Pengaruh Pembelajaran TGT Berbantuan Media Domino Terhadap Minat Dan Hasil Belajar Siswa Pada Materi Stuktur Atom

Asri Wahyuni, Suryati Suryati, Citra Ayu Dewi

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh pembelajaran TGT dengan media Domino terhadap minat dan hasil belajar siswa pada materi struktur atom. Penelitian ini menggunakan jenis eksperimen semu dengan desain penelitian Posttest-Only Control Design”. Pengambilan sampel dalam penelitian ini dilakukan dengan teknik cluster random sampling dan didapatkan kelas X IPA 1 sebagai kelas eksperimen dan X IPA 2 sebagai kelas kontrol. Hasil penelitian menunjukkan bahwa : 1) minat belajar kelas eksperimen sebesar 77% sedangkan kelas kontrol sebesar 76%. 2) Hasil belajar siswa pada ranah kognitif kelas eksperimen diperoleh nilai rata-rata sebesar 75 dengan ketuntasan klasikal sebesar 67% sedangkan nilai rata-rata kelas kontrol sebesar 71 dengan ketuntasan klasikal sebesar 50%. Berdasarkan hasil pengujian hipotesis didapatkan nilai signifikan sebesar 0,093 > 0,05 sehingga dapat disimpulkan bahwa tidak terdapat perbedaan hasil belajar antara kelas eksperimen dengan kelas kontrol pada materi struktur atom.

 


Keywords


TGT, Media Domino, Minat Belajar, Hasil Belajar.

Full Text:

PDF

References


Arikunto, S. 2010. Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktik (edisi revisi). Jakarta: Rineka Cipta.

Dewi, C. A. (2012). Pengaruh Blended Learning dalam Pembelajaran Berbasis Masalah (PBL) Terhadap Hasil Belajar Mahasiswa Prodi Pendidikan Kimia IKIP Mataram Tahun Akademik 2011/2012Pada Materi Pencemaran Lingkungan.(Tesis). DISERTASI dan TESIS Program Pascasarjana UM.

Khudori, M. 2012. Pembelajaran IPA Dengan Metode TGT Menggunakan Media Games Ular Tangga dan Puzzle Ditinjau Dari Gaya Belajar dan Kreativitas Siswa. Jurnal Inkuiri, Vol. 1 No. 2

Kusumaningsih, K. D dan Leonard. 2009. Pengaruh Model Pembelajaran Kooperatif Tipe TGT Terhadap Peningkatan Hasil Belajar Biologi Pada Konsep Sistem Pencernaan Manusia. Jurnal Ilmiah Exacta, Vol. 2 No. 1

Martadinata, Y. S. 2013. Analisis Kesulitan Belajar Kimia Siswa Berkarakter Divergen dan Konvergen Dalam Memahami Materi Struktur Atom Di SMA Negeri 1 Gunung Sari Tahun Pelajaran 2013/2014. Skripsi S1 Mataram : FPMIPA IKIP Mataram. Tidak diterbitkan.

Nuryanti, L. Upaya Meningkatkan Hasil Belajar Biologi Dengan Pembelajaran Kooperatif Metode TGT (Teams Game Tournament) Menggunakan Roda Impian Pada Siswa Kelas X 5 Sma Al-Islami Surakarta Tahun Ajaran 2007/2008. Skripsi S1. Surakarta. Tidak Diterbitkan.

Rakhmadhani, N. 2013. Pengaruh Penggunaan Metode Teams Games Tournament Berbantuan Media Teka-Teki Silang dan Ular Tangga Dengan Motivasi Belajar Terhadap Prestasi Siswa Pada Materi Koloid Kelas XI SMA Negeri 1 Simo Tahun Pelajaran 2011/2012. Jurnal Pendidikan Kimia (JPK),Vol. 2 No. 4

Samuel, 2012. Achievement in Cooperative versus Individualistic Goal-Structured Junior Secondary School Mathematics Classrooms in Nigeria. International Journal of Mathematics Trends and Technology- Volume3 Issuel.

Ekawati, E. 2013. Efektivitas Metode Pembelajaran TGT (Teams Games Tournament) Yang Dilengkapi Dengan Media Power Point dan Destinasi Terhadap Prestasi Belajar. Jurnal Pendidikan Kimia (JPK), Vol. 2 No. 1

Hermawanti, K. 2013. Belajar IPA Menurut Kurikulum 2013. Jurnal Program Pascasarjana, Universitas Negeri Semarang.

Slavin, R. E. 2005. Cooperative Learning Teori, Riset dan Praktik Bandung : Nusa Media.

Slameto. 2013. Belajar dan Faktor-faktor Yang Mempengaruhinya. Jakarta : Rineka Cipta.

Sugiyono. 2013. Metode Penelitian Kuantitatif Kualiataif dan R & D. Bandung: Alfabeta.




DOI: https://doi.org/10.33394/hjkk.v2i2.653

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.