Pengaruh Model Improve dengan Modul Berbasis Inkuiri terhadap Aktivitas dan Hasil Belajar Kognitif Siswa

I KOMANG GUNAWAN ARIANTO

Abstract


Reaksi redoks merupakan salah satu materi yang dianggap sulit oleh siswa, karena materi ini mengkaji tentang bagaimana suatu reaksi dapat terjadi terutama dalam reaksi reduksi-oksidasi dan konsep biloks. Selain itu metode pembelajaran yang kurang tepat dan tidak adanya bahan ajar atau buku pelajaran yang dimiliki oleh siswa menjadi salah satu penyebab rendahnya keaktifan dan hasil belajar siswa khususnya pada pelajaran kimia. Untuk mengatasi permasalahan tersebut, diperlukan model pembelajaran yang tepat yaitu dengan menerapkan model IMPROVE dengan modul berbasis inkuiri agar dapat membuat siswa lebih aktif dan memperoleh nilai yang mencapai KKM. Hal ini, karena dalam penerapan model IMPROVE guru menyampaikan materi dengan konsep baru berupa pertanyaan metakognitif, serta siswa nantinya akan lebih banyak diajak mengerjakan latihan atau contoh soal. Sedangkan bahan ajar modul yang diberikan dilengkapi dengan permasalahan yang harus dipecahkan oleh siswa serta pertanyaan-pertanyaan dan latihan soal. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh model IMPROVE dengan modul berbasis inkuiri terhadap aktivitas dan hasil belajar kognitif siswa. Jenis penelitian ini adalah quasi eksperimen. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas X SMA Negeri 1 Kediri yang berjumlah 89 siswa. teknik pengambilan sampel yang digunakan adalah teknik random sampling sehingga diperoleh kelas X1 sebagai kelas kontrol yang dibelajarkan dengan metode pembelajaran yang ada di sekolah tersebut dengan modul berbasis inkuiri dan X2 sebagai kelas eksperimen yang dibelajarkan dengan model IMPROVE dengan modul berbasis inkuiri. Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini berupa lembar observasi aktivitas siswa dan tes hasil belajar siswa. Dari hasil uji coba instrumen tes hasil belajar, dari 25 soal diperoleh 16 soal yang valid dengan reliabilitas 0,81 dengan kriteria sangat tinggi.  Hasil analisis aktivitas siswa dalam 2 pertemuan pada masing-masing kelas, diperoleh nilai rata-rata pada kelas kontrol 81 dan kelas eksperimen76, di mana keduanya berada pada kategori baik, dengan kata lain kedua kelas tersebut memiliki keaktifan yang sama. Sedangkan analisis hasil belajar siswa menggunakan uji Mann mhitney U-tes dengan pendekatan kurva normal dengan rumus z diperoleh zhitung = 4,57 dengan taraf kepercayaan 5%, karena Zhitung >  atau 4,57 > 1,96 maka hipotesis alternatif (Ha) diterima dengan kata lain ada pengaruh model IMPROVE dengan modul berbasis inkuiri terhadap hasil belajar kognitif siswa.


Keywords


Model IMPROVE, Modul, Inkuiri, Aktivitas, Hasil Belajar

Full Text:

PDF

References


Anonim. 2009. Kesulitan Siswa Dalam Belajar Kimia. (Online): http://guruit07.blogspot.com/2009/01/kesulitan-siswa-dalam-belajar-kimia.html. Diakses tanggal 18 Desember 2012 pukul 10.00).

Anonim. 2012.(Online). (Http://kuliahpgsdonline.blogspot.com/2012_03_01_archive.html). Diakses tanggal 10 Desember 2012.

Apriani, Ni Nengah Dwi. 2012. Penerapan Model Pembelajaran IMPROVE Pada Mata Pelajaran Teknologi Informasi dan Komunikasi Untuk Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kritis dan Hasil Belajar Siswa kelas VIII B1 Di SMP Negeri 4 Singaraja Tahun Ajaran 2011/2012. Kumpulan Artikel Mahasiswa Pendidikan Teknik Informatika: 1 (4) ISSN 2252-9063. web. www.pti-undiksha.com/karmapati/counter/click.php?id=67). Diakses tanggal 10 Desember 2012.

Arikunto, Suharsimi. 2006. Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktik. Jakarta: Rineka Cipta.

Arikunto, Suharsimi. 2010. Dasar-Dasar Evaluasi Pendidikan. Jakarta: Bumi Aksara.

Djamarah, S. B. dan Aswan Z. 2010. Strategi belajar mengajar. Jakarka: Rineka Cipta.

Hamalik, Oemar. 2003. Proses Belajar Mengajar. Jakarta: PT Bumi Aksara.

Handayani, Rini. 2010. Penerapan Metode Improve Dengan Menggunakan Media Komputer Untuk Meningkatkan Komunikasi Matematika Siswa. Universitas Muhamadyah Surakarta: Tidak diterbitkan

.

Prastowo, Adi. 2011. Panduan Kreatif Membuat Bahan Ajar Inovatif. Jogjakarta: Diva Press.

Purba, Michael. 2012. Kimia Untuk SMA 1B. Jakarta : Erlangga.

Purwanto. 2011. Evaluasi Hasil Belajar. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.

Roestiyah. 2008. Stategi Belajar Mengajar. Jakarta: Rineka Cipta.

Sugiyono. 2012. Metode Penelitian Pendidikan. Bandung: Alfabeta.

Wena, Made. 2009. Strategi Pembelajaran Inovatif Kontenporer. Jakarta: Bumi Aksara




DOI: https://doi.org/10.33394/hjkk.v1i1.580

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.