Deskripsi Pemahaman Konsep pada Materi Struktur Atom di Kelas X SMA Negeri 01 Ngabang

Nyemas Firda Diannisa, Erlina Erlina, Andi Ifriany Harun, Rachmat Sahputra, Maria Ulfah

Abstract


Pemahaman konsep sangat penting bagi siswa agar mengerti pada materi yang dipelajari dan lebih mudah untuk mengikuti pembelajaran pada tingkatan yang lebih tinggi. Struktur atom memuat materidasar kimia untuk memahamimateri kimia yang lebih tinggi. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan pemahaman konsep siswa pada materi Struktur Atom. Keterbaharuan dalam peneltian ini yaitu menggunakan indikator pemahaman menurut Anderson & Krathwohl dan kriteria pemahaman yang diadaptasi dari penelitian Akkuzu dan Uyulgan (2016). Metode penelitiannyaadalah deskriptif kuantitatif yang dilaksanakan di SMA Negeri 01 Ngabang, sampel penelitian adalah 35 orang siswa kelas X MIPA A.Teknik pengumpulan data yaitu teknik pengukuran berupa tes tertulisberbentuk esai. Dilakukan analisis data secara deskriptif kuantitatif. Hasil penelitianmenunjukkan sebanyak 52% siswa yang menjawab dengan benar pada konsep partikel penyusun atom yang menunjukkan kategori Menunjukkan Pemahaman (MP) dan sebanyak 73% siswa tidak memberikan tanggapan pada konsep sifat keperiodikan unsur yang menunjukkan kategori Tidak Ada Tanggapa (TA).

Kata Kunci: deskripsi, pemaham konsep, struktur atom



Description of Understanding Concepts in Atomic Structure Matter in Class X of SMA Negeri 01 Ngabang

Abstract

Conceptual understanding is very important for students to understand the material being studied and it is easier to follow learning at a higher level. Atomic structure contains basic chemical material to understand higher chemical matter. This study aims to describe students' conceptual understanding of Atomic Structure material. The update in this research is to use understanding indicators according to Anderson & Krathwohl and understanding criteria adapted from research by Akkuzu and Uyulgan (2016). The research method was descriptive quantitative which was carried out at SMA Negeri 01 Ngabang, the research sample was 35 students of class X MIPA A. The data collection technique was a measurement technique in the form of a written test in the form of an essay. Data analysis was carried out in a quantitative descriptive manner. The results showed that as many as 52% of students answered correctly on the concept of atomic composing particles which indicated the Demonstrated Understanding (MP) category and as many as 73% of students did not respond to the concept of periodicity of elements which indicated the No Response (TA) category.

Keywords


description, concept understanding, atomic structure

Full Text:

PDF

References


Akkuzu, N., & Uyulgan, M. A. (2016). An epistemological inquiry into organic chemistry education : Exploration of undergraduate students’ conceptual understanding of functional groups. Chemistry Education Research and Practice, 17(1), 36–57. https://doi.org/10.1039/c5rp00128e

BSNP. (2006). Panduan Penyusunan Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan Jenjang Pendidikan Dasar Dan Menengah. Jakarta : Depdiknas.

Candraningrum, E., & Sidauruk, S. (2021). Identifikasi Miskonsepsi menggunakan Two - Tier Multiple Choice pada Konsep Partikel Materi untuk Peserta Didik Kelas IX I. Journal of Environment and Management, 3(2), 117–124.

Farida, I. (2017). Kimia Anorganik II. CV Insan Mandiri.

Heri Retnawati. (2017). Analisis Kuantitatif Instrumen Penelitian. Parama Publishing.

Istiyani, R., Muchyidin, A., & Rahardjo, H. (2018). Analisis Miskonsepsi Siswa pada Konsep Geometri menggunakann Three-Tier Diagnostic Tes. Jurnal Cakrawala Pendidikan, 37(2), 223–236.

Junarti, Enawaty, E., & Sartika, R. P. (2018). Deskripsi Pemahaman Konsep Siswa pada Materi Perubahan Kimia dan Fisika di Kelas VII SMP. Jurnal Pendidikan Dan Pembelajaran, 7(1), 1–9.

Kusnawa, W. S. (2012). Taksonomi Kognitif. PT. Remaja Rosda Karya.

Mampate, E. (2020). Identifikasi Pemahaman Siswa pada Materi Struktur Atom di Kelas X Menggunakan Three-Tier Multiple Choice di SMA Negeri 1 Darul Imarah. In Skripsi. Universitas Islam Negeri Ar-Raniry.

Pahriah, P., & Khery, Y. (2017). Aplikasi Pembelajaran Berbasis Android pada Materi Sistem Periodik Unsur untuk Peningkatan Pemahaman Konsep Mahasiswa. Hydrogen: Jurnal Kependidikan Kimia, 5(1), 24. https://doi.org/10.33394/hjkk.v5i1.105

Riduwan. (2008). Skala Pengukuran Variabel-Variabel Penelitian. Alfabeta.

Rohanawati, R., Suryati, S., & Dewi, C. A. (2014). Pengembangan Media Animasi dengan Macromedia Flash pada Materi Struktur Atom. Hydrogen: Jurnal Kependidikan Kimia, 2(2), 196. https://doi.org/10.33394/hjkk.v2i2.655

Sugiyarto. (2000). Kimia Anorganik 1 Dasar-Dasar Kimia Anorganik Nonlogam. Universitas Negeri Yogyakarta.

Sugiyono. (2016). Metode Penelitian Kombinasi (Mix Methods). Alfabeta.

Syf Bella T.A , Rachmat Sahputra, E. E. (2013). Analisis Pemahaman Konseptual dan Pemahaman Algoritmik pada Materi Kelarutan dan Hasil Kelarutan. Jurnal Pendidikan Dan Pembelajaran Khatulistiwa, 2(9), 1–14. https://doi.org/10.26418/jppk.v2i9.3311

Syukri. (1999). Kimia Dasar I. Institut Teknologi Bogor.

Tasya, Y., Sadiana, I. M., & Asi, N. B. (2020). Profil Penguasaan Konsep Struktur Atom pada Siswa Kelas X MIPA SMA Negeri 4 Palangka Raya Tahun Ajaran 2018/2019. Jurnal Ilmiah Kanderang Tingang, 11(1), 30–40. https://doi.org/10.37304/jikt.v11i1.70

Widiyowati, I. I. (2014). Hubungan Pemahaman Konsep Struktur Atom dan Sistem Periodik Unsur dengan Hasil Belajar Kimia pada Pokok Bahasan Ikatan Kimia. Universitas Mulawarman Samarinda, 3(4), 99–116.

Zulfadli, & Munawwarah, I. (2016). Identifikasi Pemahaman Siswa terhadap Konsep Kelarutan dan Hasil Kali Kelarutan dengan Menggunakan Tes Diagnostik Three-Tier Multiple Choice. Jurnal Edukasi Kimia, 1(1), 32–40.




DOI: https://doi.org/10.33394/hjkk.v11i4.8091

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.