Pengaruh Pembelajaran SAVI Berbasis Media Simulasi Interaktif Terhadap Pemahaman Konsep Mahasiswa Pada Materi Elektrokimia

Ahmadi Ahmadi, Citra Ayu Dewi

Abstract


Karakteristik materi elektrokimia yang banyak mengandung konsep abstrak maka seringkali pengajar Kimia Dasar di IKIP Mataram mengalami kesulitan dalam membelajarkan materi elektrokimia kepada mahasiswa. Berdasarkan fakta tersebut maka diperlukan suatu pendekatan pembelajaran yang tepat untuk mengajarkan materi elektrokimia. Salah satu pendekatan yang efektif untuk diterapkan adalah pendekatan pembelajaran SAVI berbasis media simulasi interaktif. Pembelajaran SAVI berbasis media interaktif memiliki program animasi yang mampu merepresentasikan konsep abstrak pada materi elektrokimia secara visualisasi dan bukan sekedar ilustrasi konsep secara narasi. Tujuan penelitian yang ingin dicapai adalah untuk mengetahui pengaruh pendekatan pembelajaran SAVI berbasis media simulasi interaktif terhadap pemahaman konsep mahasiswa pada materi elektrokimia. Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian eksperimen semu. Adapun desain penelitian yang digunakan adalah posttest only control group design. Dalam rancangan penelitian ini, sampel dibagi dalam dua kelompok yaitu satu kelompok dengan eksperimen dan satu dengan kelompok kontrol. Pada penelitian ini instrumen penelitian yang digunakan adalah tes pemahaman konsep melalui soal essay. Hasil ujicoba instrumen menunjukkan bahwa instrumen tes essay valid dan memiliki reliabilitas yang cukup. Data pemahaman konsep yang diperoleh dianalisis dengan uji statistik t. Hasil penelitian adalah terdapat perbedaan pemahaman konsep mahasiswa yang diajar menggunakan pendekatan SAVI berbasis media simulasi interaktif dibandingkan metode konvensional. Pemahaman konsep mahasiswa yang diajar menggunakan pendekatan SAVI berbasis media simulasi interaktif adalah lebih tinggi. Dengan demikian, penggunaan  pendekatan pembelajaran SAVI berbasis media simulasi interaktif dapat meningkatkan pemahaman konsep mahasiswa.


Keywords


SAVI, Media Interaktif, Pemahaman Konsep

Full Text:

PDF

References


Arikunto, Suharsimi. 2010. Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktik. Jakarta: Rineka Cipta.

Arsyad, Azhar. 2009. Media Pembelajaran. Jakarta: Rajawali Pers.

Dahar, Ratna Wilis. 2011. Teori-Teori Belajar dan Pembelajaran. Jakarta: Erlangga.

Garnett, P.J & Treagust, D.F. 1992. Conceptual difficulties experienced by senior high school student ofelectrochemistry. Electric circuit and oxidation-reduction equation. Journal of research and science teaching, 29(2): 121-142.

Greenbowe, Thomas J. 1994. Projects supported by the NSF division of undergraduate education: an interactive multimedia software program for exploring electrochemical cells. Journal of chemical education, 71(7): 555.

Gunawan. 2008. Model Pembelajaran Berbasis Multimedia Interaktif untuk Meningkatkan Keterampilan Generik Sains Dan Berpikir Kritis Calon Guru Pada Materi Elastisitas. Tesis pada Prodi Pendidikan IPA, SPs. UPI Bandung: tidak diterbitkan.

Hasrul. 2010. Langkah-langkah pengembangan pembelajaran multimedia interaktif. Jurnal Medtek, 2(1):1-8.

Huddle, P.A., White, M.A., & Rogers, F. 2000. Using a teaching to correct known misconception in electrochemistry. Journal of chemical education, 77(1): 104-110.

Meier, D. 2000. The Accelerated Learning Handbook. Rahmani Astuti (Penerjemah) 2002. Bandung: Kaifa.

Meyer, David E & Sargent, Andrew L. 2007. An interactive computer program to help students learn molecular symmetry elements and operations. Journal of chemical education, 84(9): 1551.

Pebriani, Meliza Putri Dwi. 2011. Penerapan Multimedia Pembelajaran Interaktif Berbasis Simulasi untuk Meningkatkan Kemampuan Aplikasi dan Manipulasi Siswa SMA. Skripsi FPMIPA, UPI Bandung : tidak diterbitkan.




DOI: https://doi.org/10.33394/hjkk.v2i1.641

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.