Pengaruh Model Somatic Auditory Visualization Intellectualy (Savi) Dengan Media Puzzle Terhadap Aktivitas Dan Pemahaman Konsep Siswa Pada Materi Hidrokarbon

Sri Eni Armiati, Pahriah Pahriah

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui (1) bagaimana aktivitas siswa dengan menerapkan modelSomatic Auditory Visualization Intellectualy (SAVI)  dengan Media Puzzle pada materi hidrokarbon (2) adanya pengaruh model pembelajaran Somatic Auditory Visualization Intellectualy (SAVI)  dengan Media Puzzleterhadap pemahaman konsep siswa pada materi hidrokarbon. Penelitian ini menggunakan metode eksperimen, jenis quasi experimentaldengan desain penelitian Posttest-onlyControl Group Design”. Teknik pengambilan sampel dalam penelitian ini menggunakan cluster random sampling, sehingga diperoleh kelas eksperimen yaitu kelas X PMIA 2 yang dibelajarkan dengan menggunakan model Somatic Auditory Visualization Intellectualy (SAVI)  dengan Media Puzzle dan kelas kontrol yaitu kelas X PMIA 6 yang dibelajarkan dengan menggunakan model Somatic Auditory Visualization Intellectualy (SAVI)tanpa media. Pengambilan data menggunakan lembar observasi untuk aktivitas dan pemahaman konsep menggunakan tes dalam bentuk pilihan ganda beralasan. Hasil penelitian didapatkan nilai signifikan (0,035)< signifikan α (0,05). Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) Model Somatic Auditory Visualization Intellectualy (SAVI)  dengan Media Puzzle berpengaruh positif terhadap aktivitas siswa, dimana kelas eksperimen memiliki nilai yang lebih baik yaitu sebesar 70dibandingkan kelas kontrol yaitu sebesar 69,(2) Penerapan model Somatic Auditory Visualization Intellectualy (SAVI)  dengan Media Puzzle berpengaruh terhadap pemahaman konsep  siswa. Hal ini dibuktikan darinilai rata-rata untuk kelas eksperimen sebesar 77,3 lebih baik dari nilai rata-rata kelas kontrol sebesar 71,1.


Keywords


SAVI, Puzzle, Aktivitas, Pemahaman Konsep.

Full Text:

PDF

References


Haerudin. 2013. Pengaruh Pendekatan SAVI Terhadap Kemampuan Komunikasi Dan Penalaran Matematikserta Kemandirian Belajar Siswa Smp. Jurnal Ilmiah Program Studi Matematika STKIP Siliwangi Bandung. Vol 2, No.2. 183-193.

Jannah, Binti Solikhatul., Suryadharma, I.B., Fajaroh, Fauziatul. 2013. Studi Evaluasi Pemahaman Konsep Reaksi Redoks Menggunakan Tes Objektif Beralasan pada Siswa Kelas X SMA Negeri 10 Malang. Malang: Universitas Negeri Malang.

Kusuma, Ersanghono., Wijayati, Nanik., Wibowo, Langgeng, Setyo. 2008. Pembelajaran Kooperatif Tipe Nht Berbasis SAVI Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Kimia Pokok Bahasan Laju Reaksi. Jurnal Inovasi Pendidikan Kimia.

Mayliana, Esther., Sofyan, Herminarto,. 2013. Penerapan Accelerated Learning Dengan Pendekatan SAVI Untuk Meningkatkan Motivasi Dan Hasil Belajar Kompetensi Menggambar Busana. Jurnal Pendidikan Vokasi, Vol 3, Nomor 1.

Purba, Michael. 2007. Kimia Untuk SMA/MA Kelas X. Jakarta: Erlangga.

Shoimin, Aris. 2014. 68 Model Pembelajaran Inovatif dalam Kurikulum 2013. Yogyakarta: Ar-Ruz Media.

Sugiyono, 2014. Metode Penelitian Pendidikan. Bandung: Alfabet

Wijayanti, Tutik, Fitri,. Prayitno, Baskoro, Adi,. Marjono. 2013. Pengaruh Pendekatan SAVI Melalui Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Stad Terhadap Hasil Belajar Pada Siswa Kelas VII SMP Negeri 14 Surakarta. Jurnal Pendidikan Biologi.

Yanti, Dominika,. 2014. Peningkatan Aktivitas Belajar Peserta Didik Menggunakan Media Puzzle IPS Kelas IV di SD. Artikel Penelitian

Yanti, Erlina,. 2013. Pengaruh Pendekatan SAVI terhadap Pemahaman Konsep Matematis Siswa. Artikel.




DOI: https://doi.org/10.33394/hjkk.v3i2.688

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.