Pemanfaatan Limbah Kulit Nanas (Ananas Comocus) Sebagai Sumber Asam Oksalat Untuk Meningkatkan Efektivitas Fotoreduksi Ion Cu(Ii) Terkatalisis Tio2

Husnul Hatimah, Suryati Suryati

Abstract


Dalam penelitian ini telah dilakukan kajian pengaruh penambahan fotokatalis TiO2 dan Asam oksalat yang bersumber dari kulit nanas pada pH dan konsentrasi yang bervariasi, terhadap efektivitas fotoreduksi ion Cu(II) yang terkatalisis oleh TiO2. Proses fotoreduksi dilakukan dengan cara menyinari campuran yang terdiri dari larutan ion Cu(II) dan serbuk fotokatalis TiO2 tanpa maupun dengan adanya Asam oksalat dalam reaktor tertutup yang dilengkapi dengan lampu UV disertai pengadukan. Kondisi proses fotoreduksi adalah 50 mL larutan ion Cu(II) 10 ppm (0.157 mmol/L) dan Asam oksalat dengan konsentrasi  yang bervariasi, dan TiO2 seberat 20 mg, dengan waktu reaksi selama 24 jam. Hasil fotoreduksi ditentukan berdasarkan selisih konsentrasi ion Cu(II) awal dengan konsentrasi ion Cu(II) sisa dalam larutan setelah proses fotoreduksi yang ditentukan dengan metode Spektrofotometri Serapan Atom (AAS).

Hasil penelitian menunjukkan bahwa penambahan TiO2 dapat meningkatkan efektivitas fotoreduksi ion Cu(II) dari 9,03% menjadi 43,22%, yang diawali dengan proses adsorpsi. Adanya asam oksalat pada kulit nanas dapat meningkatkan fotoreduksi ion Cu(II) yang relatif tinggi karena asam oksalat dapat mencegah rekombinasi elektron dengan radikal OH, sehingga proses fotoreduksi Cu(II) dapat berjalan dengan optimal karena jumlah elektron yang tersedia relatif banyak. Pada pH yang bervariasi penambahan asam oksalat pada kulit nanas memberikan trend fotoreduksi ion Cu(II) yang sama dengan trend fotoreduksi ion Cu(II) tanpa adanya asam oksalat pada kulit nanas. Trend tersebut menunjukkan bahwa kenaikan pH 1 sampai 7 dapat meningkatkan fotoreduksi ion Cu(II), dan semua ion Cu(II) hilang dari larutan pada pH lebih tinggi dari 8 karena terbentuknya endapan Cu(OH)2. Fenomena ini berhubungan dengan spesiasi ion Cu(II), asam oksalat pada kulit nanas, dan  permukaan  fotokatalis  TiO2


Keywords


Fotoreduksi Cu, Asam Oksalat, TiO2

Full Text:

PDF

References


Alberty, R.A. an F. Daniels, 1987, Physical Chemistry, 5th ed., S1 version, John wiley and Sons, Inc., new York.

Burrows, H.D., Ernestova, L.S., Kemp, T.J., Skurlatov, Y.I., Purmal, A.P., dan Yermakov, A.N., 1998, Kinetics and Mechanism of Photodegradation of Chlorophenols, Sci. Technol. Lett., 23, 145-207.

Cotton, F.A. dan Wilkinson, G., 1989, Kimia Anorganik, 6th ed., John Wiley & Sons, New York.

Gunlazuardi, J., 2001, Fotokatalisis pada Permukaan TiO2, Aspek Fundamental dan Aplikasinya, Prosiding Seminar Nasional Kimia Fisika II, Jakarta.

Hoffmann, M.R., Martin, S.T., Choi, W., dan Bahnemann, D.W., 1995, Environmental Applications of Semiconductor Photocatalysis, Chem. Rev., 95, 69-96.

Manahan, S.E., 2000, Environmental Chemistry, Seventh edition, Lewis Publishers, London.

Masel, R.I., 1996, Principles Adsorption and Reaction on Solid Surface, John Wiley & Sons, Inc, Canada.

Merck, 2000. The Merck Index on CD-Room Version 12 : 3, Merck & Co, Inc, USE.

Palar, H, 1994, Pencemaran dan Toksikologi Logam Berat, Cetakan pertama, Rineka Cipta, Jakarta.

Snoeyink, V.L. dan Jenkins, D., 1980, Water Chemistry, John Wiley and Sons,

New York

Wahyuni, E.T., Hadipranoto N., Tahir, I., dan Tamtama, B.H.G., 2004, Effect of Ions on the Effectiveness of Chlorophenol Photodegradation, Indonesian Journal of Chemistry, 49(3), 156-160.




DOI: https://doi.org/10.33394/hjkk.v1i2.635

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.