Analisis Implementasi Kurikulum Merdeka dalam Mengatasi Retensi Kelas di Sekolah Menengah Atas
Abstract
Keywords
Full Text:
PDF (BAHASA INDONESIA)References
Abizar, Haris. (2017). Buku Master Lesson Study. Yogyakarta: Diva Press.
Anggito, Albi dan Johan Setiawan. (2018). Metodologi Penelitian Kualitatif. Sukabumi: CV Jejak.
Ardianti, Yekti dan Nur Amalia. (2022). Kurikulum Merdeka: Pemaknaan Merdeka dalam Perencanaan Pembelajaran di Sekolah Dasar. Jurnal Penelitian dan Pengembangan Pendidikan, 6(3), 399-407
Ariga, Selamat. (2022). Implementasi Kurikulum Merdeka Pasca Pandemi Covid-19 Implementasi Kurikulum Merdeka Pasca Pandemi Covid-19. Jurnal Pendidikan, Ilmu Sosial, dan Pengabdian Kepada Masyarakat, 2(2), 662-670
Asesmen Diagnostik Kurikulum Merdeka, Bagaimana Cara Menyusunnya? Diakses pada 5 Maret, (2023), dari Kurikulum Merdeka Website: https://kurikulummerdeka.com/asesmen-diagnostik-kurikulum-merdeka-bagaimana-cara-menyusunnya/
Badan Standar, Kurikulum, dan Asesmen Pendidikan Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi. (2022). Panduan Pembelajaran dan Asesmen: Pendidikan Anak Usia Dini, Pendidikan Dasar, dan Menengah. Jakarta: Kemdikbud.
Badan Standar, Kurikulum, dan Asesmen Pendidikan Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi. (2022). Kajian Akademik Kurikulum untuk Pemulihan Pembelajaran. Jakarta: Pusat Kurikulum dan Pembelajaran Badan Standar, Kurikulum, dan Asesmen Pendidikan Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi.
Barlian, Ujang Cepi. (2022). Implementasi Kurikum Merdeka dalam Meningkatkan Mutu Pendidikan. Journal of Educational and Language Research, 1(12)
Damayanti, G., & Muhroji, M. (2022). The Difficulties of Elementary School Teacher in Developing Thematic Learning Tools for the Merdeka Curriculum. Jurnal Kependidikan: Jurnal Hasil Penelitian dan Kajian Kepustakaan di Bidang Pendidikan, Pengajaran dan Pembelajaran, 8(3), 703-715
Deak, Victor et al. (2022). Implementasi Pembelajaran Kampus Mandiri dalam Peningkatan Mutu Perguruan Tinggi. Formosa Journal of Multidisciplinary Research (FJMR), 1(5), 1113-1128
Direktorat Pendidikan Menengah Atas Direktorat Pendidikan Dasar dan Menengah Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan. (2017). Panduan Penilaian oleh Pendidik dan Satuan Pendidikan Sekolah Menengah Atas. Jakarta: Kemdikbud.
Duh! Masih Banyak Siswa Sekolah di RI Gak Naik Kelas. Diakses pada 25 Februari, (2023), dari CNBC Indonesia Website: https://www.cnbcindonesia.com/news/20200403123446-4-149604/duh-masih-banyak-siswa-sekolah-di-ri-gak-naik-kelas
Eren, O., Lovenheim, M. F., & Mocan, H. N. (2022). The Effect of Grade Retention on Adult Crime: Evidence from a Test-Based Promotion Policy. Journal of Labor Economics, 40(2), 361-395
Fahmi, Agus et al. (2022). Strategi Peningkatan Mutu Melalui Kurikulum Merdeka di Perguruan Tinggi Swasta (Descriptive Study di Prodi Manajemen UNDIKMA). Jurnal Teknologi Pendidikan: Jurnal Penelitian dan Pengembangan Pembelajaran, 7(2), 168-175
Fitrah, Muh., & Luthfiyah. (2017). Metodologi Penelitian; Penelitian Kualitatif, Tindakan Kelas & Studi Kasus. Sukabumi: CV Jejak.
Firmanzah, Diki dan Elok Sudibyo (2021). Implementasi Asesmen Diagnostik dalam Pembelajaran IPA Pada Masa Pandemi Covid-19 di SMP/MTS Wilayah Menganti, Gresi. Pensa e-Jurnal: Pendidikan Sains, 9(2), 165-170
Fruehwirth, J. C., Navarro, S., & Takahashi, Y. (2016). How the timing of grade retention affects outcomes: Identification and estimation of time-varying treatment effects. Journal of Labor Economics, 34(4), 979-1021
González-Betancor, S. M., & López-Puig, A. J. (2016). Grade retention in primary education is associated with quarter of birth and socioeconomic status. PLoS ONE, 11(11), 1-19
Hughes, J. N., West, S. G., Kim, H., & Bauer, S. S. (2018). Effect of early grade retention on school completion: A prospective study. Journal of Educational Psychology, 110(7), 974–991
Isa et al. (2022). Peran Kepala Sekolah dalam Implementasi Kurikulum Merdeka di Sekolah Dasar. JURNAL BASICEDU, 6(6), 9947-9957
Jacobs, J., & Mantiri, O. (2022). Grade Retention and Social Promotion Dichotomy: A Theoretical and Conceptual Analysis. Journal of Innovation in Educational and Cultural Research, 3(2), 226-233
Jimerson, Shane. (2001). Meta-analysis of Grade Retention Research: Implications for Practice in the 21st Century. School Psychology Review, 30, 420-437
Neraca Pendidikan Daerah Kemendikbud. Diakses pada 25 Februari, (2023), dari Kemdikbud Website: https://npd.kemdikbud.go.id/?appid=download
Kurikulum Prototipe Menjadi Kurikulum Merdeka. Diakses pada 5 Maret, (2023), dari Republika Website: https://news.republika.co.id/berita/r74zd4380/kurikulum-prototipe-menjadi-kurikulum-merdeka
Lefudin. (2017). Belajar dan Pembelajaran: Dilengkapi dengan Model Pembelajaran, Strategi Pembelajaran, Pendekatan Pembelajaran, dan Metode Pembelajaran. Yogyakarta: Deepublish.
Leny, Lince. (2022). Implementasi Kurikulum Merdeka untuk Meningkatkan Motivasi Belajar pada Sekolah Menengah Kejuruan Pusat Keunggulan. Prosiding Sentikjar, 1(1)
Levin, B. (2007). The Failure of Failure. Phi Delta Kappan, 89(3), 234–235
Maghfiroh, Nailyl dan Muhammad Sholeh. (2022). Implementasi Kurikulum Merdeka Belajar Kampus Merdeka dalam Menghadapi Era Disrupsi dan Era Society 5.0. Jurnal Inspirasi Manajemen Pendidikan, 09(05), 1185-1196
Mardianah. (2021). Strategi Kepala Madrasah dalam Pelaksanaan Merdeka Belajar Di MTs Negeri 2 Musi Banyuasin. Journal of Innovation in Teaching and Instructional Media, 2(1), 15-20
Ornstein, Alan C. et al. (2011). Foundations of Education. USA: Wadsworth.
Owings, W. A., & Magliaro, S. (1998). Grade retention: A history of failure. In Educational Leadership, 56(1), 86–88
Parker, D. R. (2001). Social Promotion or Retention? Two Wrongs Don’t Make a Right. Leadership, 30(4), 12-14
Peraturan Menteri Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi Republik Indonesia Nomor 21 Tahun 2022 tentang Standar Penilaian Pendidikan Pada Pendidikan Anak Usia Dini, Jenjang Pendidikan Dasar, Dan Jenjang Pendidikan Menengah
Pusat Informasi Guru Kemdikbud. Diakses pada 3 Maret, (2023), dari Pusat Informasi Guru Kemdikbud Website: https://pusatinformasi.guru.kemdikbud.go.id/hc/en-us/sections/14142620530585-Garis-Besar-Kurikulum-Merdeka
Qolbiyah, Aini. (2022). Implementasi Kurikulum Merdeka dalam Pembelajaran Pendidikan Agama Islam. Jurnal Penelitian Ilmu Pendidikan Indonesia, 1(1), 44-48
Rahayu, Galih Dani Septiyan. (2020). Mudah Menyusun Perangkat Pembelajaran. Purwakarta: CV Tre Alea Jacta Pedagogie.
Rifma. (2016). Optimalisasi Pembinaan Kompetensi Pedagogik Guru. Jakarta: Kencana.
Sudah 2500 Sekolah Terapkan Kurikulum Prototipe. Diakses pada 7 Maret, (2023), dari Kompas Website: https://www.kompas.com/edu/read/2022/01/19/130224371/sudah-2500-sekolah-terapkan-kurikulum-prototipe
Utami, Wikan Budi et al. (2022). Implementasi Kebijakan Merdeka Belajar Dalam Penguatan Profil Pelajar Pancasila. Wacana Akademika: Majalah Ilmiah Kependidikan, 6(3), 285-294
Vidieyanti, Nadia et al. (2022). Manajemen Peningkatan Mutu Pendidikan Pasca Covid-19 dengan Pengimplementasian Kurikulum Merdeka. Jurnal Satya-Sastraharing, 6(2), 100-108
Winarni, Endang Widi. (2018). Teori dan Praktik Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, PTK, R&D. Jakarta: Bumi Aksara.
Witmer, S. M., Hoffman, L. M., & Nottis, K. E. (2004). Elementary Teachers’ Beliefs and Knowledge about Grade Retention: How Do We Know What They Know? Education, 125(2), 173
Zhang, S., & Huang, A. (2022). The Long-Term Effects of Automatic Grade Promotion on Child Development, China Economic Review, 74(C)
DOI: https://doi.org/10.33394/jp.v10i3.7568
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Copyright (c) 2023 The Author(s)
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Jurnal Paedagogy
ISSN: 2722-4627 (Online)
Published by Fakultas Ilmu Pendidikan dan Psikologi (FIPP)
Universitas Pendidikan Mandalika (UNDIKMA)
Email: [email protected]
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.