Analisis Perbandingan Akun Belajar Fisika di Instagram sebagai Media Pembelajaran

Kristina Uskenat, Don Jaya Putra, Andi Reski, Tutik Yuliatun

Abstract


Pendidikan mengalami perubahan seiring perkembangan teknologi dan informasi. Perubahan tersebut terjadi dalam pemanfaatan media sosial sebagai media pembelajaran. Instagram merupakan salah satu platform media sosial yang paling banyak digunakan dalam pembelajaran, dilihat dari banyaknya akun edukasi yang muncul. Fisika merupakan salah satu subjek pembelajaran yang dipelajari di Pendidikan menengah dan Pendidikan tinggi. Penggunaan akun edukasi instagram dalam pembelajaran memberikan pengaruh positif dan membantu pembelajar lebih mudah memahami materi. Meskipun demikian, belum terdapat penelitian yang mengkaji tentang tentang efektivitas akun edukasi fisika yang tersedia. Masing-masing akun belajar fisika di Instagram memiliki bentuk edukasi, visualisasi, gaya Bahasa yang berbeda-beda. Oleh karena itu perlu dilakukan analisis perbandingan terhadap  akun edukasi fisika di Instagram untuk melihat potensi pemanfaatannya sebagai media pembelajarannya. Penelitian ini menggunakan pendekatan deskriptif kualitatif dengan teknik dokumentasi metode analisis Miles dan Huberman. Hasil penelitian menunjukkan terdapat akun memiliki engagement rate (ER) tertinggi dengan nilai ER 53.2. Temuan ini merekomendasikan akun edukasi fisika tertentu untuk pembelajaran fisika berbasis teori atau aplikasi.


Keywords


Akun instagram; Fisika; Media pembelajaran; Analisis perbandingan

References


Ansari, J. A. N., & Khan, N. A. (2020). Exploring the role of social media in collaborative learning the new domain of learning. Smart Learning Environments, 7(1). https://doi.org/10.1186/s40561-020-00118-7

Anzani, S., Sabrina, C., & Harahap, H. S. (2024). Media Sosial Sebagai Sarana Publikasi Dan Promosi Kemanusian Di Era Digital. 1(2), 115–127. https://jurnal.fanshurinstitute.org/index.php/arini|115

Arman, A. A., & Sidik, A. P. (2019). Measurement of Engagement Rate in Instagram (Case Study: Instagram Indonesian Government Ministry and Institutions). 2019 International Conference on ICT for Smart Society (ICISS), 1–6. https://doi.org/10.1109/ICISS48059.2019

Arsyad, M. (2024). The Efficiency of Using Visual Learning Media In Improving the Understanding of Science Concepts in Elementary School Students. In Indonesian Journal of Education (INJOE) (Vol. 4, Issue 3).

Bakri, F., Hanif, F., & Rustana, C. (2021). The Powtoon video in Instagram: The learning physics fun in social media. THE 9TH National Physics Seminar 2020, 020014. https://doi.org/10.1063/5.0037611

Budiman, H. D., (2016). Penggunaan Media Visual Dalam Proses Pembelajaran. Al-Tadzkiyyah: Jurnal Pendidikan Islam, 7: 171-182.

Febrianti, S., Sudiar, N., & H, R. (2021). Pengaruh Media Sosial Instagram Terhadap Minat Baca Masyarakat (Studi Kasus di Akun @KOMUNITASPEMBACABUKU). Jurnal El-Pustaka, 2(2). https://doi.org/10.24042/el-pustaka.v2i2.10402

Glowatz, M., & Bofin, L. (2014). Enhancing student engagement through social media a school of business case study. 27th Bled EConference: EEcosystems - Proceedings. https://doi.org/10.4108/el.1.4.e4

GoodStats. (2025, March 6). Media Sosial dengan Pengguna Terbanyak 2024.

Hamadi, M., El-Den, J., Azam, S., & Sriratanaviriyakul, N. C. (2021). A novel framework for integrating social media as cooperative learning tool in higher education’s classrooms. Research and Practice in Technology Enhanced Learning, 16(1). https://doi.org/10.1186/s41039-021-00169-5

Harmastuti, H., Setyowati, D., & Marsadualan, A. (2022). Penggunaan Video Sebagai Media Pembelajaran Pada Matakuliah Grafika Komputer. Jurnal Teknologi, 15(2), 144–151. https://doi.org/10.34151/jurtek.v15i2.3970

Ibrahim. (2019). Pendekatan Ramah,Terbuka dan Komunikatif padaPembelajaran Matematika di SMP. Jurnal Mercumatika: Jurnal Penelitian Matematika Dan Pendidikan Matematika, 4(1), 39–46. https://doi.org/10.26486/jm.v4i1.1160

Irwanda, A. A., Abiyus, W., Herdiansyah, A., Turnandes, Y., & Juliani, F. (2024). Analisis Engagement Rate pada Instagram Universitas Lancang Kuning. ZONAzi: Jurnal Sistem Informasi, 6(2), 391–399.

Irwandani, & Juariah, S. (2016). Pengembangan Media Pembelajaran berupa Komik Fisika Berbantuan Sosial Media Instagram sebagai ALternatif Pembelajaran. Jurnal Ilmiah Pendidikan Fisika “Al-BiRuNi,” 5(1), 33–42. https://ejournal.radenintan.ac.id/index.php/al-biruni/index

Jatmiko, A., Mila, M., Irwandani, I., Anwar, C., Taher, A., & Sari, P. M. (2020). The development of multi-representation media based on instagram on temperature and heat materials. Journal of Physics: Conference Series, 1572(1). https://doi.org/10.1088/1742-6596/1572/1/012070

Jayarathna, H. L., Eden, R., Fielt, E., & Nili, A. (2020). The Effective Use of Social Media Networks for Collaborative Learning in Higher Education Learning in Higher Education. ICIS 2020 Proceedings . https://aisel.aisnet.org/icis2020

Kustandi, C., Farhan, M., Zianadezdha, A., & Fitri, A. K. (2021). Pemanfaatan Media Visual Dalam Tercapainya Tujuan Pembelajaran. Akademika: Jurnal Teknologi Pendidikan, 10(02), 291–299. https://doi.org/10.34005/akademika.v10i02.1402

Kusuma, A., Darma, D., & Sari, S. R. (2023). Analisis Pemanfaatan Media Sosial Instagram sebagai Media Promosi di Perpustakaan Universitas Bangka Belitung Berdasarkan Engagement Rate, Impression dan Reach. Lentera Pustaka: Jurnal Kajian Ilmu Perpustakaan, Informasi Dan Kearsipan, 9(2), 105–116. https://doi.org/10.14710/lenpust.v9i2.49483

Lamanna, M., Muca, E., Buonaiuto, G., Formigoni, A., & Cavallini, D. (2025). From posts to practice: Instagram’s role in veterinary dairy cow nutrition education—How does the audience interact and apply knowledge? A survey study. Journal of Dairy Science, 108(2), 1659–1671. https://doi.org/10.3168/jds.2024-25347

Li, G., Teng, Y. “YY,” Kawai-Yue, J., Ahmed, U., Tantiwongse, A. S., Liang, J. Y., Zhang, D., Smith, K. S., Long, T., Lee, M., & Chilton, L. B. (2018). Audience Impressions of Narrative Structures and Personal Language Style in Science Communication on Social Media. ACM Conference on Human-Computer Interaction. https://doi.org/10.1145/1122445.1122456

Mufidah, A., & Mufidah, R. (2021). Aplikasi Tik-Tok dan Instagram sebagai Salah Satu Alternatif dalam Media Pembelajaran IPA. 1st Annual Virtual Conference of Education and Science (AVES), 60–69. http://ejournal.iainponorogo.ac.id/index.php/jtii

Mulyani, S., Purwatiningtyas, & Anis, Y. (2024). Analisa dan Desain Konten Instagram yang Menarik dan Berdampak Positif pada Interaksi Pengguna. RABIT: Jurnal Teknologi Dan Sistem Informasi Univrab, 9(2), 191–200. https://doi.org/10.36341/rabit.v7i2.4687

Ningsi, I. S., Makassar, U. N., & Jabu, B. (2022). The Impacts of Teacher’s Speech Styles in Teaching English to EFL Young Learners. Celebes Journal of Language Studies, 2(2), 2776–7493.

Prasetya, A. D., & Utama, H. A. (2024). Pemanfaatan Sosial Media Sebagai Penyajian Konten Pembelajaran Digital: Study Literature Review. JRIP: Jurnal Riset Dan Inovasi Pembelajaran, 4(2), 1004–1017.

Rahima, P., & Rismayati, R. (2023). Pemanfaatan Media Sosial sebagai Sarana Edukasi Perpajakan secara Digital (KP2KP Gerung Lombok Barat). Bakti Sekawan: Jurnal Pegabdian Masyarakat, 3(1). https://doi.org/10.25746/bakwan.v3i

Risnandar, R., & Wibawa Sakti, A. (2022). Optimizing Instagram in Sociology Materials to Improve Digital Literacy for Junior High School Students. In ASEAN Journal of Educational Research and Technology (Vol. 1, Issue 1).

Salsabila, N., Laila, I., Faizatunnisa, A. S., Zahra, I. N., & Hidayat, S. (2024). Analisis Perbandingan Akun Media Pembelajaran Biologi di Instagram. EduSphere: Journal of Education and Learning, 1(1), 1–17.

Situmorang, D. Y. (2023). Penggunaan Media Sosial Sebagai Alat Bantu Pembelajaran Dan Pengaruhnya Terhadap Interaksi Siswa. 2(2), 110–119. https://doi.org/10.56854/tp.v2i2.226

Szafir, D. A. (2018). Modeling Color Difference for Visualization Design. IEEE Transactions on Visualization and Computer Graphics, 24(1), 392–401. https://doi.org/10.1109/TVCG.2017.2744359

Tiberghien, A. (1994). Modeling as a basis for analyzing teaching-learning situations. Learning and Instruction, 4(1), 71–87. https://doi.org/10.1016/0959-4752(94)90019-1

Ulla, M. B., & Perales, W. F. (2021). Facebook as an integrated online learning support application during the COVID19 pandemic: Thai university students’ experiences and perspectives. Heliyon, 7(11). https://doi.org/10.1016/j.heliyon.2021.e08317

Umam Azhari, C., Safitri, D., Sujarwo, D., & Info, A. (2024). Membuka Gerbang Pembelajaran Baru Melalui Media Sosial s. JICN: Jurnal Intelek Dan Cendikiawan Nusantara, 1(3). https://jicnusantara.com/index.php/jicn

Widarti, H. R., Baharsyah, A., Rokhim, D. A., & Syafrudin, A. B. (2023). Is the use of the Problem-Based Learning Model through Instagram effective? A Review. In Ecletica Quimica (Vol. 48, Issue 4, pp. 17–26). Atlantis Livros Ltda. https://doi.org/10.26850/1678-4618eqj.v48.4.2023.p17-26

Yahya, F., & Haris, A. (2024). Pengembangan Media Pembelajaran Fisika Berbantuan Sosial Media Instagram Berorientasi pada Kemampuan Pemecahan Masalah Peserta Didik. Indonesian Journal of Teacher Education, 5 (1), 8-14.




DOI: https://doi.org/10.33394/j-lkf.v13i1.16278

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

Creative Commons License
Lensa: Jurnal Kependidikan Fisika is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.