Development of HAPAL Mobile Learning as a Science Learning Media for Junior High School Students
Abstract
Keywords
References
Abdulhak, Ishak dan Darmawan, Deni. (2013). Teknologi Pendidikan. Bandung: PT Remaja Rosdakarya
Aisyah, D. D., & Sucahyo, I. (2022). Pengembangan Media Pembelajaran E-Book Berbasis Mobile Learning dan Pendekatan Inkuiri pada Materi Gelombang untuk Meningkatkan Pemahaman Konsep Siswa. IPF: Inovasi Pendidikan Fisika, 11(3), 23-31.
Branch, R. M., (2009). Instructional design: The ADDIE approach (Vol. 722, p. 84). New York: Springer.
Cahyadi, R. A. H. (2019). Pengembangan bahan ajar berbasis ADDIE model. Halaqa: Islamic Education Journal. https://doi.org/10.21070/halaqa.v3i1.212 4
Darmawan, Deni. 2016. Mobile learning sebuah aplikasi teknologi pembelajaran. Depok: Raja Grafindo
Lestari, N. S., Koto, I., Sutarno, S., Nirwana, N., & Wardana, R. W. (2024). Pengembangan Media Pembelajaran Interaktif Berorientasi Pemahaman Konsep Pada Pembelajaran Materi Tekanan Untuk Siswa Kelas VIII. DIKSAINS: Jurnal Ilmiah Pendidikan Sains, 5(1), 12-21.
Purwanti (2025). Development of a digital learning module on Archimedes Law for junior high school students. WapFi: Wahana Pendidikan Fisika, 10 (1), 87-98
Rohana, V. I., Winarto, W., & Nida, S. (2021). Pengembangan media pembelajaran berbasis multimedia interaktif pada materi tekanan zat cair untuk siswa SMP kelas VIII. Jurnal MIPA dan Pembelajarannya (JMIPAP), 1(4), 254-262.
Rohmayanti, R. R., Kusairi, S., & Hidayat, A. (2020). Penguasaan Konsep Hukum Archimedes pada Siswa Kelas XI dan XII SMA. Jurnal Riset Pendidikan Fisika, 5(2), 92-98.
Sarika, R., Gunawan, D., & Mulyana, H. (2021). Analisis kemampuan membaca pemahaman siswa kelas V di SD Negeri 1 Sukagalih. CaXra: Jurnal Pendidikan Sekolah Dasar, 1(2), 62-69.
Sarniti, E. K. A., & Oktavianty, E. (2018). Penggunaan Reading Infusion SQ3R Meremediasi Miskonsepsi Peserta Didik pada Materi Hukum Archimedes di SMP. Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran Khatulistiwa (JPPK), 7(3).
Sholiha, I., Faradhillah, F., & Muliani, M. (2022). Pengembangan Media Mobile Learning Berbasis Android Terhadap Pemahaman Konsep Siswa Pada Materi Kinematika Gerak Lurus Kelas X Sma Negeri 1 Batang Kuis. Relativitas: Jurnal Riset Inovasi Pembelajaran Fisika, 5(2), 92-102.
Sitepu, E. N. (2022). Media Pembelajaran Berbasis Digital. Prosiding Pendidikan Dasar, 1(1), 242-248.
Syaputrizal, N., & Jannah, R. (2019). Media pembelajaran fisika berbasis mobile learning pada platform android menggunakan aplikasi app inventor untuk meningkatkan kemandirian belajar peserta didik. Natural Secience, 5(1), 800-809.
Talan, T. (2020). The effect of mobile learning on learning performance: A meta-analysis study. Kuram Ve Uygulamada Egitim Bilimleri, 20(1), 79-103.
Widodo, Ari. 2021. Pembelajaran Ilmu Pengetahuan Alam Dasar – Dasar untuk Praktik. UPI Press: Bandung
Widodo, L., Yuliati, L., & Parno, P. (2018). Penguasaan konsep pada Hukum Archimedes siswa sma (Doctoral dissertation, State University of Malang).
Winters, N. (2007). What is mobile learning.
Yani, V. P., Haryono, Y., & Lovia, L. (2022). Hubungan pemahaman konsep matematis dengan kemandirian belajar siswa pada kelas VIII SMP. Plusminus: Jurnal Pendidikan Matematika, 2(3), 439-448.
Yuliana, S. R., Lubis, P. H., & Sugiarti, S. (2021). Pengembangan Lembar Kerja Siswa (LKS) pada Materi Hukum Archimedes dengan Menggunakan Model Pembelajaran Problem Based Learning. Jurnal Pendidikan Fisika, 9(1), 90-101.
DOI: https://doi.org/10.33394/jp.v12i3.15739
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Copyright (c) 2025 The Author(s)

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Jurnal Paedagogy
ISSN: 2722-4627 (Online)
Published by Fakultas Ilmu Pendidikan dan Psikologi (FIPP)
Universitas Pendidikan Mandalika (UNDIKMA)
Email: [email protected]
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.