KORELASI KETERAMPILAN PROSES SAINS DENGAN HASIL BELAJAR MAHASISWA PADA PRAKTIKUM KIMIA DASAR II ( KINETIKA REAKSI)

Yusran Khery, Pahriah Pahriah, Abdul Kadir Jailani, Abu Rizqiana, Nurma A. Iswari

Abstract


The aim of this research was to evaluate correlation between students science process skill and learning achievement. In form of correlation research, this research was conducted at Chemestry Laboratory of IKIP Mataram in time of 2015-2018. Subject of this researh consists of 138 students who got basic II chemistry practice. Instrument of this research was guestionnaire and test. With 98,22% of validity, the instrument was highly eligible to used in data collecting. The data analyzed by product moment. The data analysis showed that rtest(0,1743) higher than rtable (0,1676). The research showed that there is significant correlation betwen science process skills and students learning achievement.


Keywords


Science Proses Skill, Learning Achievement

Full Text:

PDF

References


Ambarsari, W., Santosa, S., & Maridi, M. (2013). Penerapan pembelajaran inkuiri terbimbing terhadap keterampilan proses sains dasar pada pelajaran biologi siswa kelas VIII SMP Negeri 7 Surakarta. Jurnal Pendidikan Biologi, 5(1), 81-95.

Arifin, U. F., Hadisaputro, S., & Susilaningsih, E. (2015). Pengembangan lembar kerja praktikum siswa terintegrasi guided inquiry untuk keterampilan proses sains. Chemistry in Education, 4(1), 54-60.

Arikunto, Suharsini. 2010. Prosedur Penelitian. Jakarta: Trineka Cipta.

Hariono. 2006. Model Pembelajaran Berabasis Peningkatan Keterampilan Proses Sains. Jurnal Pendidikan Dasar. Volume 7. No 2.

Khery, Y. (2014). Metacognitive awareness, Process Science and Chemistry Student Learning Outcomes Divergent and Convergent in PBL. Jurnal Pendidikan Sains, 1(4), 343-351.

Khery, Y., & Khaeruman, K. (2016). Pengaruh Context-Rich Problems Berbentuk Multimedia Interaktif terhadap Keterampilan Proses Sains, Sikap Ilmiah, dan Pemahaman Konsep. Prisma Sains: Jurnal Pengkajian Ilmu dan Pembelajaran Matematika dan IPA IKIP Mataram, 4(2), 83-93.

Khery, Y., & Pahriah, P. (2016). Pemahaman Konsep dan Hasil Belajar Mahasiswa Kimia Umum dalam Penerapan Model Pembelajaran Concept Attainment. JUPE: Jurnal Pendidikan Mandala, 1(1), 66-72.

Khery, Y., Subandi, S., & Ibnu, S. (2013). Metakognitif, Proses Sains, dan Kemampuan Kognitif Mahasiswa Divergen dan Konvergen dalam PBL. Prisma Sains: Jurnal Pengkajian Ilmu dan Pembelajaran Matematika dan IPA IKIP Mataram, 1(1), 37-49.

Khery, Y., & Khaeruman, K. (2018). Pengaruh Context-Rich Problems Berbentuk Multimedia Interaktif Terhadap Keterampilan Proses Sains, Sikap Ilmiah, Dan Pemahaman Konsep Kimia Mahasiswa. Jurnal Ilmiah IKIP Mataram, 3(1), 636-644.

Marjan, J., Arnyana, I. B. P., Si, M., Setiawan, I. G. A. N., & Si, M. (2014). Pengaruh Pembelajaran Pendekatan Saintifik Terhadap Hasil Belajar Biologi Dan Keterampilan Proses Sains Siswa MA. Mu allimat NW Pancor Selong Kabupaten Lombok Timur Nusa Tenggara Barat. Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran IPA Indonesia, 4(1).

Najmah, N., Khaeruman, K., & Khery, Y. (2014). Korelasi Antara Keterampilan Proses Sains Dengan Hasil Belajar Mahasiswa Pada Praktikum Sifat Koligatif Larutan. Hydrogen: Jurnal Kependidikan Kimia, 2(2), 171-178.

Rusmiyati, A., & Yulianto, A. (2009). Peningkatan keterampilan proses sains dengan menerapkan model problem based-instruction. Jurnal pendidikan fisika indonesia, 5(2).

Subali, B. (2009, July). Pengembangan tes pengukur keterampilan proses sains pola divergen mata pelajaran biologi SMA. In Makalah disajikan dalam Seminar Nasional Biologi, Lingkungan dan Pembelajarannya, Jurdik Biologi, FMIPA, Universitas Negeri Yogyakarta, Yogyakarta (Vol. 4, pp. 581-593).

Subali, B. (2011). Pengukuran kreativitas keterampilan proses sains dalam konteks assessment for learning. Jurnal Cakrawala Pendidikan, 1(1).

Sugiyono. 2006. Statistik Untuk Pendidikan. Bandung: CV. Alfabeta.




DOI: https://doi.org/10.33394/hjkk.v7i1.1686

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.