Pengaruh Model Pembelajaran TPS dengan Mind Mapping terhadap Motivasi dan Hasil Belajar Kimia Siswa
Abstract
beberapa faktor: (a) konsep-konsep materi ikatan kimia sebagian besar bersifat abstrak, (b) cara penyampaian materi
yang kurang variatif, (c) kurangnya motivasi belajar pada diri siswa. Hal ini diduga sebagai penyebab menurunnya
hasil belajar siswa.Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh pembelajaran menggunakan model
pembelajaran Think Pair Share (TPS) dengan kolaborasi Metode Mind Mapping terhadap motivasi dan hasil belajar
siswa.Adapun jenis penelitian ini adalah eksperimen semu (Quasi-Eksperimental). Populasi dalam penelitian ini
adalah seluruh siswa kelas X di SMKN 1 Gunungsari, dengan teknik pengambilan sampel menggunakan
teknikclusterrandom sampling sehingga diperoleh sampel penelitian yaitu siswa kelas X.AV sebagai kelas
eksperimen dan siswa kelas X.GB sebagai kelas kontrol. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini
menggunakan angket motivasi dan tes penguasaan konsep kimia (kognitif) dengan menggunakan tes obyektif. Dari
analisis uji coba instrumen diperoleh 22 soal yang valid dan reliabilitas 0,70 dalam kreteria reliabilitas tinggi. Untuk
mengetahui pengaruh penggunaan model menggunakan uji-t dengan rumus polled varians. Hasil penelitian ini
menunjukkan bahwa (1) Pengaruh model pembelajaran think pair share dengan kolaborasi metode mind mapping
terhadap peningkatan motivasi belajar siswa dengan menggunakan angket tergolong sangat tinggi, (2) Ada pengaruh
positif model pembelajaran think pair share dengan kolaborasi metode mind mapping terhadap hasil belajar siswa
yaitu pada kelas kontrol ketuntasan klasikal mencapai 58% sedangkan kelas eksperimen mencapai 89%.
Berdasarkan hasil analisis data diperoleh bahwa thitung sebesar 3,188, hasil tersebut kemudian dikonsultasikan pada
ttabel dengan taraf signifikan 5% dan dk = 67 diperoleh ttabel = 1,998. Hasil ini menunjukkan bahwa thitung>ttabel (3,188
> 1,998), yang berarti bahwa terdapat penolakan pada Ho dan penerimaan pada hipotesis alternatif (Ha). Dengan
demikian dapat disimpulkan bahwa ada pengaruh model pembelajaran think pair sahre dengan kolaborasi metode
mind mapping terhadap motivasi dan hasil belajar siswa kelas X pada materi Ikatan Kimia di SMKN 1 Gunungsari
Lobar
Keywords
Full Text:
PDFReferences
Arikunto, S. 2006.Prosedur Penelitian Suatu
Pendekatan Praktik (edisi revisi). Jakarta: Rineka Cipta.
De Porter, Bobbi dan Hernacki Mike. 2002. Quantum
Learning. Mizan . Bandung: Media Utama.
Hadi, Sutrisno. 2001. Statistik Jilid I. Yogyakarta: UGM
Hernawan, dkk.2008. Pengembangan Kurikulum dan
Pembelajaran.Jakarta : Universitas Terbuka.
Huda, Miftahul. 2012. Cooperative Learning. Metode,
Teknik, Struktur, dan Model Pembelajaran.
Yogyakarta : Pustaka Pelajar.
Kurniawati, 2009.Penerapan Metode Pembelajaran
Partisipatif TeknikBuzz Group dan efektifitas
penerapannya pada siswa kelas VIII SMPN 4
Mataram Tahun ajaran 2008/2009.Skripsi
tidak diterbitkan.Pendidikan Biologi Fakultas
Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas
Mataram.
Nurhafizah. 2009. Pengaruh Penerapan Model
Pempbelajaran Kooperatif Teknik Memberi
Dan Menerima Terhadap Hasil Belajar Biologi
Siswa Kelas X Di Sman 1 Gunungsari Tahun
Ajaran 2009/2010. Skripsi tidak
diterbitkan.Pendidikan Biologi Fakultas
Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas
Mataram.
Santosa, dkk.2006. Kimia Untuk SMA dan Ma Kelas X
Semester 1. Klaten:Intan Pariwara
Sufian. Dedi. 2012. Penerapan Model Kooperatif Tipe
TPS (Think Pair Share) Pada Pembelajaran
Materi Pokok Ikatan Kimia Untuk
Meningkatkan Aktivitas dan Prestasi Belajar
Siswa Kelas X MAN 1 Taliwang Tahun
Pelajaran 2011/2012.Skripsi tidak
diterbitkan.Pendidikan Kimia Fakultas
Pendidikan Matematika dan IPA Institut
Keguruan dan Ilmu Pendidikan Mataram.
Sugiyono. 2011. Metode Penelitian Pendidikan.
Bandung: Alfabeta.
Sukriani, Eti. 2012. Efektivitas Model Pembelajaran
Kooperatif Tipe Scripet Terhadap Prestasi
Belajar Siswa Kelas X Pada Sub Materi
Struktur Atom Di MA Al-Aziziah Putri Kapek
Gunungsari Lombok Barat Tahun Pelajaran
/2012.Skripsi tidak diterbitkan.Pendidikan
Kimia Fakultas Pendidikan Matematika dan
IPA Institut Keguruan dan Ilmu Pendidikan
Mataram.
Suprapti, W dan Ratna, S. 2001. Pengembangan Potensi
Diri. Jakata: Lembaga Adminisrasi Negara RI.
Suprijono, Agus. 2012. Cooperative Learning.
Yogyakarta: Pustaka Belajar.
Warseno, A dan Komorojati, R. 2011.Super Learning.
Jogjakarta: Diva Press.
DOI: https://doi.org/10.33394/hjkk.v1i1.623
Refbacks
- There are currently no refbacks.

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.