Pengaruh Model Pembelajaran TPS dengan Mind Mapping terhadap Motivasi dan Hasil Belajar Kimia Siswa

Yuniar Firdaus

Abstract


Materi ikatan kimia merupakan salah satu materi yang dianggap sulit oleh siswa, hal ini disebabkan
beberapa faktor: (a) konsep-konsep materi ikatan kimia sebagian besar bersifat abstrak, (b) cara penyampaian materi
yang kurang variatif, (c) kurangnya motivasi belajar pada diri siswa. Hal ini diduga sebagai penyebab menurunnya
hasil belajar siswa.Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh pembelajaran menggunakan model
pembelajaran Think Pair Share (TPS) dengan kolaborasi Metode Mind Mapping terhadap motivasi dan hasil belajar
siswa.Adapun jenis penelitian ini adalah eksperimen semu (Quasi-Eksperimental). Populasi dalam penelitian ini
adalah seluruh siswa kelas X di SMKN 1 Gunungsari, dengan teknik pengambilan sampel menggunakan
teknikclusterrandom sampling sehingga diperoleh sampel penelitian yaitu siswa kelas X.AV sebagai kelas
eksperimen dan siswa kelas X.GB sebagai kelas kontrol. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini
menggunakan angket motivasi dan tes penguasaan konsep kimia (kognitif) dengan menggunakan tes obyektif. Dari
analisis uji coba instrumen diperoleh 22 soal yang valid dan reliabilitas 0,70 dalam kreteria reliabilitas tinggi. Untuk
mengetahui pengaruh penggunaan model menggunakan uji-t dengan rumus polled varians. Hasil penelitian ini
menunjukkan bahwa (1) Pengaruh model pembelajaran think pair share dengan kolaborasi metode mind mapping
terhadap peningkatan motivasi belajar siswa dengan menggunakan angket tergolong sangat tinggi, (2) Ada pengaruh
positif model pembelajaran think pair share dengan kolaborasi metode mind mapping terhadap hasil belajar siswa
yaitu pada kelas kontrol ketuntasan klasikal mencapai 58% sedangkan kelas eksperimen mencapai 89%.
Berdasarkan hasil analisis data diperoleh bahwa thitung sebesar 3,188, hasil tersebut kemudian dikonsultasikan pada
ttabel dengan taraf signifikan 5% dan dk = 67 diperoleh ttabel = 1,998. Hasil ini menunjukkan bahwa thitung>ttabel (3,188
> 1,998), yang berarti bahwa terdapat penolakan pada Ho dan penerimaan pada hipotesis alternatif (Ha). Dengan
demikian dapat disimpulkan bahwa ada pengaruh model pembelajaran think pair sahre dengan kolaborasi metode
mind mapping terhadap motivasi dan hasil belajar siswa kelas X pada materi Ikatan Kimia di SMKN 1 Gunungsari
Lobar

Keywords


Think Pair Share, Mind Mapping, Motivasi, Hasil Belajar

Full Text:

PDF

References


Arikunto, S. 2006.Prosedur Penelitian Suatu

Pendekatan Praktik (edisi revisi). Jakarta: Rineka Cipta.

De Porter, Bobbi dan Hernacki Mike. 2002. Quantum

Learning. Mizan . Bandung: Media Utama.

Hadi, Sutrisno. 2001. Statistik Jilid I. Yogyakarta: UGM

Hernawan, dkk.2008. Pengembangan Kurikulum dan

Pembelajaran.Jakarta : Universitas Terbuka.

Huda, Miftahul. 2012. Cooperative Learning. Metode,

Teknik, Struktur, dan Model Pembelajaran.

Yogyakarta : Pustaka Pelajar.

Kurniawati, 2009.Penerapan Metode Pembelajaran

Partisipatif TeknikBuzz Group dan efektifitas

penerapannya pada siswa kelas VIII SMPN 4

Mataram Tahun ajaran 2008/2009.Skripsi

tidak diterbitkan.Pendidikan Biologi Fakultas

Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas

Mataram.

Nurhafizah. 2009. Pengaruh Penerapan Model

Pempbelajaran Kooperatif Teknik Memberi

Dan Menerima Terhadap Hasil Belajar Biologi

Siswa Kelas X Di Sman 1 Gunungsari Tahun

Ajaran 2009/2010. Skripsi tidak

diterbitkan.Pendidikan Biologi Fakultas

Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas

Mataram.

Santosa, dkk.2006. Kimia Untuk SMA dan Ma Kelas X

Semester 1. Klaten:Intan Pariwara

Sufian. Dedi. 2012. Penerapan Model Kooperatif Tipe

TPS (Think Pair Share) Pada Pembelajaran

Materi Pokok Ikatan Kimia Untuk

Meningkatkan Aktivitas dan Prestasi Belajar

Siswa Kelas X MAN 1 Taliwang Tahun

Pelajaran 2011/2012.Skripsi tidak

diterbitkan.Pendidikan Kimia Fakultas

Pendidikan Matematika dan IPA Institut

Keguruan dan Ilmu Pendidikan Mataram.

Sugiyono. 2011. Metode Penelitian Pendidikan.

Bandung: Alfabeta.

Sukriani, Eti. 2012. Efektivitas Model Pembelajaran

Kooperatif Tipe Scripet Terhadap Prestasi

Belajar Siswa Kelas X Pada Sub Materi

Struktur Atom Di MA Al-Aziziah Putri Kapek

Gunungsari Lombok Barat Tahun Pelajaran

/2012.Skripsi tidak diterbitkan.Pendidikan

Kimia Fakultas Pendidikan Matematika dan

IPA Institut Keguruan dan Ilmu Pendidikan

Mataram.

Suprapti, W dan Ratna, S. 2001. Pengembangan Potensi

Diri. Jakata: Lembaga Adminisrasi Negara RI.

Suprijono, Agus. 2012. Cooperative Learning.

Yogyakarta: Pustaka Belajar.

Warseno, A dan Komorojati, R. 2011.Super Learning.

Jogjakarta: Diva Press.




DOI: https://doi.org/10.33394/hjkk.v1i1.623

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.