Meta-Analisis Pengaruh Model Pembelajaran Problem Based Learning Terhadap Kemampuan Pemecahan Masalah Fisika Pada Siswa

Rodearna Siregar, Marissa Sirait, Natasya Audina

Abstract


Pengaruh perkembangan abad ke-21 memberikan perubahan terhadap berbagai aspek salah satunya pada pendidikan. Keterampilan abad 21 yaitu kemampuan memecahkan masalah meliputi identifikasi masalah, memilih, mengevalauasi, mengorganisir, dan mempertimbangkan berbagai alternatif pemecahan masalah. Kemampuan pemecahan masalah Fisika pada siswa masih tergolong kategori rendah. Kemampuan memecahkan masalah tersebut dapat dibangun serta ditingkatkan melalui penggunaan model pembelajaran Problem Based-Learning (PBL). Penelitian ini dilakukan untuk menganalisis pengaruh penggunaan model Problem Based Learning terhadap kemampuan pemecahan masalah Fisika pada siswa. Metode yang digunakan pada penelitian ini adalah meta analisis. Meta analisis dilakukan dengan cara merangkum data penelitian yang sudah ada sebelumnya. Pengumpulan data dilakukan dengan mengkaji dan menelusuri sepuluh artikel online yang mengkaji pengaruh Model Problem Based Learning terhadap kemampuan pememecahan masalah fisika pada materi Fluida. Hasil meta analisis yang dilakukan menunjukkan bahwa terdapat pengaruh pembelajaran dengan model Problem Based Learning terhadap peningkatan kemampuan pemecahan masalah Fisika pada siswa.

Meta-Analysis of the Effect of Problem Based Learning Models on Students' Physics Problem Solving Ability

Abstract

The influence of the development of the 21st century has made changes to various aspects, one of which is education. 21st century skills, namely the ability to solve problems including identifying problems, selecting, evaluating, organizing, and considering various alternative solutions to problems. The ability to solve physics problems in students is still in the low category. The ability to solve these problems can be built and enhanced through the use of Problem Based-Learning (PBL) learning models. This research was conducted to analyze the effect of using the Problem Based Learning model on students' Physics problem solving abilities. The method used in this research is meta-analysis. Meta-analysis is carried out by summarizing pre-existing research data. Data collection was carried out by reviewing and tracing ten online articles that examined the effect of the Problem Based Learning Model on the ability to solve physics problems in Fluids material. The results of the meta-analysis carried out showed that there was an effect of learning with the Problem Based Learning model on increasing students' Physics problem-solving abilities.


Keywords


Problem Based Learning, Kemampuan Pemecahan Masalah, Fluida

References


Aji, S. D., Hudha, M. N., & Rismawati, A. Y. (2017). Pengembangan Modul Pembelajaran Fisika Berbasis Problem Based Learning untuk Meningkatkan Kemampuan Pemecahan Masalah Fisika. Science Education Journal, 1(1), 36-51.

Arifah, N., Kadir, F., & Nuroso, H. (2021). Hubungan Mdel Pembelajaran Probkem Based Learning dengan Kemampuan Berpikir Kritis Pada Pembelajaran Fisika Siswa. Jurnal Pendidikan Fisika dan Terapannya, 4(1), 14-20.

Astutik, R. D., & Jauhariyah, M. N. R. (2021). Studi Meta Analisis Problem Based Learning Dalam Pembelajaran Fisika. Orbita: Jurnal Kajian, Inovasi dan Aplikasi Pendidikan Fisika, 7(1), 159-168.

Crebert, G., dkk. (2011). Problem solving skills Toolkit 2nd Edition Quensland: Griffit University.

Datur, I. S., Yuliati, L., & Mufti, N. (2017). Kemampuan Pemecahan Masalah Materi Fluida Statis Melalui Pembelajaran Berbasis Masalah Berbantuan Thinking Map. JIP, 7(2), 118-127.

Dwi, Nurul P & Woro, S. 2015. Pengembangan Instrumen Evaluasi Berbasis Taksonomi Structure of The Observed Learning Outcome (SOLO) untuk Menentukan Profik Kemampuan Siswa dalam Memecahkan Masalah Fluida Statis. Jurnal Inovasi Pendidikan Fisika,4 (3) 45-49.

Herlinda, Swistoro, E., & Risdianto, E. (2017). Pengaruh Model Problem Based Learning (PBL) Yrhadap Hasil Belajar, Kemampuan Pemecahan Masalah Fisika dan Minat Belajar siswa. Jurnal Pembelajaran Fisika, 1(1), 1-10.

Irwandani, I., & Juariyah, S. (2016). Pengembangan media pembelajaran berupa komik fisika berbantuan sosial media instagram sebagai alternatif pembelajaran. Jurnal Ilmiah Pendidikan Fisika Al-Biruni, 5(1), 33-42.

Jayadi, A., Putri, D. H., & Johan, H. (2020). Identifikasi pembekalan keterampilan abad 21 pada aspek keterampilan pemecahan masalah siswa sma kota bengkulu dalam mata pelajaran fisika. Jurnal Kumparan Fisika, 3(1 April), 25-32.

Kharida, L., rusilowati, A., & Pratiknyo, K. (2009). Penerapan Model Pembelajaran Berbasis Masalah Untuk Peningkatan Hasil Belajar Siswa Pada Pokok Bahasan Elastisitas Bahan. Jurnal Pendidikan Fisika Indonesia, 83-89.

Kim, E & Pak, S.J. 2001. Student Do Not Overcome Conceptual Difficulties After Solving 1000 Traditional Problems. American Asssociation of Physics Teacher, 70 (7).

Maulidia, A., Lesmono, D. A., & Supriadi, B. (2019). Inovasi Pembelajaran Fisika Melalui Penerapan Model PBL (Problem Based Learning) dengan Pendekatan STEM Education Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Pada Materi Elastisitas dan Hukum Hooke di SMA. SEMINAR NASIONAL PENDIDIKAN FISIKA 2019, 4(1), 185-190.

Mayanti, A., Poluakan, C., & Tumimomor, F. R. (2022). Pengaruh Model Problem Based Learning (PBL) Menggunakan Metode Demonstrasi dan Eksperimen pada Pembelajaran Fisika tentang Hukum Newton. Jurnal Pendidikan Fisika, 3(1), 9-14.

Merriyana, R. (2006). Meta analisis penelitian alternatif bagi guru. Jurnal Pendidikan Penabur

Mulyasana, Dedi.( 2012). Pendidikan Bermutu dan Berdaya Saing. Bandung : PT. Remaja Rosdakarya.

Muslim, I., Halim, A., & Safitri, R. (2015). Penerapan Model Pembelajaran PBL Untuk Meningkatkan Penguasaan Konsep dan Keterampilan Berpikir Kritis Soswa Pada Konsep Elastisitas dan Hukum Hooke Di SMA Negeri Unggul Harapan Persada. Jurnal Pendidikan Sains Indonesia, 3(2), 35-50.

Mustofani, A. (2021). Meningkatkan Hasil Belajar Siswa SMA Dalam Pelajaran Online Fisika. Navgation Physi, 3(1), 1-7.

Nasihah, E. D., Supeno, & Lesmono, A. D. (2020). Pengaruh Tutor Sebaya dalam Pembelajaran Problem Based Learning Terhadap Keterampilan Berpikit Kritis Fisika Siswa. Jurnal Pendidikan Fisika Universitas Muhammadiyah Metro, 8(1), 44-57.

Nasution, U. S. (2020). Pengaruh Model Problem Based Learning Terhadap Kemampuan Pemecahan Masalah. Jurnal Sintaksis: Pendidikan Guru Sekolah Dasar, IPA, IPS dan Bahasa Inggris, 2(2), 101-107.

Nasution, U. S. (n.d.). Pengaruh Model Problem Based Learning .

Nursita, N., Darsikin, D., & Syamsu, S. (2014). Pengaruh model pembelajaran berbasis masalah terhadap kemampuan pemecahan masalah hukum Newton pada siswa kelas x SMA Negeri 4 Palu. Jurnal Pendidikan Fisika Tadulako, 3(3), 18–23.

Oktaviani, P., Hartono, & Marwoto, P. (2017). Pengembangan Multimedia Interaktif Bervisi SETS sebagai Alat Bantu Model Problem Based Learning (PBL) dalam Pembelajaran IPA di SMP untuk Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kritis dan Keterampilan Sosial Peserta Didik. Pancasakti Science Education Journal, 2(2), 126-137.

Phasa, K. C., 2020, Meta Analisis Pengaruh Model Pembelajaran Problem Based Learning Terhadap Kemampuan Berpikir Kritis Dalam Pembelajaran Matematika, Jurnal Cendekia: Jurnal Pendidikan Matematika, 4(2), 711–723.

Prima, E. C., & Kurniawati, I. (2011). Penerapan Model Pembelajaran Problem Based Learning Dengan Pendekatan Inkuiri Untuk Meningkatkan Keterampilan Proses Sains Dan Penguasaan Konsep Elastisitas Pada Siswa SMA. Jurusan Pendidikan Fisika FPMIPA, 16(1), 179-184.

Putri, R., Ismail, S., & Hasan, M. (2016). Pengaruh Model Problem Based Learning Terhadap Berpikir Kritis dan Hasil Belajar Elastisitas Siswa Kelas Xi SMA Negeri 7 Banda Aceh. Jurnal Pendidikan Sains Indonesia, 4(1), 117-128.

Rustam, R. (2019). Identifikasi Kontribusi Bidang Keilmuan Mahasiswa Pendidikan Fisika Angkatan 2014 Pada Program Kerja KKN Reguler Ke-57 UIN Alauddin Makassa (Doctoral dissertation, Universitas Islam Negeri Alauddin Makassar).

Septiani, T., Prima, N., & Nisak, F. (2019). Meta-analisis model inquiry based learning untuk pembelajaran IPA dan fisika pada abad 21. Pillar Of Physics Education, 12(4).

Susiana, N., Yuliati, L., & Latifah, E. (2017). Analisis pembelajaran berdasarkan profil kemampuan pemecahan masalah fisika siswa kelas X SMA. (hlm, 210-214). Malang, Indonesia : Jurusan Pendidikan Fisika,Universitas Negeri Malang

Susetyo, S. (2019, December). Inovasi Pembelajaran Di Era Revolusi Industri 4.0. In Prosiding Seminar Nasional PBSI UPY 2019 (Vol. 1, No. 1, pp. 1-9).

Trianto. 2007. Model-Model Pembelajaran Inovatif Berorientasi Konstruktivistik. Jakarta: Prestasi Pustaka Publisher.

Ukhtikhumayroh, U., & Rahmatsyah, R. Efek Model Problem Based Learning (Pbl) Berbantuan Alat Praktikum Terhadap Kemampuan Pemecahan Masalah Pada Materi Pokok Elastisitas Dan Hukum Hooke. INPAFI (Inovasi Pembelajaran Fisika), 8(4).

Wulandari, T., Kadir, A., La Fua, J., & Zainuddin. (2020). Pengaruh Model Problem Based Learning Berbasis Multimedia. Kulidawa, 1(1), 29-34.

Yamin, Martinis. 2011. Paradigma Baru Pembelajaran. Jakarta: Gaung Persada Press.

Yuniati, N. N. (2018). Implementasi Model Pembelajaran Problem Based Learning Untuk meningkatkan Presasi Belajar Siswa. Jurnal Santiaji Pendidikan, 8(1), 13-18.




DOI: https://doi.org/10.33394/j-lkf.v10i2.6305

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

Creative Commons License
Lensa: Jurnal Kependidikan Fisika is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.