Analisis Pendahuluan sebagai Dasar Pengembangan Modul Kimia Organik Bermuatan Hasil Riset untuk Mahasiswa Pendidikan Kimia

Yelfira Sari, Putri Ade Rahma Yulis, Putri Nabila, Evi Pamayanti

Abstract


Penelitian pendahuluan ini bertujuan untuk memperoleh data awal yang akan digunakan sebagai dasar pengembangan modul pengajaran kimia organik yang berisi hasil-hasil penelitian bagi mahasiswa pendidikan kimia. Penelitian ini menggunakan model pengembangan ADDIE yang dilakukan sampai dengan tahap Analisis dengan tahapan berupa analisis Kurikulum dan RPS (Rencana Pembelajaran Semester), Analisis Dosen, dan Analisis Kemahasiswaan. Berdasarkan hasil kurikulum dan analisis RPS, mata kuliah kimia organik dipresentasikan dalam dua semester, yaitu Kimia Organik 1 dan Kimia Organik 2, yang secara umum terdiri dari 10 materi utama. Hasil wawancara dengan dosen pengajar menyatakan bahwa bahan ajar yang digunakan masih berupa PPT, sedangkan hasil analisis mahasiswa menyatakan bahwa sebanyak 52,6% mahasiswa menyatakan bahwa bahan ajar yang digunakan dosen tidak memenuhi kebutuhan mahasiswa dalam memahami materi pembelajaran. Sebanyak 84,2% mahasiswa membutuhkan bahan ajar lain untuk lebih memahami materi dalam mata kuliah kimia organik. Berdasarkan data tersebut dapat disimpulkan bahwa perlu dikembangkan bahan ajar berupa modul-modul terpadu hasil penelitian bagi mahasiswa pendidikan kimia.


Keywords


kimia, modul pembelajaran, kimia organik

Full Text:

PDF

References


Arina, H., Munawaroh, F., Rosidi, I., & Hidayati, Y. (2019). Peningkatan Keterampilan Berpikir Kritis Siswa melalui Pendekatan Pembelajaran Berbasis Riset. Natural Science Education Reseach, 2(1), 17–24.

D. Medina, E., & G. Baraquia, L. (2023). Development and Validation of Discovery-Based Modules in Teaching Chemistry. Polaris Global Journal of Scholarly Research and Trends, 2(1), 116–131. https://doi.org/10.58429/pgjsrt.v2n1a107

Estuhono, Festiyed, & Bentri, A. (2019). Preliminary research of developing a research-based learning model integrated by scientific approach on physics learning in senior high school. Journal of Physics: Conference Series, 1185, 012041. https://doi.org/10.1088/1742-6596/1185/1/012041

Fauziah, N., & Putri, I. I. (2019). Analisis Perangkat Pembelajaran Sebagai Dasar Pengembangan Modul Bioteknologi Bermuatan Hasil Riset Untuk Mahasiswa Biologi. Jurnal Bioterdidik, 7(6), 7–13.

Fitriyati, U., Mufti, N., & Lestari, U. (2015). Pengembangan Modul Berbasis Riset Pada Matakuliah Bioteknologi. Jurnal Pendidikan Sains, 3(3), 118–129.

Haryati, S., & Firmadani, F. (2018). Implementasi Pembelajaran Berbasis Riset (PBR) dalam Mata Kuliah “Psikologi Pendidikan.” Indonesian Journal of Education and Learning, 1(2), 70–82. https://doi.org/10.31002/ijel.v1i2.628

Isnaini, M., & Ningrum, W. P. (2018). Hubungan Keterampilan Representasi terhadap Pemahaman Konsep Kimia Organik. Orbital: Jurnal Pendidikan Kimia, 2(2), 12–25.

Kamil, P. M. (2018). Perbedaan Hasil Belajar Siswa pada Materi Sistem Pencernaan pada Manusia dengan Menggunakan Media Power Point dan Media Torso. Bioedusiana, 3(2), 64–68.

Marwanti, E., Wardani, K., & Megawati, I. (2022). Pengembangan Modul Digital Berbasis Team Learning pada Virtual Classroom Konsep Dasar IPS SD. Trihayu: Jurnal Pendidikan Ke-SD-an, 8(2), 1383–1391. https://doi.org/10.30738/trihayu.v8i2.11829

Marzuki, I. (2021). Pengantar Kimia Organik Fisis. CV Tohar Media.

McMurry, J. (2011). Fundamentals of organic chemistry (7th ed). Brooks/Cole/Cengage Learning.

Mujahida, & Rus’an. (2019). Analisis Perbandingan Teacher Centered dan Learner Centered. Scolae: Journal of Pedagogy, 2(2), 323–331.

Mustakim, A., Jumini, S., & Firdaus. (2020). Pengaruh Penggunaan Modul Pembelajaran Fisika dengan Pendekatan Saintific Berbasis Riset untuk Meningkatkan Literasi Sains Siswa Kelas VIII di SMP Takhassus Al-Qur’an 2 Dero Duwur, di Wonosobo Tahun Ajaran 2018/2019. PROSIDING Seminar Nasional Pendidikan Fisika FITK UNSIQ 2020, 2(2), 217–226.

Mustika, D., Rahmi, L., & Miranti, F. (2023). Preliminary Research on 7E Learning Cycle Model-Based Module Development of The Integrated Technological Knowledge. Primary: Jurnal Pendidikan Guru Sekolah Dasar, 12(1), 81. https://doi.org/10.33578/jpfkip.v12i1.9270

Pratama, O. R., Connie, & Risdianto, E. (2021). The Need Analysis of Learning Module Development Using Self Organized Learning Environment (Sole) Assisted by Augmented Reality on Rotational Dynamics and Rigid Body Equilibrium. International Journal of Innovation and Education Research (IJIER), 1(1), 19–30.

Rahmawati, H., & Irawati, R. K. (2023). Analisis Kebutuhan Bahan Ajar Kimia Organik yang Berorientasi Higher Order Thinking Skills. Edukasi: Jurnal Pendidikan, 21(1), 68–82. https://doi.org/10.31571/edukasi.v21i1.5323

Rahmawati, R., Laksmiwati, D., Al Idrus, S. W., Hakim, A., & Supriadi, S. (2021). Pengembangan Modul Praktikum Kimia Organik I Berbasis Problem Based Learning (PBL) dalam Meningkatkan Keterampilan Sains. Jurnal Pijar Mipa, 16(2), 176–179. https://doi.org/10.29303/jpm.v16i2.2474

Rajagukguk, S. (2022). Analisis Kesulitan Belajar Kimia Organik Mahasiswa Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Simalungun. Eksakta: Jurnal Penelitian Dan Pembelajaran MIPA, 7(2), 181–189.

Ramadani, R., Ramlawati, R., & Arsyad, M. (2020). Pengembangan Modul Pembelajaran Kimia Berbasis Augmented Reality. Chemistry Education Review, Pendidikan Kimia PPs UNM, 3(2), 152–162. https://doi.org/10.26858/cer.v3i2.13315

Salame, I. I., Patel, S., & Suleman, S. (2019). Examining Some of The Students’ Challenges in Learning Organic Chemistry. International Journal of Chemistry Education Research, 6–14. https://doi.org/10.20885/ijcer.vol3.iss1.art2

Suryelita, S., & Fitriza, Z. (2018). Development of Organic Chemistry I Learning Module Integrated Experiment Based on Conceptual Change Model ED3U (Explore, Diagnose, Design, Discuss, Use). JKPK (Jurnal Kimia Dan Pendidikan Kimia), 3(1), 19. https://doi.org/10.20961/jkpk.v3i1.16346

Wahyuni, H., Kiswardianta, R. B., & Yuhanna, W. L. (2018). Pengembangan Modul Berbasis Riset pada Mata Kuliah Anatomi Tumbuhan. Prosiding Seminar Nasional SIMBIOSIS III, 36–43.




DOI: https://doi.org/10.33394/hjkk.v11i6.9907

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.