Cover Image

Efektivitas Model Pembelajaran Berbasis Proyek terhadap Pemahaman Konsep pada Materi Larutan Asam Basa

Sholahuddin Sholahuddin, Raudhatul Fadhilah, Dedeh Kurniasih

Abstract


Pemahaman konsep siswa dipengaruhi oleh model pembelajaran yang diterapkan oleh guru. Pembelajaran cenderung menerapkan model konvensional yang membuat siswa kurang memahami konsep, sehingga diperlukan alternatif model pembelajaran yang dapat meningkatkan pemahaman konsep siswa pada materi asam basa. Salah satu alternatif model pembelajaran yang dapat digunakan adalah model Project Based Learning (PjBL). Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui Perbedaan dan Efektivitas Pemahaman konsep siswa pada materi Larutan Asam Basa kelas XI IPA dan XI IPS 1 MAN 3 Pontianak antara model pembelajaran PjBL dengan model Pembelajaran Konvensional. Bentuk penelitian yang digunakan adalah eksperimen dengan rancangan Quasy Eksperimental. Pengambilan sampel menggunakan teknik random sampling, diperoleh kelas XI IPS 1 sebagai kelas kontrol dan XI IPA sebagai kelas eksperimen. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah teknik pengukuran, observasi dan wawancara. Alat pengumpul data yang digunakan adalah tesĀ  hasil belajar siswa berbentuk pilihan ganda dengan tipe (two tier multiple choice), lembar observasi dan lembar wawancara. Hasil uji statistik menggunakan uji U Mann Whitney dengan Asymp sig. (2-tailed) sebesar 0.000 < 0,05 yang berarti Ha diterima. Hal ini menunjukkan bahwa terdapat perbedaan pemahaman konsep yang dilihat dari hasil belajar siswa antra yang diajarkan menggunakan model PjBL dengan model pembelajaran konvensional. Model PjBL efektif dalam meningkatkan pemahaman konsep siswa dengan nilai Effect Size sebesar 2,78 dengan persentase efektivitas sebesar 49,73%

Keywords


efektivitas; larutan asam basa; pemahaman konsep; project based learning

Full Text:

PDF

References


Akmala, Suana, & Sesunan. (2014). Analisis Kemampuan Berfikir Tingkat Tinggi Siswa SMA Pada Materi Hukum Newton Tentang Gerak.

Anisa. (2012). Pengaruh Model Pembelajaran Poe (Predict, Observe, And Explanation) dan Sikap Ilmiah Terhadap Prestasi Belajar Siswa pada Materi Asam, Basa, dan Garam Kelas VII Semester 1 SMP N 1 Jaten Tahun Pelajaran 2012/2013.

Fitri, Dasna, & Suharjo. (2018). Pengaruh Model Project Based Learning (PjBL) terhadap Kemampuan Berpikir Tingkat Tinggi Ditinjau dari Motivasi Berprestasi Siswa Kelas IV Sekolah Dasar. Briliant: Jurnal Riset Dan Konseptual.

Johnstone. (2021). Chemical Education Research in Glasgow Perspective. Chemistry Educatuion Research and Practice.

Novitasari, & Suhartono. (2021). Pengaruh Model Pembelajaran Project Based Learning (PjBl), Model Konvensional dan Perhatian Orang Tua Terhadap Hasil Belajar Peserta Didik Kelas IV SDN Tandes Kidul I/110 Surabaya. Jurnal Pendidikan Dasar.

Patton. (2012). Pembelajaran Project Based Learning (PjBL). Rineka Cipta.

Pratiwi, Ardianti, & Kanzunnudin. (2018). Peningkatan Kemampuan Kerjasama Melalui Model Project Based Learning (Pjbl) Berbantuan Metode Edutainment pada Mata Pelajaran Ilmu Pengetahuan Sosial. Refleksi Edukatika: Jurnal Ilmiah Kependidikan.

Putri, Fadiawati, & Rudibyani. (n.d.). Model Discovery Learning dalam Meningkatkan Keterampilan Berpikir Fleksibel pada Materi Asam-Basa.

Rahmatina, Sumarmo, & Johar. (2014). Tingkat Berpikir Kreatif Siswa dalam Menyelesaikan Masalah Matematika Berdasarkan Gaya Kognitif Reflektif dan Impulsif. Jurnal Didaktik Matematika.

Ratnasari, Susatyo, E. B., & Nurhayati, S. (2017). Pengaruh Pembelajaran Berbasis Proyek Berbantuan Lembar Kerja Siswa terhadap Kemampuan Berpikir Kreatif. Chemistry in Education.

Roziqin, Lesmono, & Bachtiar. (2018). Pengaruh Model Pembelajaran Berbasis Proyek (Project Based Learning) terhadap Minat Belajar dan Keterampilan Proses Sains Siswa pada Pembelajaran Fisika di SMAN Balung. Jurnal Pembelajaran Fisika.

Sastrika, I. A. K., Sadia, W., & Muderawan, I. W. (2013). Pengaruh model pembelajaran berbasis proyek terhadap pemahaman konsep kimia dan keterampilan berpikir kritis. Jurnal Pendidikan Dan Pembelajaran IPA Indonesia.

Sem, A., Iskandar, S., & Rahayu, S. (2019). Pengaruh Model Daur Belajar Enam Fase-STAD Terhadap Hasil dan Motivasi Belajar Siswa pada Materi Asam Basa. Jurnal Kimia Dan Pendidikan.

Sudjana. (2004). Dasar-dasar Proses Belajar mengajar. Sinar Baru Algensindo Offset.

Sugiyono. (2013). Metode Penelitian Kuantitatif. Alfabet.

Suharsiman, A. (1995). Manajemen Penelitian, Cetakan ke-3. Rineka Cipta.

Suyono. (2015). Model Pembelajaran Multiple Representasi. Media Akademi.

Wena. (2012). Strategi Pembelajaran Inovatif. PT. Bumi Aksara.

Wulandari, R., & Novita, D. (2018). Pengembangan Lembar Kerja Peserta Didik (LKPD) Berbasis Project Based Learning Pada Materi Asam Basa Untuk Melatihkan Keterampilan Berpikir Kritis. Unesa Journal of Chemical Education.




DOI: https://doi.org/10.33394/hjkk.v11i5.8675

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.