Respon dan Aktivitas Siswa dan Guru Pada Penerapan Perangkat Pembelajaran Asam Basa Dengan Pendekatan Somatis Auditori Visual Intelektual (SAVI)

Yusran Khery, Raodyatun Raodyatun

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk melihat respon dan aktivitas siswa dan guru pada penerapan perangkat pembelajaran asam basa dengan berdasarkan pendekatan Somatis Auditori Visual Intelektual (SAVI) dalam kegiatan pembelajaran di kelas. Metode penelitian yang digunakan ialah pre-experimental design, dan desain penelitian yang digunakan ialah one-shot case study. Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini ialah : (1) angket respon siswa; (2) lembar observasi kegiatan guru; (3) lembar observasi kegiatan siswa. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) respon siswa terhadap penerapan perangkat pembelajaran asam basa dengan pendekatan SAVI  baik, begitu juga dengan respon guru; (2) aktivitas siswa dan guru pada setiap pertemuan dalam penerapan perangkat pembelajaran asam basa dengan pendekatan Somatis Auditori Visual Intelektual (SAVI)  sangat baik. Berdasarkan hasil tersebut respon guru dan siswa terhadap penerapan perangkat pembelajaran asam basa dengan pendekatan SAVI dalam kelas baik.


Keywords


Respon guru dan siswa, perangkat pembelajaran asam basa, pendekatan Somatis Auditori Visual Intelektual (SAVI).

Full Text:

PDF

References


Agustina, A, dan Novita, D. 2012. Pengembangan Media Pembelajaran Video untuk Melatih Kemampuan Memecahkan Masalah pada Materi Larutan Asam Basa. Jurnal Pendidikan Kimia Unesa Tahun 16 Nomor 1.

Ardyansyah. 2012. Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Think Pair Share (Tps) untuk Meningkatkan Aktivitas dan Hasil Belajar Fisika Siswa Kelas VIII di Mts. Nm Addinul Qayyimu Kapek Tahun Pelajaran 2011/2012. Skripsi. Mataram: FPMIPA IKIP Mataram

Chittleborough G. D, Treagust D. F, dkk. 2002. Contraints to the development of first year University Chemistry Students’ Mental Models of Chemical. Curtin University of Technology.

Ekawati. 2011. Efektivitas Pembelajaran Dengan Pendekatan “Savi (Somatis Auditori Visual Intelektual)” Terhadap Hasil Belajar Biologi Siswa Kelas Viii Semester 1 Smp Negeri 2 Gunungsari Tahun Ajaran 2010/2011. Skripsi. Mataram : FKIP Universitas Mataram.

Fajaroh F, Nazriati, dkk. 2006. Dampak Pembelajaran Kimia Menggunakan Model Penggambaran Mikroskopik Terhadap Hasil Belajar Siswa SMA. Jurnal Pendidikan Tahun 16 Nomor 1.

Fajriatin, T. 2012. Peggunaan Demonstrasi, Animasi, dan Diskusi serta Pengaruhnya Terhadap Pemahaman Konsep Reaksi Redoks Siswa Kelas X MA-Yusuf Abdussatar Lombok Barat Tahun Pelajaran 2012/2013. Proposal. Mataram: FPMIPA IKIP Mataram

Rahman, N. 2012. Pengembangan Perangkat Pembelajaran Kimia SMA Kelas XI Materi Asam Basa untuk Pembentukan Karakter Peserta Didik. Skripsi. Yogyakarta: Universitas Negeri Yogyakarta.

Sugiyono. 2009. Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R & D. Bandung: Penerbit Alfabeta.




DOI: https://doi.org/10.33394/hjkk.v2i1.644

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.