Pengembangan Instrumen Penilaian Apresiasi Cerpen Berbasis Penggunaan Website dan Spreadsheet untuk Siswa SMA

Qonita Sumardani, Tifany Diahnisa, Raiyan Armansa Putra, Sarwiji Suwandi

Abstract


This study aims to develop a short story appreciation assessment instrument using the Ruang Sastra Website and Spreadsheet for high school students. This study used the Research and Development method from Borg and Gall. The subjects in this study were teachers and high school students. The data used are qualitative and quantitative, with data collection techniques through questionnaires distributed to teachers and students online using Google Forms, interviews with teachers, and expert validation. The data analysis technique in this study was in the form of descriptive analysis of scores obtained from the validation results of experts, practitioners, and response questionnaires. The results of this study indicated that developing a short story appreciation assessment instrument based on websites and spreadsheets for high school students was feasible in terms of exploratory studies, development of assessment instrument designs, and expert validation tests.


Keywords


Instruments; Evaluation; Short Stories; Websites; Spreadsheets.

References


Afriani, R. (2020). Peningkatan Kemampuan Mengapresiasi Cerpen pada Siswa Kelas Vii-C Melalui Model Pembelajaran Number Head Together Dan Talking Stick Serta Media Film Pendek di SMP Patra Dharma 2 Balikpapan Tahun Ajaran 2014/2015. LOA: Jurnal Ketatabahasaan dan Kesusastraan, 10(2), 121-132.

Amir, I. W., & Hakim, A. (2022). Pengembangan Alat Evaluasi Pembelajaran Berbasis Mobile Learning Siswa SMPN 3 Kahu. JOURNAL OF EDUCATIONAL TECHNOLOGY, CURRICULUM, LEARNING AND COMMUNICATION, 2(1), 15-22.

Agustinasari, Susilawati, E., & Fitriati, I. (2020). Peningkatan Kemampuan Guru SMAN 2 Woha Dalam Melakukan Evaluasi Pembelajaran Menggunakan CBT. JMM : Jurnal Masyarakat Mandiri, 4(2), 273–280.

Ashari, L. H., & Djuniadi, D. (2015). Pengembangan Instrumen Penilaian unjuk Kerja dengan Model Peer Assessment System untuk Mata Pelajaran Penjasorkes pada Pokok Bahasan Permainan Bola Voli. Jurnal Kependidikan: Jurnal Hasil Penelitian dan Kajian Kepustakaan di Bidang Pendidikan, Pengajaran dan Pembelajaran, 1(1).

Agustin, N. (2018). Peran dan Teknik Soal Berbasis Hots pada Kompetensi Dasar Meneladani Nilai Kehidupan dalam Cerita Pendek. In Prosiding Seminar Nasional Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia I Unimed-2018 (Vol. 1, pp. 35-45).

Astuti, A. P. (2016). Pengembangan Instrumen Penilaian Kompetensi Membaca Pada Mata Pelajaran Bahasa Indonesia Kelas Vii Berbasis Quipper School. JINoP (Jurnal Inovasi Pembelajaran), 2(2), 334-350.

Fauzi, M. R. (2014). Penggunaan Google Form Sebagai Alat Evaluasi Pembelajaran Pada Mata Pelajaran Bahasa Indonesia: Studi Deskriptif Analitis pada Kelas VIII di Sekolah Menengah Pertama Negeri 1 Lembang (Doctoral dissertation, Universitas Pendidikan Indonesia).

Faznur, L. S., Khaerunnisa, K., & Sumardi, A. (2020). Aplikasi Kahoot Sebagai Media Dalam Evaluasi Pembelajaran Bahasa Indonesia Pada Guru Sma Di Sukabumi. Jurnal Pengabdian Masyarakat Teknik, 2(2), 39-44.

Furaidah, A. J., Rozak, A., & Rasyad, S. (2022). Bahan Ajar Digital Teks Novel Berorientasi Karakter Jujur. Deiksis: Jurnal Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia, 9(1), 21-30.

Haifaturrahmah, H., Hidayatullah, R., Maryani, S., Nurmiwati, N., & Azizah, A. (2020). Pengembangan Lembar Kerja Siswa Berbasis STEAM untuk Siswa Sekolah Dasar. Jurnal Kependidikan: Jurnal Hasil Penelitian dan Kajian Kepustakaan di Bidang Pendidikan, Pengajaran dan Pembelajaran, 6(2), 310-318.

Harpriyanti, H. (2021). Instrumen Asesmen Berbasis Blended Learning untuk Pembelajaran Apresiasi Sastra. Prosiding SENSASEDA, 1, 27-34.

Herera, H. (2013). Perbedaan Hasil Belajar Apresiasi Cerpen" Tiurmaida” Karya Hasan Al Banna Berdasarkan Jenis Kelamin Dengan Menggunakan Teknik Kelompok Buzz Oleh Siswa Kelas X SMA Negeri 3 Binjai Tahun Pembelajaran 2012/2013. Basastra, 2(4).

Khulsum, U., Hudiyono, Y., & Sulistyowati, E. D. (2018). Pengembangan Bahan Ajar Menulis Cerpen dengan Media Storyboard pada Siswa Kelas X SMA. Diglosia: Jurnal Kajian Bahasa, Sastra, dan Pengajarannya, 1(1), 1-12.

Mariyam, S. (2022). Upaya Peningkatan Kemampuan Peserta Didik dalam Memahami Cerita Pendek Melalui Kombinasi Model Pembelajaran Jigsaw dan STAD di SMP Negeri 1 Kedungreja Cilacap. Jurnal Paedagogy, 9(2), 271-275.

Mustikawati, F. E. (2019). Fungsi Aplikasi Kahoot sebagai Media Pembelajaran Bahasa Indonesia. In Seminar Nasional Pendidikan Bahasa dan Sastra (99-104).

Nurgiyantoro, B. (2010). Penilaian pembelajaran sastra berbasis kompetensi. Yogyakarta: BPFe.

___________. (2018). Teori Pengkajian Fiksi. UGM press.

Noermanzah & Friantary, H. (2019). Development of Competency-Based Poetry Learning Materials for Class X High Schools. International Journal of Recent Technology and Engineering, 8(4), 6631.

Patria, L. D., & Djuniadi, D. (2015). Pengembangan Instrumen Penilaian Psikomotor Berbasis IT dalam Pembelajaran Penjasorkes Materi Lompat Jauh pada Siswa SMP. Jurnal Kependidikan: Jurnal Hasil Penelitian dan Kajian Kepustakaan di Bidang Pendidikan, Pengajaran dan Pembelajaran, 1(1).

Pujiastuti, R., & Kulup, L. I. (2021). Penyusunan Instrumen Penilaian Kognitif Berbasis HOTS Melalui Problem Based Learning dan Peer Assessment. Indonesian Language Education and Literature, 7(1), 88-105.

Purwati, D., & Nugroho, A. N. P. (2018). Pengembangan Media Evaluasi Pembelajaran Sejarah Berbasis Google Formulir di SMA N 1 Prambanan. ISTORIA: Jurnal Pendidikan dan Sejarah, 14(1).

Purwanto. (2014). Evaluasi Hasil Belajar. Yogyakarta: Pustaka Pelajar

Safitri, N. A. S., & Damaianti, V. (2021). Platform Evaluasi Pembelajaran Bahasa Indonesia Masa Pandemi COVID-19. Alinea: Jurnal Bahasa, Sastra, dan Pengajaran, 10(2), 106-115.

Saputra, Y M. (2022). Pengertian Spreadsheet: Fungsi dan Contoh Aplikasinya. https://ruangguru.co/pengertian-spreadsheet/ diakses 16 Mei 2022

Silalahi, T. (2020). Evaluasi Pembelajaran. Yayasan Kita Menulis.

Simorangkir, N. P. (2012). Pengaruh Strategi Pembelajaran KWL (Know-Want to know-Learned) terhadap Kemampuan Apresiasi Cerpen oleh Siswa Kelas XII SMA Negeri 1 Pahae Julu Tahun Pembelajaran 2012/2013 (Doctoral dissertation, UNIMED).

Sukmadinata, N. S. (2020). Pengembangan kurikulum teori dan praktik. Rosdakarya.

Supriatini, S., Refson, R., & Mustofa, M. (2020). Pengembangan Alat Evaluasi Menggunakan Kahoot pada Pembelajaran Bahasa Indonesia untuk Siswa Kelas VII. Jurnal Bindo Sastra, 4(1), 48-62.

Syamsuddin, S. (2012). Strategi Two Stay Two Stray dalam Pembelajaran Apresiasi Cerpen. RETORIKA: Jurnal Bahasa, Sastra, dan Pengajarannya, 8(2).

Ulya, M. (2021). Penggunaan Educandy dalam Evaluasi Pembelajaran Bahasa Indonesia. Lingua Rima: Jurnal Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia, 10(1), 55-63.

Yani, R. (2021). Pengembangan Alat Evaluasi Pembelajaran Berbasis Android Melalui Aplikasi Quizziz pada Materi Puisi Siswa Kelas X SMA Nurul Amaliyah Tanjung Morawa. Sintaks: Jurnal Bahasa & Sastra Indonesia, 1(2), 5-11.

Yuhdi, A., & Amalia, N. (2018). Desain media pembelajaran berbasis daring memanfaatkan Portal Schoology pada pembelajaran apresiasi sastra. Basastra, 7(1), 14-22.




DOI: https://doi.org/10.33394/jp.v9i4.5554

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2022 The Author(s)

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

Jurnal Paedagogy

ISSN: 2722-4627 (Online)

Published by Fakultas Ilmu Pendidikan dan Psikologi (FIPP)

Universitas Pendidikan Mandalika (UNDIKMA)

Email: [email protected]

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.