Pengaruh Waktu Pada Elektroplating Krom Dekoratif Dengan Logam Basis Tembaga Terhadap Laju Korosi

Citra Ayu Dewi, Ahmadi Ahmadi

Abstract


Dalam penelitian ini telah dilakukan proses elektroplating krom dekoratif dengan logam basis tembaga, elektroplating logam sering digunakan sebagai sarana untuk memberikan lapisan tipis pada permukaan logam lain atau substrat dengan menggunakan logam yang memiliki keunggulan dari segi properti dan ketahanan terhadap korosi. Dalam elektroplating krom dekoratif digunakan nikel dan krom sebagai bahan pelapis, nikel dan krom digunakan  sebagai pelapis karena sifatnya yang protektif dan dekoratif, Protektif artinya dapat mencegah korosi dan dekoratif karena tampak mengkilap sehingga tampak menarik. Dipilihnya logam tembaga karena aplikasinya yang sangat banyak didalam masyarakat. Penelitian ini bertujuan untuk mengukur laju korosi pada logam tembaga setelah proses elektroplating krom dekoratif berdasarkan variasi waktu yang digunakan selama proses elektroplating. Penelitian ini penting dilakukan karena selama proses elektroplating akan diperoleh teknik elektoplating krom dekoratif yang dituangkan dalam bentuk modul, dan modul tersebut akan digunakan untuk memberikan pelatihan kepada mahasiswa untuk menambah bekal keterampilannya. Penelitian ini dilakukan di laboratorium kimia IKIP Mataram dengan waktu satu tahun. Proses yang dilakukan dalam penelitian ini secara berurutan adalah menyiapkan larutan elektrolit yang digunakan untuk elektroplating, menyiapkan logam basis tembaga  supaya bebas dari oksida atau karat, pelapisan nikel dan terakhir pelapisan dengan krom. Dari proses pelapisan yang dilakukan kemudian hasilnya akan dianalisa laju korosinya dengan perendaman dalam larutan NaCl pada konsentrasi 36,05 gram/L selama 336 jam, berdasarkan variasi waktu yang digunakan  selama proses elektroplating yaitu 10; 20; 30; 40; dan 50 Menit, diperoleh hasil laju korosi berturut-turut 0,029; 0,013; 0,017; 0,022; dan 0,012 mm/thn; sedangkan logam tembaga yang tidak dilapisi laju korosinya 0,308 mm/thn. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa logam tembaga yang dilapisi nikel krom akan efektif menahan korosi dengan waktu yang diberikan 50 Menit.


Keywords


Waktu, Elektroplating , Krom Dekoratif, Laju Korosi.

Full Text:

PDF

References


Ahmadi, (2011): Studi Pelapisan Nikel-Krom Pada Baja St 37 Untuk Pembelajaran Kimia di SMA, Tesis Program Magister Pengajaran Kimia ITB, Bandung, 1.

Alian, H., (2010): Pengaruh Tegangan Pada Proses Elektroplating Baja Dengan Pelapisan Seng dan Krom Terhadap Kekerasan dan Laju Korosinya., Jurnal Teknik Mesin Universitas Sriwijaya.,245-247.

Hajati, N. L., Herbudiman, B., Hazairin., Suryanto., (2006): Kajian Pengaruh Tebal Lapisan Coating pada Laju Korosi Tulang Beton, Jurnal Teknik Sipil Institut Teknologi Nasional Bandung, 76.

Kaban, H., Niar, S., Jorena., (2010): Menguji Kekuatan Bahan Elektroplating Pelapisan Nikel pada Substrat Besi dangan Uji Impak (Impact Test), Jurnal Penelitian Sains, FMIPA Universitas Sriwijaya, Vol. 13, 27.

Kanani, N., (2006): Electroplating, Basic principles, Processes, and Practice, Elsevier, Netherland, 10.

Perez, N., (2004): Electrochemistry and Corrosion Science, Newyork, Boston, Dordrecht, London, Moskow, Kluwer Academic Publishers, 1, 80-81.

Prayitno, Dwi, (2005), Perbedaan Berat Hasil Pelapisan Nikel Akibat Penggunaan Lapisan Dasar Cu dan Tanpa Lapisan Dasar Cu Dengan Variasi Waktu Pada Bahan Baja Karbon Rendah, Skripsi Pendidikan Teknik Mesin, Uneversitas Negeri Semarang, 7.

Santosa, B., Syamsa, M., (2007) : Pengaruh Parameter Proses Pelapisan Nikel Terhadap Ketebalan Lapisan, Jurnal Teknik Mesin Uneversitas Jenderal Ahmad Yani, Bandung, 9, 26.

Suarsana, I., (2008): Pengaruh waktu pelapisan nikel pada tembaga dalam pelapisan khrom dekoratif terhadap tingkat kecerahan dan ketebalan lapisan, Jurnal Ilmiah Teknik Mesin Universitas Udayana, 2(1), 48.

Sugiono, (2008): Metode Penelitian Kualiatatif dan R & D, Alfabeta, Bandung.

Supardi, R. (1997): Korosi, Tarsito, Bandung, 1, 73.

Wahyudi, S., (2006): Buku Saku Elektroplating, Technic, Cimahi Bandung 61, 63.




DOI: https://doi.org/10.33394/hjkk.v1i2.632

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.