Proses Penerapan Model Pembelajaran LC Dengan Peta Konsep Berbasis Lesson Study Dan Pengaruhnya Terhadap Hasil Belajar Kimia Siswa

Titi Qadarsih

Abstract


Hidrolisis garam merupakan salah satu materi yang dianggap sulit oleh siswa. Hal tersebut disebabkan oleh beberapa faktor yaitu: 1) materi hidrolisis garam yang dipelajari tergolong pada level makroskopik, mikroskopik dan simbolik 2) metode pembelajaran yang kurang bervariasi menjadi salah satu penyebab rendahnya hasil belajar siswa pada mata pelajaran kimia. Untuk mengatasi kesulitan siswa salah satu alternatif adalah dengan menggunakan model pembelajaran yang menarik yaitu model pembelajaran learning cycle dengan peta konsep berbasis lesson study. Penggunaan model pembelajaran learning cycle dengan peta konsep siswa dituntut untuk membangun pengetahuan secara individual agar siswa dapatmenghubungkan konsep yang satudengan konsep yang lain. Untuk memaksimalkan proses pembelajaran dengan menggunakan model pembelajaranLC dengan peta konsep di kelas diperlukan tim observer yang mengawasi jalannya proses pembelajaran yakni dengan tim lesson study, sehingga dapat meningkatkan hasil belajar. Tujuan dari penelitian ini adalah: 1) Untuk mengetahui proses belajar siswa dengan menggunakan model pembelajaranLC dengan peta konsep berbasis lesson study dan model pembelajaranLC. 2) Untuk mengetahui adanya pengaruh model pembelajaranLC dengan peta konsep berbasis lesson study. Adapun jenis penelitian ini quasi expermental. Populasi dalam penelitian iniĀ  terdiri dari dua kelas dengan jumlah 93 siswa. Pengambilan sampel dilakukan dengan teknikcluster random sampling.Pengumpulan data dilakukan melalui observasi keterlaksanaan RPP, penilaian afektif siswa, penilaian psikomotor siswa dan tes hasil belajar.Dari hasil uji coba instrument diperoleh 36 item soal yang valid dengan tingkat reliabilitas tes sebesar 0,907 dengan kriteria sangat tinggi. Analisis data hasil belajar siswa dilakukan melalui uji t sedangakan data proses belajar dilakukan melalui analisis deskriptif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) penerapan model pembelajaran learning cycle dengan peta konsep berbasis lesson study pada pokok bahasan hidrolisis garam tidak berpengaruh secara taraf signifikan terhadap hasil belajar siswa. Hal ini dibuktikan dengan nilai thitung (0,492) < ttabel (2,068) , namun nilai rata-rata kelas eksperimen 64,84 dengan ketuntasan klasikal 64,51% lebih baik dari nilai rata-rata kelas kontrol yaitu 61,73 dengan ketuntasan klasikal 60%; (2) Proses belajar siswa kelas XI IPA MAN 1 Mataram tahun Pelajaran 2012/2013 yang diajarkan dengan model pembelajaran learning cycle dengan peta konsep berbasis lesson study dan model pembelajaran learning cycle sama-sama berlangsung sangat baik.


Keywords


Learning Cycle, Peta Konsep, Lesson Study, Hasil Belajar, Hidrolisis Garam

Full Text:

PDF

References


Arikunto, Suharsimi. 2010. Manajeman Penelitian. Jakarta: Rineka Cipta

Hamdani. 2011. Strategi Belajar Mengajar. Bandung: CV Pustaka Setia

Khaeruman. 2011. Keefektifan Pembelajaran Kooperatif Team Game Tournament Dikombinasikan dengan Media Animasi Diukur dengan Proses dan Hasil Belajar Elektrokimia Siswa Kelas XI SMK Negeri 1 Singosari.Tesis Program Pasca Sarjana S2. Malang: Universitas Negeri Malang.

Priyatno, Duwi. 2012. Cara Kilat belajar Analisis Data Dengan SPSS 20.Yogyakarta: ANDI Yogyakarta

.

Purba, Michael. 2006. Kimia Untuk SMA Kelas XI.Jakarta: Erlangga

Slameto. 2010. Belajar dan Faktor-faktor yang Mempengaruhinya. Jakarta: PT Rineka Cipta

Sugiyono. 2012. Metode Penelitian Pendidikan Penedekatan Kuantitatif, Kualitatif dan R&B. Bandung: Alfabeta.

Suryati. 2011. Pengaruh Model Pembelajaran Learning Cycle dipadukan dengan Diagram Alir Terhadap Kualitas Proses, Hasil Belajar, dan Kemampuan Metakognitif Kimia Siswa Kelas XI SMA Negeri Malang. Tesis program pasca Sarjana S2. Malang. Universitas Negeri Malang.

Trianto. 2007. Model-model Pembelajaran Inovatif Berorientasi Kontruktivistik. Jakarta: Prestasi Pustaka.




DOI: https://doi.org/10.33394/hjkk.v1i1.582

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.