The Correlation between Learning Motivation Level and Students Learning Outcomes on Science Subjects of Junior High School Class VII
Abstract
Keywords
Full Text:
PDFReferences
Aliyah Agnezi, L., Dini, A., Anggrain, R., Angra Maya Program Studi Pendidikan Fisika, W., Keguruan dan Ilmu Pendidikan, F., Jambi Jl Lintas Jambi -Muara Bulian Km, U., & Jambi, K. (2017). 14 Diterbitkan oleh Program Studi Pendidikan Kimia FKIP Universitas Lambung Mangkurat pISSN. Terindeks Di SINTA, IPI Portal Garuda, 8(2), 2550–0716.
Candra Devi, A. P., & Sukanti, S. (2018). Pengaruh Motivasi Belajar Dan Pemanfaatan Waktu Belajar Siswa Di Luar Jam Pelajaran Terhadap Prestasi Belajar Akuntansi. Jurnal Pendidikan Akuntansi Indonesia, 16(1). https://doi.org/10.21831/jpai.v16i1.20165
Darmaji, D., Kurniawan, D. A., Astalini, A., & Setiya Rini, E. F. (2022). Science Processing Skill and Critical Thinking: Reviewed Based on the Gender. JPI (Jurnal Pendidikan Indonesia), 11(1), 133–141. https://doi.org/10.23887/jpi-undiksha.v11i1.35116
Dian Ahmad Yani, N. A. M. (2021). Tingkat Motivasi Belajar Mahasiswa Pendidikan Olahraga Universitas Muhammadiyah Kalimantan Timur pada Perkuliahan Daring di Era Pandemi. 3(1), 1019–1030.
Febianti, Y. N. (2018). Jurnal Edunomic Vol. 6, No. 2, Tahun 2018 93. Jurnal Edunomic, 6(2), 93–102. https://core.ac.uk/download/pdf/229997374.pdf
Fredlund, T., Beate Remmen, K., & Knain, E. (2021). The epistemological commitments of modes: opportunities and challenges for science learning. Visual Communication, 0(0), 1–22. https://doi.org/10.1177/14703572211038991
Haji Daud, M., & Lidi, M. W. (2020). HUBUNGAN KEBIASAAN BELAJAR DAN MINAT BELAJAR DENGAN PRESTASI BELAJAR IPA SISWA SMPK St GABRIEL NDONA. OPTIKA: Jurnal Pendidikan Fisika, 4(2), 143–149. https://doi.org/10.37478/optika.v4i2.725
Hartina, T., Mahrus, M., & Hadiprayitno, G. (2019). Analisis Pengaruh Frekuensi Belajar di Luar Sekolah dan Motivasi Belajar terhadap Hasil Belajar IPA. SEJ (Science Education Journal), 3(1), 15–24. https://doi.org/10.21070/sej.v3i1.2133
Khadifa, L., & Sugihen, B. T. (2018). Hubungan Antara Keharmonisan Keluarga dan Kehadiran Belajar Siswa di Sekolah Menengah Atas (SMA) Negeri 5 di Kota Banda Aceh. Jurnal Ilmiah Mahasiswa FISIP Unsyiah, 3(1), 316–330. http://jim.unsyiah.ac.id/FISIP/article/view/6368
Mangangantung, J. M., Wentian, S., & Rorimpandey, W. H. F. (2022). Pengaruh Kreativitas Guru dan Motivasi Belajar Siswa Terhadap Hasil Belajar Siswa Kelas V SD Negeri di Kecamatan Wanea. Jurnal Inovasi Teknologi Pendidikan, 9(1), 15–24. https://journal.uny.ac.id/index.php/jitp/article/view/49942
Nasrah, A. M. (2020). Analisis Motivasi Belajaar dan Hasil Belajar Daring Mahasiswa Pada Masa Pandemik Covid-19. Riset Pendidikan Dasar, 3(2), 207–213.
Natun, A. (2019). Pengaruh Motivasi Belajar dan Regulasi Diri Terhadap Prestasi Belajar Fisika Siswa Kelas XI IPA di SMA Negeri 2 Singaraja (Doctoral dissertation, Universitas Pendidikan Ganesha).
Nisa, K., Triwoelandari, R., & Kosim, A. M. (2018). Jurnal Mitra Pendidikan (JMP Online). Jurnal Mitra Pendidikan, 2(10), 1063–1077.
Novalinda, E., Kantun, S., & Widodo, J. (2018). Pengaruh Motivasi Belajar Terhadap Hasil Belajar Mata Pelajaran Akuntansi Siswa Kelas X Jurusan Akuntansi Semester Ganjil Smk Pgri 5 Jember Tahun Pelajaran 2016/2017. JURNAL PENDIDIKAN EKONOMI: Jurnal Ilmiah Ilmu Pendidikan, Ilmu Ekonomi Dan Ilmu Sosial, 11(2), 115. https://doi.org/10.19184/jpe.v11i2.6456
Nugroho, G. (2020). Analisis motivasi belajar siswa pada pembelajaran IPA di SDN 16/ii Sepunggur. Integrated Science Education Journal, 1(2), 67–71. https://doi.org/10.37251/isej.v1i2.67
Penk, C., Pöhlmann, C., & Roppelt, A. (2014). The role of test-taking motivation for students’ performance in low-stakes assessments: an investigation of school-track-specific differences. Large-Scale Assessments in Education, 2(1), 1–17. https://doi.org/10.1186/s40536-014-0005-4
Ramadhan, S. (2015). Pengaruh Motivasi Belajar Terhadap Hasil Belajar Pada Mata Pelajaran Ekonomi Dengan Dimoderasi Lingkungan Keluarga Siswa. X, 1–11. %5C.upi.edu perpustakaan.upi.edu
Ramadhanti, A., Kholilah, K., Fitriani, R., Rini, E. F. S., & Pratiwi, M. R. (2022). Hubungan Motivasi Terhadap Hasil Belajar Fisika Kelas X MIPA di SMAN 1 Kota Jambi. Journal Evaluation in Education (JEE), 3(2), 60–65. https://doi.org/10.37251/jee.v3i2.246
Rinaldi, M. (2019). Pengaruh Motivasi Belajar Dan Disiplin Belajar Terhadap Prestasi Belajar Ekonomi. Niagawan, 8(3), 148. https://doi.org/10.24114/niaga.v8i3.15573
Rudini, M., & Agustina, A. (2021). Analisis Motivasi Siswa dalam Mengerjakan Tugas Rumah Di SMA Al-Mannan Tolitoli. Jurnal Cendekia : Jurnal Pendidikan Matematika, 5(1), 770–780. https://doi.org/10.31004/cendekia.v5i1.496
Sari, N., & Sunarno, W. (2018). SEKOLAH MENENGAH ATAS THE ANALYSIS OF STUDENTS LEARNING MOTIVATION ON PHYSICS LEARN- ING IN SENIOR SECONDARY SCHOOL. 3, 17–32.
Setiawan, D. E., & Mais, A. (2017). Pengaruh Tingkat Kehadiran Siswa Terhadap Efektivitas Proses Pembelajaran Siswa Kelas IV Tuna Grahita Ringan dalam Kelas Regular SD Inklusi di Kabupaten Jember. SPEED, Journal of Special Education, I(1), 28–33. https://jurnal.ikipjember.ac.id/index.php/speed/article/view/18/16
Setiyani, L. (2019). Pemodelan Dan Perancangan Aplikasi Manajemen Presensi Siswa Sekolah Menengah Kejuruan Berbasis Mobile Android. Faktor Exacta, 12(1), 40. https://doi.org/10.30998/faktorexacta.v12i1.3210
Sinuraya, J. F., & Barus, J. B. N. B. (2021). Minat Mahasiswa Program Studi Pendidikan Olahraga dalam Mengikuti Pembelajaran E-Learning di Universitas Quality Berastagi. Journal of Education, Humaniora and Social Sciences (JEHSS), 4(1), 526–534. https://doi.org/10.34007/jehss.v4i1.692
Siregar, S. (2013). Metode Penelitian Kuantitatif: Dilengkapi Perbandingan Perhitungan Manual & SPSS. Jakarta: Kencana
Sudijono, A. (2008). Pengantar Statistik Pendidikan. Jakarta: Raja Grafindo Persada.
Sundayana, R. (2014). Statistika Penelitian Pendidikan. Bandung: Alfabeta
Syachtiyani, W. R., & Trisnawati, N. (2021). Analisis Motivasi Belajar Dan Hasil Belajar Siswa Di Masa Pandemi Covid-19. Prima Magistra: Jurnal Ilmiah Kependidikan, 2(1), 90–101. https://doi.org/10.37478/jpm.v2i1.878
Syahputra, O. M., & Lubis, R. K. (2019). Pengaruh Pemberian Insentif Terhadap Efektivitas Kerja Karyawan Pada Server Pulsa Easytronik SRB Ponsel Tanjung Morawa. Journal of Management Science ( JMAS ), 1(3), 26–36.
Syardiansah. (2016). Hubungan motivasi belajar dan minat belajar terhadap prestasi belajar mahasiswa mata kuliah pengaturan manajemen. Manajemen Dan Keuangan, 5(1), 243.
Triyanto. (2019). The Academic Motivation of Papuan Students in Sebelas Maret University, Indonesia. SAGE Open, 9(1). https://doi.org/10.1177/2158244018823449
Yilmaz, E., Şahin, M., & Turgut, M. (2017). Variables Affecting Student Motivation Based on Academic Publications. Journal of Education and Practice, 8(12), 112–120. www.iiste.org
Yolviansyah, F. (2021). Analisis Hasil Belajar Fisika di SMA 3 Muaro Jambi. Integrated Science Education Journal, 2(2), 50–54. https://doi.org/10.37251/isej.v2i2.169
DOI: https://doi.org/10.33394/j-ps.v11i1.6510
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Copyright (c) 2023 Nurul Afiqah, Restesa Rahmayumita, Aldila Novriandami, M. Rahmad, Yennita Yennita
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.
J-PS (Prisma Sains: Jurnal Pengkajian Ilmu dan Pembelajaran Matematika dan IPA IKIP Mataram) p-ISSN (print) 2338-4530, e-ISSN (online) 2540-7899 is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.