Cover Image

Pengembangan Model Pembelajaran Sains Berorientasi Literasi Sains bagi Mahasiswa Calon Guru Kimia

Tulus Junanto, Rody Putra Sartika

Abstract


Pendidikan sains memiliki peran yang penting dalam menyiapkan siswa memasuki dunia kehidupannya. Tujuan yang ingin dicapai dalam penelitian ini adalah a) mendeskripsikan peningkatan aktivitas belajar siswa menggunakan metode pembelajaran pendekatan sains teknologi masyarakat (STM) yang berorientasi literasi sains, b) mengembangkan metode pembelajaran pendekatan sains teknologi masyarakat (STM) yang berorientasi literasi sains, c) mendeskripsikan efektifitas pengembangan metode pembelajaran pendekatan sains teknologi masyarakat (STM) yang berorientasi literasi sains. Metode penelitian ini adalah Education Research and Development (R&D) yaitu penelitian dan pengembangan. Penelitian dan pengembangan (R&D) dikhususnya pada pembelajaran IPA pada pengembangan metode pembelajaran pendekatan sains teknologi masyarakat (STM) yang berorientasi literasi sains. Berdasarkan hasil penelitian, model pembelajaran berorientasi literasi sains dinilai layak oleh pakar model pembelajaran karena sesuai dengan memenuhi kriteria model pembelajaran. Model pembelajaran ini praktis berdasarkan nilai kepraktisannya karena terstruktur jelas dan praktisi juga dapat dengan mudah menggunakannya. Model pembelajaran berorientasi literasi sains efektif diterapkan. Hal ini dapat dilihat dari nilai kelas ekperimen yang lebih baik dibandingkan nilai kelas kontrol.


Keywords


model pembelajaran sains, literasi sains, calon guru kimia

Full Text:

PDF

References


Ardila, A., Ridha, A., Jauhari, A. H., & Kunci, K. (2015). Efektifitas metode diskusi kelompok dan metode ceramah terhadap peningkatan pengetahuan dan sikap remaja tentang perilaku seks pranikah. Jurnal Mahasiswa Dan Peneliti Kesehatan - JuMantik, 22, 76–91. https://openjurnal.unmuhpnk.ac.id/index.php/JJUM/article/view/156

Astuti, N. R. W., & Dewi, D. A. (2021). Pentingnya Implementasi Nilai-Nilai Pancasila Dalam Menghadapi Perkembangan IPTEK. EduPsyCouns Journal: Journal of Education, Psychology and Counseling, 3(1), 41–49.

Borg, W. R., & Gall, M. D. (1983). Education Research: an Introduction. Logman Inc.

Budiyono. (2017). Pengantar Metodologi Penelitian. UNS Press.

Depdikbud. (1994). Garis-garis Besar Program Pengajaran Sekolah Lanjutan Tingkat Pertama. Dirjen Pendidikan Dasar Depdikbud.

Fahrianur, Monica, R., Wawan, K., Misnawati, Nurachman. A, Veniaty, S., & Ramadhan, I. (2021). Implementasi Literasi di Sekolah Dasar. Journal of Student Research (JSR), 1(No.1), 102–113.

Froyd, J., & Simpson, N. (1999). Student-Centered Learning Adressing Faculty Question about Student-Centered Learning. A&M University.

Hakim, M. N. (2021). Studi Tingkat Literasi Membaca Mahasiswa Selama Pembelajaran Daring. Bahtera Indonesia; Jurnal Penelitian Bahasa Dan Sastra Indonesia, 6(1), 77–87. https://doi.org/10.31943/bi.v6i1.112

Harianto, E. (2020). “Keterampilan Membaca dalam Pembelajaran Bahasa.” Jurnal Didaktika, 9(1), 2. https://jurnaldidaktika.org/

Harras, K. . (2014). Hakikat dan Proses Membaca. Universitas Terbuka.

Hendryadi. (2017). Validitasi Isi: Tahap Awal Pengembangan Kuesioner. Jurnal Riset Manajemen Dan Bisnis (JRMB) Fakultas Ekonomi UNIAT, 2(2), 169–178.

Heryanti, Y. Y., Iskandar, S., & Kurniawan, T. (2022). Perbedaan Pembelajaran Abad 19-20 Dengan Pembelajaran Abad 21. Jurnal EDUPENA, 3(2), 39–53.

Heryanto. (2014). Pendidikan Di Abad Globalisasi. 7.

Hutasoit, S. A. (2021). Pembelajaran Teacher Centered Learning (TCL) DAN Projrct Based Learning (PBL) Dalam Pengembangan Kinerja Ilmiah dab Peninjauan Karakter Siswa. Jurnal Pendidikan Indonesia, 2(10), 1775–1799.

Jannah, F. (2013). Pendidikan Seumur Hidup dan Implikasinya. Dinamika Ilmu, 13(1), 1–16. https://doi.org/10.21093/di.v13i1.19

Klausner, R. . (1996). National Science Education Standard. National Academy Press.

Laksmiwati, Y. W. S. H. laksmiwati, & Khoirunnisa, R. N. (2018). Penerapan Model Problem Based Learning Untuk Meningkatkan Kemampuan Berfikir Kritis Mahasiswa. Jurnal Pendidikan (Teori Dan Praktik), 3, 7–12.

Lestari, I., & Ilhami, A. (2022). Penerapan Model Project Based Learning Untuk Meningkatkan Keterampilan Berpikir Kreatif Siswa Smp: Systematic Review. LENSA (Lentera Sains): Jurnal Pendidikan IPA, 12(2), 135–144. https://doi.org/10.24929/lensa.v12i2.238

Lubis, B. N. A., Syahputri, D., & Rambe, K. R. (2022). Pelatihan Teknik Membaca Cepat: Skimming and Scanning Bagi Siswa Kelas XI Jurusan Teknik Komputer dan Jaringan SMK Swasta Yapim Biru-Biru. Jurnal Pustaka Mitra (Pusat Akses Kajian Mengabdi Terhadap Masyarakat), 2(1), 30–33. https://doi.org/10.55382/jurnalpustakamitra.v2i1.107

Mantiri, J. (2019). Peran Pendidikan Dalam Menciptakan Sumber Daya Manusia Berkualitas Di Provinsi Sulawesi Utara. Jurnal Civic Education: Media Kajian Pancasila Dan Kewarganegaraan, 3(1), 20. https://doi.org/10.36412/ce.v3i1.904

Muderawan, I. ., Wiratma, I. G. L., & Nabila, M. Z. (2019). Analisis Faktor-Faktor Penyebab Kesulitan Belajar Siswa pada Materi Kelarutan dan Hasil Kali Kelarutan. Jurnal Pendidikan Kimia Indonesia, 3(1), 17–23.

Pambudi, F. S., & Diawati, C. (2018). Pengaruh Isu Sosiosaintifik untuk Meningkatkan Literasi Kimia pada Materi Elektrolit. Pendidikan Kimia, 1, 1–12.

Parapat, L. H., & Huda, R. (2022). Problematika Keterampilan Membaca Dan Menulis Pada Mahasiswa Pendidikan Bahasa Indonesia Um-Tapsel. Jurnal Hata Poda, 1(1), 50–59. https://doi.org/10.24952/hatapoda.v1i1.5440

Prastyaningtias, S. D. (2019). Analisis Kesulitan Mahasiswa Institut Teknologi dan Sains Nahdlatul Ulama Pasuruan pada Mata Kuliah Biologi Umum Materi Sistem Pencernaan Manusia. Jurnal Eksakta Pendidikan (Jep), 3(1), 61. https://doi.org/10.24036/jep/vol3-iss1/307

Prayogi, R. D., & Estetika, R. (2019). Kecakapan Abad 21: Kompetensi Digital Pendidik Masa Depan. Jurnal Manajemen Pendidikan, 14(2), 144–151.

Pristiwanti, D., Badariah, B., Hidayat, S., & Dewi, R. S. (2022). Pengertian Pendidikan. Jurnal Pendidikan Dan Konseling (JPDK), 4(6), 1707–1715.

Ramayulis. (2005). Metodologi Pendidikan. Kalam Mulia.

Roestiya, N. . (2001). Strategi Belajar Mengajar. Rineka Cipta.

Romanti, S., & Rohita, R. (2021). Peran Guru Meningkatkan Kemampuan Anak Dalam Memecahkan Masalah Di Sentra Bahan Alam. Jurnal Anak Usia Dini Holistik Integratif (AUDHI), 3(1), 1. https://doi.org/10.36722/jaudhi.v3i1.587

Roy, R. (1985). Funding science: The real defects of peer review and an alternative to it. Science, Technology, & Human Values, 10(3), 73–81.

Rusdiana, A. (2014). Integrasi Pendidikan Agama Islam dengan Sains dan Teknologi. Istek, 8(2), 123–143.

Sadia, I. W. (2009). Pendekatan Sains Teknologi Masyarakat dalan Pembelajaran Sains. Makalah. Diklat Strategi Pembelajaran Inovatif Bagi Guru Fisika Di Lingkungan Dinas Pendidikan Provinsi Bali Tanggal 22 s/d 27 Agustus 2009.

Sakti, I., Nirwana, N., & Swistoro, E. (2021). Penerapan Model Project Based Learning Untuk Meningkatkan Literasi Sains Mahasiswa Pendidikan Ipa. Jurnal Kumparan Fisika, 4(1), 35–42. https://doi.org/10.33369/jkf.4.1.35-42

Sari, A. W. (2016). Pentingnya Keterampilan Mendengar Dalam Menciptakan Komunikasi Yang Efektif. Jurnal EduTech, 2(1), 1–10. http://jurnal.umsu.ac.id/index.php/edutech/article/view/572

Sofiah, R., Suhartono, S., & Hidayah, R. (2020). Analisis Karakteristik Sains Teknologi Masyarakat (Stm) Sebagai Model Pembelajaran: Sebuah Studi Literatur. Pedagogi: Jurnal Penelitian Pendidikan, 7(1), 1–18. https://doi.org/10.25134/pedagogi.v7i1.2611

Suatini, N. K. . (2019). Langkah-langkah mengembangkan kemampuan berpikir kritis pada sisw. Kamaya: Jurnal Ilmu Agama, 2(1), 41–50.

Sukarjo. (2002). Kecenderungan Pembelajaran IPA di SMU. Diberikan Sebagai Kuliah Tambahan/Seminar Pada Program Studi Pendidikan Sains, Program Pascasarjana UNS, Tanggal 6 Juni 2002.

Sumanik, N. B., Nurvitasari, E., & Siregar, L. F. (2021). Analisis Profil Kemampuan Literasi Sains Mahasiswa Calon Guru Pendidikan Kimia. Quantum: Jurnal Inovasi Pendidikan Sains, 12(1), 22. https://doi.org/10.20527/quantum.v12i1.10215

Syafruddin, S. (2017). Implementasi Metode Diskusi Terhadap Peningkatan Hasil Belajar Siswa. CIRCUIT: Jurnal Ilmiah Pendidikan Teknik Elektro, 1(1), 63–73. https://doi.org/10.22373/crc.v1i1.1384

Syahraini, T. (2015). Metode Diskusi dalam Pembelajaran Pendidikan Agama Islam. Al-Hikmah: Jurnal Agama Dan Ilmu Pengetahuan , 12(1), 1–20.

Tahmidaten, L., & Krismanto, W. (2020). Permasalahan Budaya Membaca di Indonesia (Studi Pustaka Tentang Problematika & Solusinya). Scholaria: Jurnal Pendidikan Dan Kebudayaan, 10(1), 22–33. https://doi.org/10.24246/j.js.2020.v10.i1.p22-33

Tarigan, & Guntur, H. (2008). Memmbaca Sebagai Suatu Keterampilan Berbahasa. Angkasa Bandung.

Trianto. (2007). Model-Model Pembelajaran Inovatif Berorientasi Konstruktivisme. Prestasi Pustaka.

Tutiasri, R. P. (2016). Komunikasi Dalam Komunikasi Kelompok. CHANNEL: Jurnal Komunikasi, 4(1), 81–90. https://doi.org/10.12928/channel.v4i1.4208

Walter, D., Carey, L., & Carey, J. O. (2009). The Systematic Design of Intruction. Pearson New Jersey.

Widayati, S. (2019). Peranan Guru Dalam Pembelajaran Bahasa. Edukasi Lingua Sastra, 17(1), 1–14. https://doi.org/10.47637/elsa.v17i1.101

Wirabumi, R. (2020). Metode Pembelajaran Ceramah. Annual Conference on Islamic Education and Thought, I(I), 105–113. https://pkm.uika-bogor.ac.id/index.php/aciet/article/view/660/569

Yager, R. . (1996). Science/ Technology/ Society Providing Useful a Appropriate Science For All. A Paper Presented at the Seminar on Science-Technology-Society, Organizer by Indonesian Association for Science Education and the Graduate School of IKIP Bandung, June 10, 1996.

Yulianingsih, L. T., & Sobandi, A. (2017). Kinerja Mengajar Guru Sebagai Faktor Determinan Prestasi Belajar Siswa. Jurnal Pendidikan Manajemen Perkantoran, 2(2), 49. https://doi.org/10.17509/jpm.v2i2.8105

Zahriani, Z. (2014). Kontektualisasi Direct Instruction Dalam Pembelajaran Sains. Lantanida Journal, 2(1), 95. https://doi.org/10.22373/lj.v2i1.667




DOI: https://doi.org/10.33394/hjkk.v11i5.8886

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.