Analisis Implementasi Program Kampus Mengajar Universitas Muhammadiyah Prof. Dr. Hamka
Abstract
Keywords
Full Text:
PDF (BAHASA INDONESIA)References
Anwar, R. N. (2021). Pelaksanaan Kampus Mengajar Angkatan 1 Program Merdeka Belajar Kampus Merdeka di Sekolah Dasar. Jurnal Pendidikan Dan Kewirausahaan, 9(1), 210–219. https://doi.org/10.47668/pkwu.v9i1.221
Ayni, C., Sialalhi, P., Silalahi, A. D., Sulthani, D. I., & Anum, D. (2023). Pendampingan mahasiswa kampus mengajar angakatan 4 di SMP swasta dwiwarna medan. 2(1), 791–798.
Baharuddin, M. R. (2021). Adaptasi Kurikulum Merdeka Belajar Kampus Merdeka (Fokus: Model MBKM Program Studi). Jurnal Studi Guru Dan Pembelajaran, 4(1), 195–205. https://doi.org/10.30605/jsgp.4.1.2021.591
Bengkulu, S. D. N. K. (2023). Meningkatkan Literasi Dan Numerasi. 4(2), 4596–4601.
Bhakti, Y. B., Simorangkir, M. R. R., Tjalla, A., & Sutisna, A. (2022). Kendala Implementasi Kebijakan Merdeka Belajar Kampus Merdeka (Mbkm) Di Perguruan Tinggi. Research and Development Journal of Education, 8(2), 783. https://doi.org/10.30998/rdje.v8i2.12865
Daga, A. T. (2021). Makna Merdeka Belajar dan Penguatan Peran Guru di Sekolah Dasar. Jurnal Educatio FKIP UNMA, 7(3), 1075–1090. https://doi.org/10.31949/educatio.v7i3.1279
Dwi Noerbella. (2022). Implementasi Program Kampus Mengajar Angkatan 2 Dalam Meningkatkan Kompetensi Literasi Dan Numerasi Peserta Didik. Jurnal Cakrawala Pendas, 8(2), 480–489. https://doi.org/10.31949/jcp.v8i2.2087
Fauzi, T. I., Rahmawati, D. N. U., & Astuti, N. P. (2021). Program Kampus Mengajar (PKM) Sebagai Usaha Peningkatan Pembelajaran Peserta Didik di SDN 127 Sungai Arang, Bungo Dani, Kabupaten Bungo, Provinsi Jambi. Budimas : Jurnal Pengabdian Masyarakat, 3(2), 483–490. https://doi.org/10.29040/budimas.v3i2.3406
Hamzah, R. A. (2021). Pelaksanaan Kampus Mengajar Angkatan I Program Merdeka Belajar Kemdikbud Di Sekolah Dasar. Dedikasi: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 1(2), 1–8. https://doi.org/10.46368/dpkm.v1i2.339
Hariyanti, H., Permadi, G. C., Kartasasmita, S., Sari, F. A., Alrafni, A., & Suryanef, S. (2023). Kampus Mengajar Angkatan 4 Dan Peningkatan Literasi Numerasi Peserta Didik Berkebutuhan Khusus. JMM (Jurnal Masyarakat Mandiri), 7(2), 1482. https://doi.org/10.31764/jmm.v7i2.13721
Jenderal, D., & Tinggi, P. (n.d.). Pengarah :
Kulsum, N. U., & Kristayulita, K. (2019). Student Problem Solving Analysis by Step John Dewey Reviewed from Learning Style. IJECA (International Journal of Education and Curriculum Application), 2(2), 20. https://doi.org/10.31764/ijeca.v2i2.2102
Kuncoro, J., Handayani, A., & Suprihatin, T. (2022). Peningkatan Soft Skill Melalui Kegiatan Merdeka Belajar Kampus Merdeka ( MBKM ). Proyeksi, 17(1).
Made, M., Roberta, H. U., Muhammad, H., Bhertolomeus, B. J., Saryanto, Retno, L., Wihelmus, B., Nicolaus, N., Made, P. I. indra, & I, L. (2021). Membangun Pembelajaran Merdeka Belajar dan Kampus Merdeka di Pendidikan Tinggi. In media sains indonesia dan penulis.
Meilia, A. T., & Erlangga, G. (2022). Aktualisasi Program Kampus Mengajar. Jurnal Pendidikan Ke-SD-An, 17(2), 120–128.
Nizam. (2020). MBKM Guidebook. 1–42.
Purnama, M., Boru, J., & Hariyana, N. (2022). Peran program kampus mengajar dalam meningkatkan komptensi sdn sepatan III kabupaten tangerang. Jurnal Pengabdian Masyarakat ABDIMAS PATIKALA, 1(4), 316–324.
Rijali, A. (2019). Analisis Data Kualitatif. Alhadharah: Jurnal Ilmu Dakwah, 17(33), 81. https://doi.org/10.18592/alhadharah.v17i33.2374
Santoso, H. D., Sari, D. P., Fadilla, A. D., Utami, F. F., Rahayu, F. P., Sari, D. C., & Sya’bani, N. P. (2022). Asistensi Mengajar, Adaptasi Teknologi, Dan Administrasi Dalam Program Kampus Mengajar. Jurnal Pengabdian Dharma Laksana, 4(2), 100. https://doi.org/10.32493/j.pdl.v4i2.18220
Sobri, M. (2023). Peran Mahasiswa Kampus Mengajar Empat Dalam Meningkatkan Literasi Dan Numerasi Di Sekolah Dasar Negeri 3 Pejanggik. El Midad, 5(1), 266–276. https://doi.org/10.37216/badaa.v5i1.
Suryaman, M. (2020). Pengembangan Kurikulum Merdeka Belajar Program Studi Pendidikan Bahasa Indonesia. Prosiding Seminar Daring Nasional : Pengembangan Kurikulum Merdeka Belajar, 13–28.
Suwanti, V., Suastika, I. K., Ferdiani, R. D., & Harianto, W. (2022). Analisis Dampak Implementasi Program Mbkm Kampus Mengajar Pada Persepsi Mahasiswa. JURNAL PAJAR (Pendidikan Dan Pengajaran), 6(3), 814. https://doi.org/10.33578/pjr.v6i3.8773
Syamsuddin, Syukri, M. E., Tahir, S., Wahid, A., & Syahril. (2021). Pengaruh Program Kampus Mengajar Bagi Capaian Pembelajaran Lulusan Pada Fakultas Ilmu Sosial Dan Ilmu Politik Universitas Muhammadiyah Sinjai. Al Qisthi: Jurnal Social Dan Politik, 11(2).
Tsamroh, D. I., Putri, W. S., & Rinata, E. (2021). Evaluation of “Kampus Mengajar”: an effort to increase participation at the University of Merdeka Malang. Jurnal Penelitian, 18(2), 85–97. https://doi.org/10.26905/jp.v18i2.7056
Waldi, A., Putri, N. M., Indra, I., Ridalfich, V., Mulyani, D., & Mardianti, E. (2022). Peran Kampus Mengajar dalam Meningkatkan Literasi, Numerasi dan Adaptasi Teknologi Peserta Didik Sekolah Dasar di Sumatera Barat. Journal of Civic Education, 5(3), 284–292. https://doi.org/10.24036/jce.v5i3.725
Widiansyah, A. (2023). Pendampingan mahasiswa dalam kegiatan belajar mengaar pada program kampus mengajar. 2, 65–71.
DOI: https://doi.org/10.33394/jp.v10i4.9115
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Copyright (c) 2023 The Author(s)
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Jurnal Paedagogy
ISSN: 2722-4627 (Online)
Published by Fakultas Ilmu Pendidikan dan Psikologi (FIPP)
Universitas Pendidikan Mandalika (UNDIKMA)
Email: [email protected]
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.