Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Peserta Didik SMA Pada Materi Usaha dan Energi. Jurnal Ilmiah Pendidikan Fisika Al-Biruni, 6(1), 47–55.

Rosyid, M. F., Firmansyah, E., & Prabowo, Y. D. (2015). Fisika Dasar Jilid I : Mekanika. Yogyakarta : Periuk.

Sagala, S. (2006). Konsep dan Makna Pembelajaran. Bandung : Alfabeta.

Sari, M. N., Daud, M., & Faradhillah. (2022). Pengembangan E-Modul Fluida untuk Pemahaman Konsep Siswa menggunakan Aplikasi Flip PDF Profesional. ORBITA: Jurnal Hasil Kajian, Inovasi, Dan Aplikasi Pendidikan Fisika, 8(1), 35–44.

Sari, N. P. (2021). Pengembangan Alat Peraga Berbasis Augmented Reality Pada Materi Suhu dan Kalor Sebagai Penunjang Pembelajaran Fisika Di SMP Negeri 3 Palibelo.

Setyosari, P. (2013). Metode Penelitian Pendidikan dan Pengembangan. Jakarta : Kencana.

Shoimin, A. (2016). 68 Model Pembelajaran Inovatif dalam Kurikulum 2013. Yogyakarta : Ar-Ruzz Media.

Siregar, S., Fahmi, I., & Suwito. (2015). Statistika Terapan : Untuk Perguruan Tinggi. Jakarta : Prenadamedia Group.

Sugiyono. (2006). Metode Penelitian Pendidikan Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung : Alfabeta.

Sugiyono. (2010). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung : Alfabeta.

Suparno, & Yunus, M. (2008). Keterampilan Dasar Menulis. Jakarta : Universitas Terbuka.

Susanto, H. (2020). Profesi Keguruan. Banjarmasin : FKIP ULM Press.

Trianto, F. Y. (2011). Metode Pembelajaran Terpadu : Konsep, Strategi, dan Implementasinya dalam Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan. Jakarta : Bumi Aksara.

Warsono, Hariyanto, & Muliawati, N. N. (2013). Pembelajaran Aktif : Teori dan Asesmen. Bandung : Remaja Rosdakarya.

Yusuf, M. (2018). Pengantar Ilmu Pendidikan. Palopo : IAIN Press.




DOI: https://doi.org/10.33394/j-lkf.v10i2.6805

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

Creative Commons License
Lensa: Jurnal Kependidikan Fisika is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.