Pengembangan Modul Kimia Berbasis Kontekstual Untuk Membangun Pemahaman Konsep Siswa Pada Materi Asam Basa

Mery Andriani, Muhali Muhali, Citra Ayu Dewi

Abstract


Acid-base material is one subject that is considered difficult by students. In addition, students are less able to associate material with a problem or phenomenon in everyday life. The development of a teaching material in the form of modules can be seen as a solution to this problem. This study aims to develop a prototype in the form of developing contextual-based chemical modules to build students' conceptual understanding of acid-base material. This research is a development research with ADDIE model design (Analysis, Design, Development, Implementation, and Evaluation). The results of the development were validated by two expert validators, one practitioner validator and ten MA Al-Mansyurati NW Aik Bukak students as students' limited test validators. Quantitative data from the results of feasibility validation were analyzed by percentage formula. Qualitative data in the form of responses and suggestions for improvement from the validator are used as considerations to make revisions to the modules developed. In general, the validator's assessment of the results of the development obtained an average percentage of material expert validators 88.8%, product design expert validators 95%, practitioner validators 92%, and limited trials of students 85.28%. This shows that the developed module is very feasible to proceed to the effectiveness test phase. Thus it can be concluded that the contextually based modules are declared to be feasible with very good quality.

Keywords


Module, Contextual, Understanding Concepts, Acid-base.

Full Text:

PDF

References


Afrilianto, M. (2012). Peningkatan Pemahaman Konsep dan Kompetensi Strategis Matematis Siswa SMP dengan Pendekatan Metaphorical Thinking. Infinity Journal, 1(2), 192-202.

Ahmadi, H. P., Suryati, S., & Khery, Y. (2018). PENGEMBANGAN MODUL CONTEXTUAL TEACHING AND LEARNING (CTL) BERORIENTASI GREEN CHEMISTRY UNTUK PERTUMBUHAN LITERASI SAINS SISWA. Jurnal Kependidikan Kimia Hydrogen, 4(1), 17-25.

Aulia, S., Anggraini, V., Mardiyah, A. (2013). Pengaruh Penerapan Strategi CTL Terhadap Pemahaman Konsep Matematis Siswa Kelas VIII SMP Negeri 1 Gunung Tulah. SKRIPSI. Program Studi Pendidikan Matematika STKIP PGRI.

Dewi, C.A., Ahmadi. 2014. Pengembangan Perangkat Pembelajaran CTL Berbasis Entrepreneurship Pada Materi Elektrokimia. Jurnal Kependidikan, 13(2).

Dewi, C. A., Anggraini, M., & Pahriah, P. (2018). Pengembangan Perangkat Pembelajaran CTL Berbasis Entrepreneurship Pada Materi Minyak Bumi. In Prosiding Seminar Nasional Lembaga Penelitian dan Pendidikan (LPP) Mandala (pp. 129-141).

Fajriyatin. 2013. Penggunaan Demostrasi Animasi, Dan Diskusi Serta Pengaruhnya Terhadap Pemahaman Konsep Reaksi Redoks Siswa Kelas X Ma-Yusuf Abdussatar Lombok Barat Tahun Pelajaran 2012/2013 SKRIPSI. Program Study Pendidikan Kimia FPMIPA IKIP Matara.

Fitria, M. 2016. Pengaruh Pendekatan CTL Berbasis Sains, Environment, Technology, And Society (SETS) Terhadap Pemahaman Konsep Dan Karakter Siswa. SKRIPSI. Jurusan IPA Terpadu Universitas Negeri Semarang.

Khaeruman., Nurhidayati, S. 2016. Trik-trik Mengajar. Lembaga Penelitian dan Pendidikan (LPP) Mandala.

Mardianti, L. (2011). Pengaruh pembelajaran kontekstual terhadap pemahaman siswa pada konsep bunyi.

Muriati, S. 2013. Pengembangan Bahan Ajar Biologi Sel Pada Program Studi Pendidikan Biologi UIN Alauddin Makassar. Jurnal Florea. 1(2).

Muslich, M. (2007). KTSP: pembelajaran berbasis kompetensi dan kontekstual, panduan bagi guru, kepala sekolah, dan pengawas sekolah. Bumi Aksara.

Musrin, Salila. 2010. Meningkatkan pemahaman konsep sifat asam basa dengan menggunakan metode praktikum pada siswa kelas VIII SMP Negeri 2 Botumia. Skripsi. Universitas Gorontalo.

Ningtyas, A.A. 2015. Pengembangan Buku Pengayaan Chemistry Mid Map Dengan Pendekatan Kontekstual Materi Asam Basa Untuk Kelas XI SMA/MA. SKRIPSI. Jurusan Pendidikan Kimia Universitas Negeri.

Nugroho, D. 2013. Upaya Meningkatkan Kemampuan Berkomunikasi Dan Pemahaman Konsep Siswa Kelas VIII B SMP Negeri 3 Ngawen Pada Pembelajaran Keterampilan Elektronika Melalui Pendekatan CTL Tahun Pelajaran 2013/2014. SKRIPSI. Program Studi Pendidikan Teknik Elektronika. Universitas Negeri Yogyakarta.

Oemar Hamalik. 2009. Proses Belajar Mengajar. Bumi Aksara.

Palisoa, N. (2008). Strategi Advance Organizer dalam Pembelajaran Kimia. Jurnal Pendidikan “Jendela Pengetahuan.

Prastowo, A. (2011). Panduan Kreatif Membuat Bahan Ajar Inovatif: Menciptakan Metode Pembelajaran yang Menarik dan Menyenangkan. Yogyakarta: Diva Pres.

Putri, N.R. 2014. Pengembangan Perangkat Pembelajaran Asam Basa Dengan Strategi Kontekstual Berbantuan Modul. Journal Chemistry In Education. 3(2).

Ristiyani, E., Bahriah, E. S. 2016. Analisis Kesulitan Belajar Kimia Siswa Di SMAN X Kota Tangerang Selatan. Jurnal Penelitian dan Pembelajaran IPA. Vol 2. No 1.

Sari, B.K. 2017. Desain Pembelajran Model ADDIE dan Implementasi Dengan Teknik Jigsaw. Prosiding Seminar Nasional Pendidikan. Universitas Muhammadiyah Sidoarjo.

Sastriani, E., Halim, A. 2016. Pembelajaran CTL Berbasis Inquiri Untuk Meningkatkan Pemahaman Konsep Dan Motivasi Belajar Siswa Pada Materi Fluida Statis. Jurnal Pendidikan Sains Indonesia. 04(02).

Setiawan, C., & SRIWIJAYA, F. I. K. U. (2011). Pembuatan Video Materi Ajar dengan Camtasia. Fakultas Ilmu Komputer Universitas Sriwijaya: Universitas Sriwijaya.

Sholihah, R.I., Sugiarto. 2017. Meningkatkan Pemahaman Konsep Sifat-sifat Cahaya Melalui Model CTL Pada Siswa Kelas V SD Negeri 02 Kedungjeruk Mojogedang Karang Anyar Tahun Ajaran 2016/2017. SKRIPSI. Fakultas Keguruan Dan Ilmu Pendidikan Universitas Slamet Riyadi. Surakarta.

Stephanie, M.M., Slamet, R., Ruswanto, A. 2011. Pengembangan Bahan Ajar Berbasis Kontekstual Pada Materi Larutan Penyangga Sebagai Media Pembelajaran SMA IPA Kelas XI. Jurnal Riset Pendidikan Kimia. 1(1).

Sudesmaningsih, D.M. 2012. Penerapan Model CTL Dan Word Square Untuk Meningkatkan Pemahaman Konsep Koloid Pada Siswa Kelas XI IPA Tahun 2010/2011 SMA Negeri 1 Slogihimo Wonogiri. Seminar Nasional Kimia Dan Pendidikan Kimia IV. Surakarta.

Suharyadi., Permanasari, A., Hernani. 2013. Pengembangan Buku Ajar Berbasis Kontekstual Pada Pokok Bahasan Asam Basa. Jurnal Riset dan Praktik Pendidikan Kimia. 1(1).

Sugiyono, 2015. Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Alfabeta.

Suprijono, A. (2009). Cooperative learning: teori & aplikasi PAIKEM. Pustaka Pelajar.

Suwastono, A. (2011). Pengembangan pembelajaran E-learning berbasis moodle pada mata kuliah penginderaan jauh S1 jurusan geografi Universitas Negeri Malang. Unpublished Thesis). Universitas Negegi Malang

Suyanti, R. D. (2010). Strategi pembelajaran kimia. Yogyakarta: Graha Ilmu, 46.

Ulfah, R.R. 2014. Penerapan Model Pembelajaran CTL Dengan Pemanfaatan Gelas Plastik Bekas Untuk Meningkatkan Pemahaman Siswa Tentang Pemahaman Konsep Penjumlahan Dan Pengurangan Pada Aljabar. SKRIPSI. Fakultas Keguruan Dan Ilmu Pendidikan. UM Surakarta.

Ummati, S.M. 2011. Pengembangan Bahan Ajar Kimia Berbasis Kontekstual Untuk Rintisan Bertaraf Internasional Kelas XI Semester 2 Pada Materi Asam Basa. SKRIPSI. Jurusan Pendidikan Kimia Fakultas MIPA. Universitas Negeri Malang.

Yanto, R., Enawaty, E., dan Erlina. 2013. Pengembangan Lembar Kerja Siswa (LKS) Dengan Pendekatan Makroskopis-Mikroskopis-Simbolik Pada Materi Ikatan Kimia. Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran, 2(3).

Yenti, F. 2016. Penerapan Model Pembelajaran Contekstual Teaching And Learning (CTL) Terhadap Pemahaman Konsep Matematika Siswa. Jurnal Curricula. 1(3).




DOI: https://doi.org/10.33394/hjkk.v7i1.1653

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.