Pengaruh Strategi Pengembangan Keahlian Berpikir Divergen Dengan STAD Terhadap Karakter Berpikir Divergen Konvergen dan Kemampuan Berpikir Siswa

Yusran Khery, Destri Supriani

Abstract


Tujuan penelitian ini untuk mengetahui ada tidaknya pengaruh strategi pengembangan keahlian berpikir divergen dengan STAD (STAD-Divergen) terhadap karakter berpikir divergen konvergen dan kemampuan berpikir divergen siswa kelas X SMA Islam Al-Azhar NW Batulayar pada materi Hidrokarbon. Populasi dalam penelitian ini adalah siswa kelas X di SMA Islam Al-Azhar NW Batulayar tahun ajaran 2012/2013. Penelitian ini menggunakan metode Eksperimen. Pengumpulan data dalam penelitian ini dilakukan dengan metode angket, dan tes. Analisis data dilakukan dengan statistik parametrik perbandingan dua sampel, uji t-sampel bebas dan deskriptif kualitatif menggunakan program SPSS 16.0 for windows. Hasil uji Hipotesis ini membuktikan Strategi pengambangan keahlian berpikir divergen (STAD-Divergen) tidak berpengaruh terhadap karakter berpikir divergen dan konvergen, tetapi berpengaruh terhadap kemampuan berpikir divergen siswa. 

 


Keywords


STAD-Divergen, Karakter berpikir, Kemampuan Berpikir

Full Text:

PDF

References


Anonim. 2011. http://repository.usu.ac.id/bitsream/123456789/19802/4/Chapter%2011.pdf (diakses tanggal 19 April 2013)

Arikunto, S. 2010. Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktik (edisi revisi). Jakarta: Rineka Cipta.

Arikunto, S. 2010. Dasar-dasar Evaluasi Pendidikan. Jakarta: Bumi Aksara.

BSNP. 2006. Petunjuk Teknis Pengembangan Silabus SMA/ MA Kimia. Jakarta.

Hamruni. 2011. Strategi Pembelajaran. Yogyakarta : Insan Madani

Hermawan, dkk. 2009. Aktif Belajar Kimia Untuk SMA kelas X. Jakarta : Depdiknas.

Khery, Y. 2012. Pengaruh Strategi Problem Based Learning pada Pembelajaran Kimia Bahan Alam terhadap keterampilan Metakognitif, keterampilan proses sains dan hasil belajar mahasiswa divergen dan konvergen. Malang : Program Studi Pendidikan Kimia, Program Pasca Sarjana Universitas Negeri Malang.

Mustaji. 2013. http;//pasca.tp.ac.id/pengembangan-kemampuan-berpikir-kritis-dan-kreatif-dalam-pembelajaran (diakses tanggal 19 april 2013)

Purba, M. 2006. Kimia untuk SMA Kelas X. Jakarta: Erlangga.

Slavin, R. 2005. Cooperative Learning Teori, Riset dan Praktik. Bandung: Nusa Media.

Sudarmo, U. 2004. Kimia untuk SMA kelas X. Jakarta : Erlangga.

Setyawati, Arifatun Anifah. 2009. KIMIA Mengkaji Fenomena Alam. Jakarta : Depdiknas.

Sugiyono. 2012. Statistik Untuk Penelitian. Bandung: Alvabeta.

Sugiyono. 2012. Metode Penelitian Kuantitatif Kualiataif dan R & D. Bandung: Alfabeta.

Muhazam .2012. Pengaruh Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Student Team Advision Divisions (STAD) dengan Media Teka Teki silang (TTS) terhadap Kemampuan Berpikir Kraetif dan Hasil Belajar Siswa kelas X SMAN 1 Labuapi pada Materi reaksi Redoks Tahun pelajaran 2011/2012. Mataram : IKIP Mataram

Pavelich, M. 1982. Using General Chemistry to Promote the Higher Level Thinking Abilities. Jurnal

Trianto. 2010. Mendisain Model Pembelajaran Inofatif-progresif : Konsep, Landasan dan Implementasinya pada Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan (KTSP). Jakarta : Kencana.

Trihendradi, C. 2008. Step by Step SPSS 16 Analisis Data Statistik. Yogyakarta : Penerbit ANDI




DOI: https://doi.org/10.33394/hjkk.v2i1.643

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.