Pembelajaran Berbasis Lesson Study dengan Media Animasi sebagai Upaya Meningkatkan Kualitas pembelajaran Biokimia
Abstract
Proses pembelajaran dikelas masih didominasi oleh strategi pembelajaran konvensional satu arah yang hanya bertumpu kepada dosen. Hal ini menyebabkan minat belajar dan motivasi belajar mahasiswa akan menjadi rendah, sehingga akan berdampak pada prestasi belajar mereka. Perkembangan teknologi yang semakin pesat, menuntut pembelajaran sains sesuai dengan kebutuhan dan tuntutan perubahan. IKIP Mataram sebagai LPTK melalui Fakultas MIPA, memiliki tanggung jawab untuk membentuk karakter para pendidik yang akan mengajarkan sains di sekolah yang sesuai dengan perkembangan zaman dan teknologi. Untuk mencetak para pendidik yang berkualitas tersebut perlu dilakukan terobosan melalui perbaikan kualitas pembelajaran.Salah satu faktor yang berperan penting dalam meningkatkan kualitas pembelajaran ini adalah dosen. Karena dosen memegang peran sentral dalam menciptakan kondisi belajar yang kondusif dan menarik bagi mahasiswa, sehingga akan meningkatkan motivasi belajar dan hasil belajar mahasiswa. Untuk meningkatkan kualitas pembelajaran tersebut dapat dilakukan menggunakan model Lesson Study. Lesson study dapat diartikan sebagai program in-service training guru atau dosen yang dilakukan secara kolaboratif dan berkelanjutan. Lesson study dilakukan di dalam kelas dengan tujuan untuk memahami mahasiswa dengan lebih baik dan dilakukan secara bersama-sama dengan guru atau dosen lain. Berdasarkan permasalahan yang telah dikemukakan, untuk meningkatkan kualitas pembelajaran di IKIP Mataram khususnya di jurusan kimia Fakultas MIPA, maka perlu untuk dilakukan model lesson study dalam pembelajaran dengan harapan dapat meningkatkan mutu pendidikan di IKIP Mataram, sehingga dapat mencetak para pendidik yang berkualitas dan bermutu untuk mengembangkan pendidikan khususnya di Nusa Tenggara Barat sesuai dengan visi dan misi IKIP Mataram. Berdasarkan hasil peneitian dapat disimpulkan bahwa dengan lesson study maka dosen mampu mengidentifikasi masalah yang ditemui dalam proses perkuliahan yang dilaksanakan. Dengan demikian maka dosen secara kolaboratif mencari solusi permasalahan dan melaksanakannya pada kegiatan perkuliahan berikutnya. Hal ini menjadikan situasi perkuliahan lebih dinamis sehingga mampu memotivasi mahasiswa dan berdampak terhadap hasil belajarnya.
Keywords
Full Text:
PDFReferences
Catherine, Lewis (2004) Does Lesson Study Have a Future in the United States?. Online: http://www.sowi-online.de/journal/2004-1/lesson_lewis.htm
Ibrohim. 2010. Panduan Pelaksanaan Lesson Study di KKG. Malang: Universitas Negeri Malang.
Lewis, C. 2002. L esson Study: A Handbook of Teacher-led Instructional Change. Philadelphia: Research forBetter School.
Sumar, H. 2006. Lesson Study Suatu Strategi untuk Meningkatkan Keprofesonalan
Pendidik (Pengalaman IMTE P-JICA ). Bandung: UPI PRESS.
DOI: https://doi.org/10.33394/hjkk.v1i1.577
Refbacks
- There are currently no refbacks.
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.