Pengembangan Worksheet Tematik-Integratif Pada Mata Pelajaran IPA Terpadu Terhadap Kemampuan Pemahaman Konsep

Hunaepi Hunaepi, Muhali Muhali, Saiful Prayogi

Abstract


Pelaksanaan kurikulum 2013 di tingkat SMP adalah lebih menekankan pengintegrasikan mata pelajaran biologi, kimia, dan fisika menjadi mata pelajaran IPA terpadu. Pengintegrasian mata pelajaran IPA berdasarkan kurikulum 2013 yang menitikberatkan pada penyederhanaan mata pelajaran dan tematik-integratif. Tujuan penelitian ini adalah mengembangakan Worksheet tematik-integratif Mata Pelajaran IPA Terpadu untuk meningkatkan pemahaman konsep. Penelitian ini merupakan penelitian pengembangan. Perangkat pembelajaran yang dikembangkan adalah Worksheet tematik Integratif. Selanjutnya Worksheet tematik Integratif yang dikembangkan di uji dalam kegiatan pembelajaran di kelas. Proses pengembangan Worksheet tematik Integratif dikembangkan dengan model 4-D (Define, Design, Develop, and Dessiminate). Data pemahaan konsep diperoleh  dari tes Essay yang diberikan kepada siswa. Objek pada penelitian ini yaitu MTs Negeri 1 Mataram  dengan subjek siswa kelas VII Bio A dan kelas VII Bio B jumlah keseluruhan 30 orang siswa. Hasil validasi dari ahli Worksheet dan instrumen penelitian dinyatakan valid dan layak digunakan dalam uji coba. Hasil penelitian pemahaman konsep untuk siswa kelas VII bio A pretest mendapatkan nilai rata-rata 55 dengan katagori tidak tuntas sedangkan nilai rata-rata postest 87.2 dengan katagori tuntas, sedangkan untuk siswa kelas VII bio B pretest mendapatkan nilai rata-rata 44.3 dengan katagori tidak tuntas sedangkan nilai rata-rata postest 89.3 dengan katagori tuntas hasil penelitian tersebut dapat disimpulkan bahwa Worksheet tematik Integratif epektif  dan dapat meningkatkan pemahaman konsep siswa.


Keywords


Worksheet tematik Integratif, IPA Terpadu, Pemahaman konsep

Full Text:

PDF

References


Anderson, L. W. and Krathwohl, D. R. 2001. A Taxonomy for Learning, Teaching, and Assessing: A Revision of Bloom's Taxonomy of Educational Objectives. New York: Addison Wesley Longman

Arends, R.I. 2004. Learning to Teach. Sixth Edition. New York: Mcgraw Hill.

Ariyanto. 2006. Pengolahan Data Statistik dengan SPSS 14. Jakarta: Salemba Infotek.

Arnyana, I.B.P. 2004. Pengembangan Perangkat Model Belajar Berdasarkan Masalah Dipandu Strategi Kooperatif serta Pengaruh Implementasinya terhadap Kemampuan Berpikir Kritis dan Hasil Belajar Siswa Sekolah Menengah Atas pada Pelajaran Ekosistem. Disertasi tidak diterbitkan. Malang: Universitas Negeri Malang.

Arsyad. A., 2004 .Media Pembelajaran. Jakarta : Raja Grafindo Persada.

Azwar, S. 2007. Reliabilitas dan Validitas. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.

BNSP, 2006. Panduan Penyusunan Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan Jenjang Pendidikan Dasar dan Menengah. Jakarta: BNSP.

Borich, G.D. 1994. Observation Skills for Effective Teaching: Second Edition. New York: Macmillan Company, Inc.

Collis, K.F. and Davey, H.A. 1986. A Technique for Evaluating Skills in High School Science. Journal in Science Teaching, 23(7): 651-663.

Depdiknas. 2006a. Permendiknas No. 23 Tahun 2006. Standar Kompetensi Lulusan. Jakarta: Depdiknas.

Depdiknas. 2006b. Petunjuk Teknis Pengembangan Silabus dan Contoh Model Silabus SMA. Jakarta: Depdiknas.

Eggen, P. D., & Kauchak D. P. 1996. Strategies for Teachers: Teaching Content and Thinking Skills. Boston: Allyn & Bacon.

Ennis, R.H. 1993. Critical Thinking Assesment. JournalTheory and Practice. 32(3) Summer 1993. Ohio: Ohio State University.

Ernawati, 2013.Banyak guru Masih “salah Kamar”. Radar Lombok terbitan Senin 11 Maret 2013. hal 2.

Fogarty, R. and McTighe, J. 1993. Critical Thinking Assesment. Journal Theory and Practice, 32(3) Summer 1993. Ohio: Ohio State University.

Friedrichsen, P.M. 2001. A Biology Course for Prospective Elementary Teachers. The American Biology Teacher. Vol. 63 (8) : 562-568

Gunawan, 2011. Model Multimedia Interaktif Elastisitas dan Implikasinya Terhadap Peningkatan Penguasaan Konsep dan Keterampilan berpikir kritis Mahasiswa.Jurnal Kependidikan ISSN 1412-6087 Nopember 2009, Volume 10 Nomor 1 Halaman 29-36. Mataram: LPMP IKIP Mataram. Hal 2.

Hart, D. 1994. Authentic Assesment A Hand Book for Educators. New York: Addison-Wesley Publishing Company.

Prastowo A. 2012. Panduan Kreatif Membuat Bahan Ajar Inovatif. Jogjakarta: DIVA Press.




DOI: https://doi.org/10.33394/hjkk.v1i2.640

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.